Pentingnya Sertifikat Lab Kalibrasi Bagi Laboratorium

Sertifikat Lab Kalibrasi

Setiap kegiatan yang ada di sebuah negara tentu harus ada yang mendasarinya dan harus ada yang mengaturnya, begitu pula untuk kalibrasi alat ukur dan juga alat kesehatan yang ada di Indonesia.

Bukan berarti ini akan mempersulit, tapi justru kebalikannya jika permasalah kalibrasi ada standarnya dan ada yang mengatur, maka kegiatan kalibrasi di Indonesia jadi jauh lebih terstruktur dan juga hasilnya dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

Untuk Indonesia sendiri, berbagai macam peraturan tentang kalibrasi ada di bawah naungan Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Sebagai instansi pemerintah yang bernaung di bawah Badan Sertifikasi Nasional, setiap lab kalibrasi atau yang berhak melakukan kalibrasi harus memiliki sertifikat.

Apa pentingnya sertifikat itu bagi perusahaan yang ingin melakukan kalibrasi? Mari kita simak penjelasan di bawah ini!

Kenapa Laboratorium Harus Memiliki Sertifikat Lab Kalibrasi?

Bisa dikatakan jika semua laboratorium kalibrasi harus memiliki sertifikat yang dikeluarkan dari Komite Akreditasi Nasional. Sertifikat lab kalibrasi menjadi elemen mendasar bagi laboratorium di Indonesia bahkan di seluruh dunia sekalipun yang memiliki akses ke instrumentasi yang digunakan dalam menjalankan sampel dari orang yang ingin melakukan kalibrasi instrumennya.

Beberapa alasan laboratorium kalibrasi harus memiliki sertifikat lab kalibrasi dari KAN adalah sebagai berikut:

Mendapatkan Kepercayaan Konsumen Akan Hasil Kalibrasi

Kita tahu bahwa kalibrasi sangat membantu untuk memantau kinerja uji dari waktu ke waktu dan mempertahankan hasil kualitas. Jika kalibrasi berubah, hasil dari instrument yang dilakukan kalibrasi akan berubah. Ini juga dapat mendeteksi masalah akurasi dan presisi lebih awal dari kontrol kualitas atau data pengujian kecakapan.

Jika semua hal yang kompleks tersebut yang memang adalah hal paling mendasar dari sebuah kalibrasi tidak bisa dipenuhi oleh lab kalibrasi, maka konsumen tidak akan percaya dengan hasil kalibrasi tersebut. Faktanya, kalibrasi harus ada verifikasi yang mendasari apakah hasil dari sertifikat kalibrasi tersebut bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Jadi Pilihan Utama Konsumen

Bagi konsumen, laboratorium kalibrasi yang sudah memiliki sertifikat dari KAN akan membuatnya menjadi lebih percaya dengan lab tersebut dan menjadi pilihan utamanya. Bayangkan saja jika ada perusahaan atau orang yang menjual barang tapi tidak ada validasi dan verifikasi dari orang lain yang bisa dipercaya mengatakan jika itu adalah orang jualan yang jujur? Tentu saja Anda akan ragu bukan?

Ini sama halnya dengan laboratorium kalibrasi yang memiliki sertifikat dari KAN. Mereka bisa menjamin kinerjanya karena sudah sesuai dengan kaidah yang berlaku untuk kalibrasi dengan perhitungan dan ketetapan secara nasional dan juga internasional. Penjelasan lainnya kenapa sertifikat kalibrasi dari KAN ini sangat penting adanya bisa kalian cek langsung berikut ini.

Baca Juga : Sertifikat Kalibrasi KAN : Pembahasan, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

Mengapa Memilih Perusahaan yang Memiliki Sertifikat Lab Kalibrasi?

Penjelasan di atas adalah dari segi laboratorium. Sekarang adalah dari segi konsumen atau pelanggan. Mengapa Anda harus memilih perusahaan yang memiliki sertifikat lab kalibrasi? Berikut adalah alasannya:

Jaminan Kualitas Terbaik

Kalibrasi peralatan laboratorium adalah proses memeriksa dan mengukur keakuratan peralatan laboratorium menggunakan instrumen khusus. Tingkat akurasi dapat ditentukan dengan membuat perbandingan antara hasil pengujian alat dan standar referensi bersertifikat. Dengan adanya sertifikat ini, maka jaminan kualitas yang dikeluarkan adalah yang terbaik.

Menggunakan Prosedur Kalibrasi yang Sesuai

Kalibrasi harus dilakukan dengan menggunakan prosedur yang runtut dan juga sesuai. Untuk instrumen laboratorium yang digunakan sebagai instrumen pengukuran, prosedur kalibrasi tidak boleh dilewati. Dengan melakukan kalibrasi, hasil pengukuran alat dapat tetap akurat dan tentu saja sesuai dengan standar referensi bersertifikat. Hasil alat pengukuran dapat dianggap valid dan diakui.

Pengukuran Sesuai Standar Internasional

Dalam proses mengkalibrasi peralatan laboratorium, keakuratan peralatan akan ditinjau. Jika ada perbedaan nilai antara alat yang dikalibrasi dan standar referensi yang diverifikasi, maka penyebabnya harus segera dicari. Dengan begitu, gangguan atau kesalahan dalam peralatan laboratorium dapat dideteksi lebih awal sebelum kerusakan yang lebih serius terjadi.

Proses kalibrasi ini dilakukan dengan cara pengukuran dan juga harus sesuai dengan standar internasional. Selain harus dengan standar nasional, standar internasional adalah dasaran dari standar nasional itu sendiri.

Menentukan Deviasi Kalibrasi Alat Ukur

Selanjutnya kalibrasi adalah untuk menentukan apakah ada deviasi atau tidak. deviasi adalah penyimpangan. Deviasi alat ukur bisa diketahui dengan dilakukannya kalibrasi. Untuk menentukan deviasi ini, ada standar yang berlaku untuk semua jenis alat ukur. Laboratorium kalibrasi yang bersertifikasi secara resmi, tahu dengan betul semua standar dari berbagai macam alat ukur.

Menjaga Keakuratan Alat Ukur

Perusahaan yang mendapatkan sertifikat dari KAN akan bisa menjaga keakuratan alat ukur yang dikalibrasi di laboratoriumnya. Untuk alasan ini, kalibrasi perlu dilakukan secara teratur, terutama untuk peralatan laboratorium yang memiliki beban kerja yang berat. 

Peralatan laboratorium dengan beban kerja yang berat lebih sering terkena elemen eksternal yang berpotensi mengganggu kinerja mereka. Dengan kalibrasi secara rutin, keakuratan alat ukur bisa tetap terjamin.

Itu tadi pentingnya kenapa laboratorium kalibrasi harus memiliki sertifikat lab kalibrasi, selain untuk memenuhi standar tentu saja untuk menjamin bahwa alat ukur dari konsumen akan dikalibrasi sesuai standar yang berlaku.

konsultasi jasa kalibrasi