Jasa Kalibrasi Kalimantan Utara

Tahukah Anda setiap alat ukur yang digunakan dalam kegiatan industri membutuhkan prosedur kalibrasi. Yap benar, prosedur ini menjadi penting karena turut membantu jaminan kualitas dari produk yang dihasilkan suatu industri. Selain itu pengujian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa alat ukur masih sesuai dengan kondisi performa yang baik untuk digunakan.

Dalam pelaksanaannya prosedur kalibrasi tidak hanya sembarangan pengujian tetapi memiliki standar yang wajib dipatuhi setiap pelaksana jasa kalibrasi. Oleh karenanya sekarang banyak bermunculan jasa kalibrasi dengan standar dan sertifikasi terpercaya.

Jasa kalibrasi yang telah tersebar diseluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali di wilayah Kalimantan Utara. Nah untuk Anda yang sedang mencari jasa kalibrasi di wilayah Kalimantan Utara, yuk simaklah penjelasan berikut ini!

Kelebihan Jasa Kalibrasi Kalimantan Utara

Berbicara mengenai kalibrasi sebenarnya apa pengertian kalibrasi itu? Kalibrasi adalah serangkaian aktivitas pengukuran instrumen alat ukur dengan standar acuan dengan metode kalibrasi yang dapat tertelusur ke standar nasional maupun internasional. Pengukuran yang akurat merupakan dasar dari kualitas dan keamanan sebuah alat ukur untuk menjamin ketepatan alat ukur.

Sudah ada gambaran bukan mengapa prosedur kalibrasi penting dilakukan pada alat ukur! Oleh karenanya sebagai pemilik alat ukur hendaknya memperhatikan waktu yang tepat dalam melakukan prosedur kalibrasi. Tentunya dengan memilih jasa kalibrasi yang terpercaya dan telah memenuhi akreditasi KAN.

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan bahwa telah banyak bermunculan jasa kalibrasi yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali di wilayah Kalimantan Utara. Jasa Kalibrasi Kalimantan Utara dapat Anda percaya dalam melakukan kalibrasi alat ukur. Selain sudah mengantongi persyaratan akreditasi standar kalibrasi, Anda pun tidak perlu melakukan kalibrasi diluar wilayah Kalimantan Utara

Oleh karena itu jasa Kalibrasi pada wilayah ini akan sangat membantu Anda menemukan laboratorium yang tepat sesuai dengan bidang alat ukur Anda. Maka dari itu yuk kenali alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa kalibrasi Kalimantan Utara. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Sudah Mengenal Standar Internasional dan Nasional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Standar ISO/IEC 17025 adalah standar kalibrasi diseluruh dunia sebagai dasar dalam penyelenggaraan prosedur kalibrasi. Sedangkan standar SNI ISO/IEC 17025 adalah standar nasional Indonesia yang digunakan sebagai persyaratan bagi jasa kalibrasi untuk menyelenggarakan prosedur kalibrasi alat ukur.

Sudah Terakreditasi KAN

Masih dalam kaitannya dengan standar penyelenggaraan kalibrasi yang baik harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh KAN. Komite Akreditasi Nasional atau KAN adalah Lembaga yang berhak dan berwenang mengeluarkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025 pada laboratorium yang menyelenggarakan layanan kalibrasi.

Memiliki Hak Untuk Mengeluarkan Sertifikasi

Tidak cukup sampai disitu, seperti yang telah disinggung sebelumnya laboratorium yang telah memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025 dari KAN dapat melakukan kegiatan kalibrasi sebagaimana standar yang telah ditetapkan

Apabila syarat ini telah diperoleh laboratorium berhak mengeluarkan sertifikat hasil kalibrasi alat ukur. Namun jika laboratorium kalibrasi tidak memenuhi persyaratan tersebut laboratorium tidak berhak mengeluarkan sertifikat hasil pengujian kalibrasi alat ukur.

Daftar Jasa Kalibrasi di Kalimantan Utara

Berikut daftar jasa kalibrasi di Kota Kalimantan Utara, yang mungkin Anda butuhkan untuk mengkalibrasi alat ukur Anda. Lebih lengkapnya untuk daftar jasa kalibrasi di Kalimantan Utara sebagai berikut:

  • Kota Tarakan
  • Kabupaten Tana Tidung
  • Kabupaten Nunukan 
  • Kabupaten Malinau
  • Kabupaten Bulungan

Tarif Jasa Kalibrasi di Kalimantan Utara

Apabila berbicara mengenai tarif bahwasanya setiap tarif jasa kalibrasi tidak dapat disamaratakan. Tarif setiap balai kalibrasi akan berbeda sesuai dengan bagaimana kondisi alat ukur yang dikalibrasi. 

Oleh karenanya setiap perusahaan atau lembaga yang membutuhkan prosedur kalibrasi memiliki kondisi berbeda-beda tergantung dengan service apa saja yang digunakan, alat apa yang dikalibrasi, dan hal lain yang mendasari besarnya biaya kalibrasi.

Demikianlah penjelasan mengenai jasa kalibrasi kota Kalimantan Utara, apabila Anda pemilik alat ukur atau pelaku industri yang ada di wilayah Kalimantan Utara, jangan lupakan melakukan kalibrasi pada alat ukur yang Anda gunakan untuk mendapatkan jaminan kualitas pada produk yang Anda produksi. Pilihlah pula jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dan terpercaya dalam prosedur kalibrasi seperti pada Kalibrasi.com

Kalibrasi.com membantu memberikan solusi atas kesulitan Anda mencari jasa kalibrasi. Dengan pilihan yang beragam, vendor terpercaya, proses mudah, dukungan logistic dan pembayaran untuk membantu proses kalibrasi. Di Kalibrasi.com terdapat banyak mitra dari  berbagai sektor industri, vendor yang telah terverifikasi dan terakreditasi.