Jasa Kalibrasi Indonesia

labkalibrasiindo
Cek Lokasi

Semua alat ukur memiliki masanya sendiri. Jika memang sudah tidak bisa lagi untuk menjadi penentu hasilnya bisa jadi memang karena ada suatu hal seperti penggunaan yang secara terus menerus yang mengakibatkan ada bagian yang aus. Kalibrasi instrumen adalah proses penentuan akurasinya. Prosesnya melibatkan memperoleh pembacaan dari instrumen dan mengukur variasinya dari pembacaan yang diperoleh dari instrumen standar. 

Kalibrasi instrumen juga melibatkan penyesuaian presisi dan akurasinya sehingga pembacaannya sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Jika semua alat ukur atau instrumen dilakukan oleh laboratorium di Indonesia, mereka harus terakreditasi KAN. Apakah itu hal yang susah untuk mencarinya? Tenang saja! Jasa kalibrasi akreditasi KAN bisa Anda temukan di sini!

labkalibrasiindo
Cek Lokasi

Apa Itu Jasa Kalibrasi?

Sebagai awalan, jasa kalibrasi adalah organisasi atau perusahaan yang menyediakan jasa kalibrasi. Kalibrasi yang merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkala. Ini karena instrumen cenderung menyimpang karena kondisi pengoperasian yang keras, guncangan mekanis, atau paparan suhu atau tekanan ekstrem. Frekuensi kalibrasi akan tergantung pada tingkat toleransi. Ketika tujuan pengukuran kritis, kalibrasi perlu dilakukan lebih sering dan dengan akurasi tinggi.

Tidak semua orang bisa melakukannya, karena hanya laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi oleh KAN saja yang bisa melakukannya dan itu semua memang harus karena mereka lah yang paham tentang spesifikasi dan juga standar dari alat ukur memiliki ukuran segimana sehingga bisa dianggap hitungannya presisi.

Apa Itu KAN dan Akreditasi KAN?

Semua kalibrasi harus dilakukan dan juga di verifikasi oleh laboratorium yang sudah terakreditasi oleh KAN. Karena kalibrasi ini berkaitan dengan standar yang ada di ISO terkait dengan hitungan alat ukur, maka sudah jelas di Indonesia sendiri harus ada instansi dari pemerintah yang membawahinya dan itu adalah KAN. 

Setiap kalibrasi harus dilakukan oleh laboratorium yang sudah terakreditasi oleh KAN yang mengacu kepada ISO/IEC 17025.

Pengertian KAN

Sebagai badan yang memberikan akreditasi untuk seluruh laboratorium kalibrasi di Indonesia, Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah Lembaga Non Struktural (LNS) yang bertugas dan bertanggung jawab di bidang akreditasi penilaian kesesuaian. Jika mengacu ke Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, KAN berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN)

Lembaga ini bisa dikatakan adalah lembaga yang harus Anda hubungi terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan akreditasi KAN untuk laboratorium kalibrasi yang ingin Anda operasionalkan demi mendapatkan izin secara legal.

Jasa Kalibrasi KAN

Jika laboratorium sudah mendapatkan akreditasi dari KAN, maka jasa kalibrasi KAN adalah yang paling bisa diandalkan. Pasalnya, laboratorium kalibrasi yang sudah mendapatkan akreditasi adalah laboratorium yang setidaknya sudah lolos untuk bisa beroperasi.

Hal ini tidak mudah, karena harus melewati beberapa tahapan mulai dari pengajuan, survey lokasi, dan juga masih banyak lagi yang dimana proses akreditasinya saja bisa sampai 1 tahun. Tentu bukan waktu yang lama bukan?

Mungkin Anda akan kesusahan mencari laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi yang sekiranya sesuai dengan alat ukur yang ingin Anda kalibrasikan, untuk itu, ada vendor yang bisa membantu secara online, yaitu Kalibrasi.com.

Mengapa Kalibrasi.com?

Mencari jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi oleh KAN memang cenderung sulit. Karena tidak semua laboratorium kalibrasi ini bisa diverifikasi dengan mudah, maka dari itu banyak yang membuka jasa kalibrasi tapi tidak dengan mendapatkan akreditasi. Tentu saja ini tidak bisa valid karena yang Anda butuhkan adalah hasil yang sebenar-benarnya dari alat ukur Anda mengalami deviasi atau tidak.

Kalibrasi.com bisa membantu Anda dalam mencari jasa kalibrasi tersertifikasi oleh KAN yang mendapatkan sertifikat internasional juga.

Kalibrasi.com

Kalibrasi.com adalah vendor atau platform digital yang bisa menawarkan kemudahan bagi siapapun yang ingin mencari jasa kalibrasi untuk keberlangsungan bisnisnya. Daripada Anda Lelah dengan mencari jasa kalibrasi yang sesuai, maka Anda cukup bisa menghubungi Kalibrasi.com untuk dicarikan laboratorium yang sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Keunggulan Kalibrasi.com?

Dengan Anda memilih jasa dari Kalibrasi.com, maka Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan seperti berikut :

Jaringan Kalibrasi Nasional

Kalibrasi.com bekerjasama dengan banyak sekali laboratorium kalibrasi yang jaringannya secara nasional, jadi bisa dikatakan ada banyak sekali laboratorium yang mungkin terdekat dengan tempat Anda yang bisa Anda dapatkan. Ini tentu saja sangat memudahkan.

Jika memang tempat yang ada di sekitar Anda tersebut tidak melayani kalibrasi yang sesuai dengan instrumen Anda, bisa juga dilakukan di laboratorium lainnya yang lebih kompeten.

Tempat Jasa Kalibrasi Indonesia di Setiap Provinsi

Sebagai platform online yang bisa Anda andalkan untuk mencari tempat jasa kalibrasi di Indonesia, Anda bisa mendapatkan jaringan yang luas di berbagai daerah di setiap provinsi, tempat tersebut di antaranya adalah :

Biaya Jasa Kalibrasi Indonesia

Biaya kalibrasi adalah biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap kali Anda melakukan kalibrasi untuk berbagai instrumen. Kalibrasi bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang yang banyak. Ini mungkin akan sebanding dengan keselamatan kerja yang akan Anda dapatkan dan juga keuntungan secara kontinu untuk perusahaan Anda. 

Sebenarnya, biaya untuk jasa kalibrasi di Indonesia ini bervariasi, tergantung dengan alat apa yang dikalibrasi dan juga dengan metode apa yang digunakan. Harga untuk setiap laboratorium kalibrasi juga bisa berbeda-beda. Untuk biaya kalibrasi yang jelas, silahkan menghubungi kami dengan klik tombol dibawah ini.

Hubungi CS Sekarang Juga!