Jasa Kalibrasi Kalimantan Barat

Pentingnya sebuah alat ukur untuk mengukur besaran suatu objek sangatlah besar terutama di sektor industri maupun kesehatan. Dimana ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga agar alat ukur bisa digunakan dengan baik dan lancar yakni dengan maintenance hingga kalibrasi. 

Kalibrasi sendiri adalah kegiatan atau proses yang bertujuan untuk menentukan apakah konvensional suatu nilai akurasi alat ukur yang masih sesuai dengan spesifikasinya. Kalibrasi ini merupakan proses pengujian alat ukur yang biasa dilakuakn di laboratorium terakreditasi.

Kalibrasi dilakukan dengan cara membandingkan dengan satu atau dua satandar ukur yang terhubung ke standar nasional ataupun inernasional yang berbahan acuan yang sudah terverifikasi.

Pentingnya kalibrasi alat ini adalah untuk memastikan bahwa suatu alat ukur tersebut sudah masuk ke standar spesifikasi nasional dan internasional, menjaga keakuratannya, menjamin hasil pengukurannya sesuai standar, dan menentukan jika ada penyimpangan yang dialami pada saat pengukuran.

Untuk mengkalibrasi alat ukur pun perlu dilakukan oleh orang yang profesional dan laboratorium yang terakreditasi. Nah untuk itu hendaknya Anda mengkalibrasi alat ukur di laboratorium terdekat di Kota Anda tentu sesuai dengan Standar Nasional Indonesia, salah satunya yakni jasa kalibrasi Kalimantan Barat yang memiliki akreditasi resmi dari KAN. Mengapa harus memilih Jasa Kalibrasi Kalimantan Barat? Mari kita bahas lebih rinci di artikel berikut ini.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Kalimantan Barat

Bagi Anda yang mungkin bertanya mengapa memilih Jasa Kalibrasi Kalimantan Barat, jawabannya karena beberapa faktor berikut ini.

Sudah Mengenal Standar Internasional dan Nasional

Seperti tujuan kalibrasi yakni untuk membuat alat ukur yang dikalibrasi sesuai dengan standar internasional dan nasional. Dimana standar ini sudah ditentukan sesuai dengan ISO / IEC 17025 yang merupakan persyaratan umum standar ISO yang digunakan oleh laboratorium yang melakukan pengujian dan kalibrasi. Sehingga laboratorium tersebut sudah memiliki kompetensi secara teknis dalam melakukan kalibrasi.

Sudah Terakreditasi KAN

KAN atau Komite Akreditasi Nasional adalah badan akreditasi  yang ada di Indonesia yang dapat mengeluarkan sertifikat akreditasi untuk organisasi atau laboratorium yang ada. Maka dari itu jasa kalibrasi Kalimantan Barat sudah terakreditasi dari KAN.

Memiliki Hak Untuk Mengeluarkan Sertifikasi

Selain sudah terakreditasi KAN, jasa kalibrasi Kalimantan Barat juga termasuk laboratorium atau organisasi yang memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikasi asli dan berlaku. Dimana jasa kalibrasi Kalimantan Barat ini memiliki kredibilitas dalam melakukan kalibrasi dengan menggunakan standar nasional dan internasional yang berlaku.

Daftar Jasa Kalibrasi di Kota Kalimantan Barat

Berikut ini adalah beberapa daftar jasa kalibrasi di Kota Kalimantan Barat yang bisa Anda jadikan referensi.

  • Kota Pontianak
  • Kabupaten Bengkayang
  • Kabupaten Kapuas Hulu
  • Kabupaten Kayong Utara
  • Kabupaten Ketapang
  • Kabupaten Kubu Raya
  • Kabupaten Landak
  • Kabupaten Melawi
  • Kabupaten Mempawah
  • Kabupaten Sambas
  • Kabupaten Sanggau
  • Kabupaten Sekadau
  • Kabupaten Sintang
  • Kota Pontianak
  • Kota Singkawang

Tarif Jasa Kalibrasi di Kota Kalimantan Barat

Dari pengertian tentang kalibrasi diatas mungkin Anda bisa memilih tempat yang menyediakan Jasa Kalibrasi Kalimantan Barat yang tepat yang sesuai dengan standar internasional yang berlaku. Salah satu jasa kalibrasi yang terpercaya adalah di Kalibrasi.com yang memiliki berbagai peralatan berstandar ISO dan terakreditasi KAN. 

Dari pengertian tentang kalibrasi diatas mungkin Anda bisa memilih tempat yang menyediakan Jasa Kalibrasi Kalimantan Barat yang tepat yang sesuai dengan standar internasional yang berlaku. Salah satu jasa kalibrasi yang terpercaya adalah di Kalibrasi.com yang memiliki berbagai peralatan berstandar ISO dan terakreditasi KAN.