4 Jenis Pengkalibrasian di Sektor Kalibrasi Industri

sektor kalibrasi industri

Perkembangan yang pesat pada kegiatan industri, tentunya mempengaruhi peralatan yang digunakan dalam mendukung kinerja produksinya. Bagaimanakah sebuah peralatan industri digunakan akan berpengaruh pada hasil produksi yang dilakukan. Hal ini karena sebagai peralatan ukur, alat tersebut akan membantu proses produksi agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Karena erat dengan kalibrasi, apakah ada sektor kalibrasi industri, penggunaan dan pengaplikasiannya apakah beda?

Penggunaan instrumen ukur dalam kegiatan industri pastinya sudah tidak asing dengan prosedur kalibrasi yang wajib dilakukan secara berkala agar performa alat ukur tetap terjaga. Prosedur kalibrasi akan meminimalisir terjadinya resiko kegagalan produksi pada produk yang dihasilkan. Lalu seberapa pentingkah proses ini dalam sektor kalibrasi industri?

Hasil pengujian atas instrumen ukur yang dikalibrasi akan digunakan sebagai jaminan mutu itulah mengapa proses kalibrasi penting bagi industri. Berdasarkan hal tersebut berikut 4 jenis pengkalibrasian di sektor kalibrasi industri yang harus Anda ketahui. Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

Sektor Kalibrasi Industri : Alat Ukur

Dari sekian banyaknya peralatan yang digunakan dalam perusahaan atau industri, alat ukur menjadi salah satu alat yang harus sering mendapatkan perhatian. Pasalnya alat ukur yang sering Anda  digunakan mudah mengalami penurunan performa akibat banyak factor yang tidak dapat ditentukan. Tentunya untuk mencegah penurunan akurasi dan fungsi alat dibutuhkan prosedur kalibrasi alat ukur. Apakah prosedur di sektor kalibrasi industri ada bedanya? Cek penjelasannya di bawah ini.

Kalibrasi alat ukur memiliki pengertian yaitu kegiatan yang dilakukan secara berkala untuk memastikan  kualitas hasil pengukuran alat ukur terjamin kebenarannya sebagaimana standar alat yang telah ditetapkan. Kesalahan pengukuran yang sering terjadi pada alat dapat disebabkan oleh alat yang tidak dikalibrasi namun memiliki kinerja alat yang tinggi.

Oleh sebab itu kalibrasi alat ukur yang Anda gunakan untuk mendapatkan hasil pengukuran yang presisi dan terjamin kehandalannya. Selain itu dengan melakukan kalibrasi akan mencegah kerugian akibat alat ukur yang tidak layak pakai dan hilang kekuatannya. Selengkapnya bisa kalian temukan di artikel berikut ini yang membahas kalibrasi alat ukur.

Kalibrasi Peralatan

Seperti yang Anda tahu kegiatan industri memiliki banyak peralatan yang menunjang jalannya produksi. Peralatan ini harus diverifikasi atau dipastikan keakuratan dengan melakukan kalibrasi. Kalibrasi peralatan merupakan sebuah proses yang digunakan untuk memeriksa pembacaan perangkat untuk dibandingkan dengan nilai standar alat yang sebenarnya. Peralatan dalam sektor kalibrasi industri ini cukup penting karena tidak boleh sembarangan.

Dengan melakukan kalibrasi peralatan akan memastikan bahwa peralatan tersebut memiliki kemampuan yang cukup baik dan informasi atas hasil pengukuran tersebut dipastikan keandalannya. Peralatan yang sering digunakan namun tidak dikalibrasi dapat menyebabkan pengukuran dengan kualitas yang buruk  sehingga dapat meningkatkan resiko berbahaya atas produk yang dihasilkan serta keamanan industry. Penjelasan berikut ini pasti bisa membuat kalian lebih paham, cek langsung di kalibrasi peralatan.

Kalibrasi Instrumentasi

Tidak jauh berbeda dengan kalibrasi peralatan, kalibrasi instrumental dilakukan meminimalisir terjadinya pengukuran yang tidak presisi. Lagi-lagi hal ini sangat penting diperhatikan oleh perusahaan atau industri. Mengingat hasil kerja instrument akan digunakan bagi kepentingan industri terutamakan keamanan atas produk yang dihasilkan dan pekerja yang terlibat didalamnya.

Seperti namanya kalibrasi instrumen adalah prosedur yang dilakukan pada sebuah instrumen ukur dalam hal ini dikhususkan pada instrumen ukur untuk menguji keakuratannya dengan nilai standar yang telah ditentukan. Sebagai prosedur pengujian akan kelayakan instrument, kalibrasi instrumental harus dilakukan secara rutin untuk proses kerja yang lebih lancar dan aman. Ingin lebih tahu dari kalibrasi instrumentasi? Bisa kalian baca secara lengkap di kalibrasi instrumentasi.

Kalibrasi Pengukuran

Sudah bukan hal yang aneh jika banyak industri menggunakan bermacam alat pengukuran di dalam proses kerjanya. Sebagai sebuah alat pengukuran tentunya dibutuhkan perawatan dan prosedur khusus dalam mempertahankan fungsi dan keakuratannya  yaitu melalui proses kalibrasi. Kalibrasi pengukuran adalah prosedur yang dilakukan pada peralatan pengukuran yang bertujuan untuk mengembalikan kembali akurasi dari alat ukur. Nah untuk selengkapnya mengenai kalibrasi pengukuran, syarat dan dasarnya bisa kalian simak langsung di bawah ini.

Baca Juga : Kalibrasi Pengukuran: Syarat dan Prinsip Dasar

Bekerja sesuai standar adalah prinsip kerja alat ukur, apabila ditemukan ketidaktepatan hasil penunjukkan alat ukur perlu dilakukan segera prosedur kalibrasi. Sebuah alat ukur diciptakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan berlaku di seluruh dunia, apabila hasil pengukuran tidak akurat, resiko yang ditimbulkan dapat merugikan perusahaan. Oleh karenanya lakukanlah kalibrasi pengukuran untuk mengontrol alat yang digunakan.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai jenis pengkalibrasian di sektor kalibrasi industri, sebagai prosedur yang telah diatur regulasinya oleh pemerintah, setiap perusahaan dan industri sangat wajib melakukan kalibrasi secara berkala pada alat-alat yang digunakan dalam mendukung berjalannya proses produksi. Kalibrasi dilakukan tidak semata-mata hanya untuk memenuhi aturan pemerintah, tetapi ini mengenai hasil kinerja alat yang digunakan.

Alat-alat yang digunakan dalam kurun waktu yang lama dengan beban kerja setiap hari tentunya akan mengalami penurunan performa, standar alat yang telah ditetapkan akan berubah. Oleh karenanya untuk mendukung standar alat yang tertelusur dibutuhkan proses kalibrasi dalam sektor kalibrasi industri sebagai jaminan atas kualitas alat yang digunakan.