Mengenal Lebih Dekat 5 Sektor Kalibrasi Medis Berikut Ini

sektor kalibrasi medis

Penggunaan peralatan ukur juga terdapat dalam sektor medis. Sebagai peralatan yang digunakan dalam dunia medis sangat rentan digunakan dan dibutuhkan ketepatan dalam produksi peralatan medis. Tentu Anda tahu mengapa peralatan medis harus memenuhi standard, karena hal ini berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang diperoleh seseorang. Mutu dan keamanan atas peralatan kesehatan harus diawasi dengan ketat. Untuk memenuhi standar pengukuran, sektor kalibrasi medis juga diperlukan untuk maintenance peralatan.

Untuk mendapatkan peralatan kesehatan yang berkualitas sekarang ini cukup sulit, hal ini karena maraknya pemalsuan atas peralatan kesehatan yang tidak sesuai dengan standar baik nasional maupun internasional. Alat ukur seperti termometer, timbangan, pedometer, tensimeter,oxymeter dan stetoskop dibutuhkan kehati-hatian dalam membeli peralatan tersebut. Tentu saja tidak lupa untuk mengkalibrasi alat ukur tersebut setelah penggunaan beberapa lama, apakah ada yang beda dalam sektor kalibrasi medis?

Untuk menghindari ketidakakuratan alat ukur sebelum digunakan sebaiknya melakukan prosedur kalibrasi untuk memastikan kebenaran kinerja alat medis tersebut. Bagi tenaga kesehatan tentunya hal ini sangat penting untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Berikut 5 sektor kalibrasi medis yang perlu Anda tahu.

Sektor Kalibrasi Medis Alat Kesehatan

Sektor kalibrasi medis yang pertama dan cukup penting adalah alat kesehatan. Peralatan kesehatan yang digunakan dalam pelayanan medis sangat diwajibkan melakukan kalibrasi. Kalibrasi Medis alat kesehatan setidaknya dilakukan satu tahun sekali dengan melihat kriteria kondisi alat kesehatan yang membutuhkan prosedur kalibrasi.

Sektor kalibrasi medis alat kesehatan merupakan pengkalibrasian yang dilakukan pada alat kesehatan guna menunjang pelayanan di fasilitas kesehatan. Sektor kalibrasi medis ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian spesifikasi alat kesehatan serta menjamin hasil pengukuran yang sesuai standar. Selengkapnya bisa kalian cek langsung di kalibrasi alat kesehatan.

Kalibrasi Alat Kedokteran

Sebagai salah satu peralatan sektor medis alat kedokteran yang umumnya digunakan dalam pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, RSUD dan sarana pelayanan kesehatan lainnya. Prosedur yang dilakukan pada kalibrasi alat kedokteran adalah dengan membandingkan besaran hasil pengukuran alat yang dikalibrasi dengan standar ukurnya yang tertelusur (traceable) ke standar nasional dan/atau internasional. 

Oleh karenanya kegiatan kalibrasi ini sangat penting dilakukan pada setiap alat kedokteran yang rutin digunakan pada sarana pelayanan kesehatan. Kalibrasi alat kedokteran bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan seta keselamatan terhadap pasien yang menerima pelayanan kesehatan. Pentingnya kalibrasi untuk alat ukur yang dimiliki dokter bisa langsung kalian simak di artikel kami kalibrasi alat kedokteran.

Kalibrasi Alat-Alat di Puskesmas

Kalibrasi alat-alat di puskesmas adalah prosedur kalibrasi yang dilakukan pada alat-alat puskesmas. Kesadaran akan hasil kerja atas alat-alat di Puskesmas perlu diperhatikan. Hal ini untuk memastikan bahwa peralatan yang digunakan di Puskesmas telah terjamin  hasil pengukuran yang akurat serta konsisten. 

Kalibrasi alat-alat di puskesmas dibutuhkan sebagai upaya perawatan atas alat-alat kesehatan yang digunakan puskesmas. Dibutuhkan kalibrasi secara rutin untuk menghindari peralatan yang salah diagnosa dan mengontrol peralatan tetap dalam standarnya. Sebagaimana pentingnya kalibrasi alat-alat di puskesmas maka tidak ada alasan bagi puskesmas untuk tidak melakukan kalibrasi. Cek juga tujuan dan manfaat untuk mengkalibrasi alat ukur yang ada di puskesmas dalam kalibrasi puskesmas.

Kalibrasi Alat Farmasi

Alat ukur dibutuhkan dalam industri farmasi untuk mengontrol kualitas dan mendorong terciptanya inovasi atas produk yang diproduksi. Dalam industri peralatan farmasi dikenal istilah kalibrasi validasi dan kualifikasi untuk mengetahui penyimpangan yang terjadi dan seberapa besar penyimpangan atas peralatan tersebut. . Alat farmasi yang tidak dikalibrasi dapat menyebabkan kesalahan fatal atas hasil produk yang diproduksi serta membahayakan keberlangsungan bisnis industri farmasi tersebut.

Kalibrasi alat farmasi dibutuhkan untuk mengukur besaran nilai yang ditunjukkan menggunakan standar baku. Dalam prosesnya kalibrasi alat farmasi akan membandingkan nilai yang tertera dengan nilai standar baku. Kalibrasi alat farmasi diperlukan untuk mematuhi pedoman koalisi control mutu atas produk yang dihasilkan. Begini ternyata pentingnya kalibrasi dalam proses farmasi, cek langsung di kalibrasi farmasi

Kalibrasi Alat Laboratorium

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya laboraturium memiliki banyak peralatan pengujian yang digunakan untuk dalam proses analisis. Beberapa diantaranya memerlukan prosedur kalibrasi untuk mempertahankan performa serta akurasi tiap peralatan laboratorium yang digunakan. Apa saja alat laboratorium yang butuh dikalibrasi dan seberapa sering? Simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : Memahami Kalibrasi Laboratorium, Penjelasan dan Tujuannya

Alat laboratorium yang digunakan dalam waktu relatif lama dapat menyebabkan penurunan kualitas hasil pengukuran. Pengukuran yang baik dan sesuai standar adalah tolak ukur jaminan mutu dari suatu penelitian yang dilakukan. Oleh karenanya setiap instrumen atau alat memerlukan kalibrasi secara berkala sesuai dengan anjuran yang berlaku pada alat laboratorium.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai sektor  kalibrasi medis yang dibutuhkan pada setiap peralatan yang digunakan dalam pelayanan kesehatan. Dengan melakukan prosedur kalibrasi hasil kerja alat akan dipercaya kebenarannya atas kualitas alat-alat yang digunakan. 

Secara tidak langsung pula dengan melakukan kalibrasi sebagai upaya memenuhi hak setiap orang dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. Sekian penjelasan mengenai sektor kalibrasi medis,semoga dapat menambah wawasan Anda seputar kalibrasi