Dokumen Kalibrasi untuk Mendapatkan Standar yang Sesuai

Dokumen Kalibrasi

Proses kalibrasi yang teramat penting untuk menjaga keakuratan suatu alat ukur dan uji memang diperlukan adanya standar. Standar yang tertuang dalam dokumen kalibrasi ini pastinya sudah memenuhi dari standar nasional maupun internasional.

Kalibrasi sendiri seperti yang sudah kita ketahui sangatlah membutuhkan standar yang sesuai. Standar ini nantinya juga mampu membuat alat ukur terpercaya keabsahannya dalam pengukuran.

Dokumen kalibrasi ini sendiri harus sesuai dengan badan standarisasi nasional (BSN). Dengan adanya dokumen ini, maka acuan proses dan hasil dari kalibrasi itu sendiri sangatlah jelas dan terarah sesuai dengan fungsi asli dari instrument alat ukur itu sendiri.

Berdasarkan ISO/IEC 17025:2008

Berdasarkan ISO/IEC 17025:2008 telah menetapkan bahwasannya persyaratan umum kompetensi dalam melaksanakan pengujian maupun kalibrasi, termasuk dalam pengambilan sample yaitu pengujian dan kalibrasi dilakukan dengan metode standar, non-standar dan laboratorium.

ISO/IEC 17025:2008 sendiri merupakan standarisasi yang diterbitkan oleh Badan Standarisasi Nasional tentunya sangat penting. Dengan adanya dokumen ini, hasil dari proses kalibrasi akan selalu diakui keabsahannya.

Mengapa Dokumen Kalibrasi Dibutuhkan?

Terus mengapa dokumen kalibrasi ini sangat dibutuhkan dan penting? Dokumen ini sendiri merupakan kumpulan data hasil dari kalibrasi instrument alat ukur. Dengan adanya dokumen ini kita dapat mengetahui error maupun hal lain yang berkaitan dengan instrument alat ukur itu sendiri. Selain itu dengan adanya dokumen hasil kalibrasi ini, kita dapat menyesuaikan hingga menjadwalkan kalibrasi yang sesuai dan tepat. Selain itu, juga menjadi acuan dasar ukur yang berstandar nasional maupun internasional.

Untuk Memastikan Nilai Validasi Dari Sebuah Kalibrasi

Dengan adanya dokumen kalibrasi ini nantinya anda dapat memastikan nilai dari validasi kalibrasi. Nilai validasi ini sendiri sangatlah penting terlebih ketika akan melakukan kalibrasi di kemudian hari. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pengingat untuk pemilik instrument alat ukur baik mengenai perbaikan yang akan dilakukan kemudian hari hingga penggantian instrument alat ukur itu sendiri.

Memastikan Kalibrasi Sesuai Dengan Prosedur

Dokumen kalibrasi harus dan wajib sesuai dengan prosedur aslinya. Hal ini untuk memastikan proses kalibrasi yang dilakukan baik dan benar. Tujuan dari memastikan kalibrasi sesuai prosedur tidak lain tidak bukan ialah untuk tetap menjaga kualitas keakuratan dari hasil kalibrasi sesuai standar atau tidak.

Sebagai Acuan Standar Yang Tepat

Dokumen kalibrasi ini sendiri juga menjadi acuan standar yang tepat. Dengan menggunakan dokumen kalibrasi, pastinya acuan standar kalibrasi akan sesuai dengan standar nasional maupun internasional yang sudah tersertifikasi oleh KAN dan sesuai dengan ISO.

konsultasi jasa kalibrasi