Jasa Kalibrasi Kalimantan Selatan

Di dalam kegiatan industri kalibrasi menjadi prosedur yang penting karena membantu dalam menjamin mutu produk yang dihasilkan. Seperti yang telah Anda tahu, prosedur kalibrasi membantu Anda memastikan pengukuran yang akurat dalam suatu produksi.Oleh karenanya untuk melaksanakan prosedur kalibrasi  laboratorium kalibrasi harus terakreditasi dan mengantongi izin dari KAN. 

Berdasarkan penjelasan tersebut Standar ISO 17025 menjadi persyaratan wajib yang harus dimiliki setiap jasa kalibrasi dalam penyelenggaraan prosedur kalibrasi. Dan setiap jasa kalibrasi yang terpercaya dan terakreditasi harus mengantongi standar tersebut. 

Sekarang telah banyak bermunculan jasa kalibrasi yang telah tersebar diseluruh wilayah Indonesia termasuk di wilayah Kalimantan Selatan dengan beragam kebutuhan kalibrasinya. Nah untuk Anda yang sedang mencari jasa kalibrasi di wilayah Kalimantan Selatan, yuk simaklah penjelasan berikut ini!

Kelebihan Jasa Kalibrasi Kalimantan Selatan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jasa kalibrasi Kalimantan Selatan, kenali dulu pengertian kalibrasi. Kalibrasi adalah serangkaian aktivitas pengukuran instrumen alat ukur dengan standar acuan dengan metode kalibrasi yang dapat tertelusur ke standar nasional maupun internasional. 

Standar kalibrasi yang dipersyaratkan oleh KAN harus dimiliki setiap jasa kalibrasi sebagai tempat penyelenggaraan kalibrasi seperti laboratorium kalibrasi. Standar ini tidak hanya menyatakan prosedur kalibrasi telah sesuai aturan, namun juga hasil pengujiannya dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya. 

Seperti yang telah disampaikan di awal bahwa telah banyak bermunculan jasa kalibrasi yang telah tersebar diseluruh wilayah Indonesia termasuk di wilayah Kalimantan Selatan.. Jasa Kalibrasi pada wilayah ini akan membantu Anda menemukan laboratorium yang tepat sesuai dengan bidang alat ukur Anda. Maka dari itu yuk kenali alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa kalibrasi Kalimantan Selatan. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Sudah Mengenal Standar Internasional dan Nasional

Dari penjelasan yang telah disinggung sebelumnya bahwa Standar ISO/IEC 17025 adalah standar kalibrasi yang digunakan dunia internasional dalam penyelenggaraan prosedur kalibrasi. Sedangkan standar SNI ISO/IEC 17025 adalah standar nasional yang digunakan sebagai persyaratan bagi Laboratorium untuk menyelenggarakan prosedur kalibrasi alat ukur. 

Sudah Terakreditasi KAN

Masih berkaitan pula dengan standar terdapat lembaga yang berhak mengeluarkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025 yaitu Komisi Akreditasi Nasional. Sebagai lembaga yang berwenang menyelenggarakan layanan akreditasi khususnya pada laboratorium kalibrasi. Oleh karenanya penyelenggaraan kalibrasi yang baik dilakukan oleh laboratorium dengan mengantongi persyaratan yang telah ditetapkan KAN.

Memiliki Hak Untuk Mengeluarkan Sertifikasi

Melanjutkan dari penjelasan diatas, bahwa jasa kalibrasi yang telah memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025 dari KAN dapat menjalankan kegiatan kalibrasi sebagaimana standar yang telah ditetapkan. Apabila syarat ini telah diperoleh laboratorium berhak mengeluarkan sertifikat hasil kalibrasi alat ukur. Dan tanpa adanya standar ini laboratorium tidak berhak mengeluarkan sertifikat hasil pengujian kalibrasi alat ukur.

Daftar Jasa Kalibrasi di Kota Kalimantan Selatan

Berikut daftar jasa kalibrasi di Kalimantan Selatan, yang mungkin Anda butuhkan untuk mengkalibrasi alat ukur Anda. Lebih lengkapnya untuk daftar jasa kalibrasi di Kalimantan Selatan sebagai berikut: 

  • Kota Banjarmasin
  • Kota Banjarbaru
  • Kabupaten Tapin
  • Kabupaten Tanah Laut
  • Kabupaten Tanah Bumbu
  • Kabupaten Kotabaru
  • Kabupaten Hulu Sungai Utara
  • Kabupaten Hulu Sungai Tengah
  • Kabupaten Hulu Selatan
  • Kabupaten Barito Kuala
  • Kabupaten Banjar
  • Kabupaten Balangan

Seperti yang telah Anda tahu jika berbicara mengenai jasa, pastinya ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk sekali melakukan prosedur kalibrasi bukan? Lalu berapakah tarif jasa kalibrasi di Kota Kalimantan Selatan itu? berikut penjelasannya!

Tarif Jasa Kalibrasi di Kota Kalimantan Selatan

Jika dapat dijabarkan pada dasarnya tarif setiap balai kalibrasi akan berbeda sesuai dengan bagaimana kondisi alat ukur yang dikalibrasi. Oleh karenanya setiap perusahaan atau lembaga yang membutuhkan prosedur kalibrasi memiliki kondisi berbeda-beda tergantung dengan service apa saja yang digunakan, alat apa yang dikalibrasi, dan hal lain yang mendasari besarnya biaya kalibrasi.

Demikianlah penjelasan mengenai jasa kalibrasi kota Kalimantan Selatan, apabila Anda pemilik alat ukur atau pelaku industri yang ada di wilayah Kalimantan Selatan, jangan lupakan melakukan kalibrasi pada alat ukur yang Anda gunakan untuk mendapatkan jaminan kualitas pada produk yang Anda produksi. Pilihlah pula jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dan terpercaya dalam prosedur kalibrasi seperti Kalibrasi.com  

Dengan pilihan yang beragam, vendor terpercaya, proses mudah, dukungan logistic dan pembayaran untuk membantu proses kalibrasi. Di Kalibrasi.com terdapat banyak mitra dari  berbagai sektor industri, vendor yang telah terverifikasi dan terakreditasi. Kalibrasi.com membantu memberikan solusi atas kesulitan Anda mencari jasa kalibrasi.