Jasa Kalibrasi Kalimantan Timur

Memastikan pengukuran yang akurat dalam suatu produksi adalah hal yang wajib dilakukan setiap kegiatan industri. Yap dengan melakukan prosedur kalibrasi secara rutin pada alat ukur yang digunakan akan membuktikan bahwa alat ukur masih sesuai dengan kondisi yang baik untuk digunakan.

Kalibrasi menjadi prosedur yang penting karena membantu menjamin mutu produk yang dihasilkan dari kegiatan industri. Oleh karenanya untuk melaksanakan prosedur kalibrasi harus berdasarkan standar ISO 17025. Dan setiap jasa kalibrasi yang terpercaya dan terakreditasi harus mengantongi standar tersebut. Nah bagi Anda yang sedang mencari jasa kalibrasi di wilayah Kalimantan Timur simaklah penjelasan berikut ini!

Kelebihan Jasa Kalibrasi Kalimantan Timur

Sebagaimana dalam pengertian kalibrasi yang merupakan serangkaian aktivitas pengukuran instrumen alat ukur dengan standar acuan dengan metode kalibrasi yang dapat tertelusur ke standar nasional maupun internasional. Standar kalibrasi tidak hanya menyatakan prosedur kalibrasi sah secara hukum, namun juga hasil pengujiannya dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya. 

Pengukuran yang akurat merupakan dasar dari kualitas dan keamanan sebuah alat ukur untuk menjamin ketepatan alat ukur. Oleh karenanya memilih jasa kalibrasi yang tepat bagi alat ukur Anda sangat penting dilakukan. Sekarang telah banyak bermunculan jasa kalibrasi di berbagai wilayah di Indonesia salah satunya jasa kalibrasi Kalimantan Timur.

Jika Anda berada di wilayah Kalimantan Timur, tidak perlu risau mengenai laboratorium kalibrasi yang terpercaya. Jasa Kalibrasi Timur dapat Anda percaya dalam melakukan kalibrasi alat ukur. Selain sudah memenuhi persyaratan akreditasi standar kalibrasi, Anda pun tidak perlu repot melakukan kalibrasi diluar wilayah Kalimantan Timur.

Berdasarkan hal tersebut Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika akan memilih jasa kalibrasi, yuk simak baik-baik alasan kenapa Anda harus menggunakan jasa kalibrasi Kalimantan Timur . Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Sudah Mengenal Standar Internasional dan Nasional

Seperti yang kita telah ketahui bahwa Standar ISO/IEC 17025 adalah standar kalibrasi yang dipakai diseluruh dunia dalam penyelenggaraan prosedur kalibrasi. Sedangkan standar SNI ISO/IEC 17025 adalah standar nasional yang digunakan sebagai persyaratan bagi Laboratorium untuk menyelenggarakan prosedur kalibrasi alat ukur. 

Jika persyaratan standar ini tidak dipenuhi oleh jasa kalibrasi, maka jasa kalibrasi tersebut juga tidak berhak mengeluarkan sertifikat hasil pengujian kalibrasi alat ukur.

Sudah Terakreditasi KAN

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya penyelenggaraan kalibrasi yang baik dilakukan oleh laboratorium yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Lembaga yang berhak mengeluarkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025 untuk laboratorium kalibrasi adalah Komisi Akreditasi Nasional. Sebagai lembaga yang berwenang menyelenggarakan layanan akreditasi. 

Memiliki Hak untuk Mengeluarkan Sertifikasi

Jasa Kalibrasi dalam hal ini misalnya pada laboratorium kalibrasi yang telah memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025 dari KAN dapat memberikan pelayanan kalibrasi sebagaimana standar yang telah ditetapkan

Kemudian hasil dari pengujian tersebut akan mendapatkan sertifikat kalibrasi sebagaimana mestinya. Namun apabila persyaratan dari KAN tidak terpenuhi maka jasa kalibrasi tidak berhak mengeluarkan sertifikat hasil kalibrasi alat ukur.

Daftar Jasa Kalibrasi di Kota Kalimantan Timur

Berikut daftar jasa kalibrasi di Kalimantan Timur, yang mungkin Anda butuhkan untuk mengkalibrasi alat ukur Anda. Lebih lengkapnya untuk daftar jasa kalibrasi di Kalimantan Timur sebagai berikut :

  • Kota Balikpapan
  • Kota Bontang
  • Kota Samarinda
  • Kabupaten Penajam Paser Utara
  • Kabupaten Paser
  • Kabupaten Mahakam Ulu
  • Kabupaten Kutai Timur
  • Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Kabupaten Kutai Barat
  • Kabupaten Berau

Jika berbicara mengenai jasa, pastinya ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk sekali melakukan prosedur kalibrasi bukan? Lalu berapakah tarif jasa kalibrasi di Kota Kalimantan Timur itu? berikut penjelasannya!

Tarif Jasa Kalibrasi di Kota Kalimantan Timur

Secara umum tarif setiap balai kalibrasi akan berbeda sesuai dengan bagaimana kondisi alat ukur yang dikalibrasi. Oleh karenanya setiap perusahaan atau lembaga yang membutuhkan prosedur kalibrasi memiliki kondisi berbeda-beda tergantung dengan service apa saja yang digunakan, alat apa yang dikalibrasi, dan hal lain yang mendasari besarnya biaya kalibrasi.

Demikianlah penjelasan mengenai jasa kalibrasi kota Kalimantan Timur, apabila Anda pemilik alat ukur atau pelaku industri yang ada di wilayah Kalimantan Timur, jangan lupakan melakukan kalibrasi pada alat ukur yang Anda gunakan untuk mendapatkan jaminan kualitas pada produk yang Anda produksi. Pilihlah pula jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dan terpercaya dalam prosedur kalibrasi dengan menggunakan Kalibrasi.com

Kalibrasi.com membantu memberikan solusi atas kesulitan Anda mencari jasa kalibrasi. Dengan proses mudah, Anda cukup membuat permintaan dan dapatkan penawaran yang kompetitif dari berbagai vendor kalibrasi alat ukur. Pakai Kalibrasi.com semua jadi lebih praktis.