Memahami Kalibrasi Laboratorium, dan 3 Tujuan Pentingnya!

kalibrasi laboratorium

Kalibrasi laboratorium merupakan proses krusial dalam memastikan bahwa semua instrumen dan peralatan yang digunakan di laboratorium berfungsi dengan akurasi dan presisi tinggi. Di laboratorium, baik yang berfokus pada penelitian ilmiah, pengujian kualitas, maupun analisis medis, alat-alat seperti pipet, spektrofotometer, dan timbangan analitik harus memberikan hasil yang andal.

Tanpa kalibrasi yang tepat, hasil eksperimen dan analisis bisa menjadi tidak akurat, yang dapat mempengaruhi validitas data dan kesimpulan yang diambil. Artikel ini akan menjelaskan mengenai kalibrasi alat laboratorium secara lebih detail, tujuan dilakukannya kalibrasi laboratorium, dan alat-alat laboratorium yang umumnya dilakukan kalibrasi.

Penjelasan Kalibrasi Alat Laboratorium

Semua alat laboratorium harus dilakukan kalibrasi dengan tempo waktu yang ditentukan. Kalibrasi laboratorium adalah prosedur untuk mendeteksi dan memperbaiki ketidakpastian dalam pengukuran dan membawa mereka ke tingkat yang dapat diterima.

Keakuratan perangkat memiliki banyak hal penting, karena dapat secara serius mempengaruhi prosedur diagnostik dan membahayakan kehidupan pasien.

Penyimpangan dalam output tidak selalu merupakan kesalahan perangkat itu sendiri, juga tidak dapat mewakili ketidakmampuan pabrikan. Paling umum, hasilnya dari penggunaan perangkat kontinu, yang seiring waktu mempengaruhi komponen internalnya, menghasilkan penyimpangan dari output pengukuran standar perangkat.

Tujuan Dilakukannya Kalibrasi Laboratorium

Aktivitas kalibrasi bervariasi dari instrumen ke instrumen. Pabrikan, dalam kebanyakan kasus, menyediakan sistem bawaan untuk melakukan proses kalibrasi. Pabrikan juga merekomendasikan frekuensi kalibrasi, meskipun pengguna itu sendiri dapat merancang frekuensinya, tergantung pada aplikasi instrumen dan frekuensi penggunaan.

Setiap perangkat memiliki batas toleransi, sebagaimana didefinisikan oleh pabrikan. Semua pabrikan alat laboratorium yang dilakukan kalibrasi setelah dibuatnya membuatnya menjadi lebih presisi. Bukan hanya soal layak atau tidaknya, tapi juga bisa dibilang apakah memang ada deviasi setelah pengiriman dan juga setelah instalasi. Selain itu, ada beberapa tujuan yang lain, di antaranya:

Menjaga Fungsi Alat Alat Laboratorium

Perangkat medis dapat menjauh dari pengukuran karena komponen internalnya. Fenomena ini umum di antara semua produsen, bahkan dengan yang paling canggih. Seiring waktu, komponen internal – baik keausan mekanis dan elektronik. Akibatnya, kinerja mereka mulai berkurang dan menghasilkan bacaan yang tidak menentu. Bacaan yang tidak menentu ini dapat secara langsung mempengaruhi kehidupan pasien, seperti dalam kasus unit ultrasound.

Maka dari itu, tujuan kalibrasi alat laboratorium adalah untuk menjaga alat laboratorium bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Untuk lebih detailnya bisa dibaca di tujuan kalibrasi alat laboratorium.

Menjaga Akurasi dari Hasil Ukur Laboratorium

Proses kalibrasi diperlukan untuk mendeteksi pembacaan yang tidak menentu ini dan mematuhi badan pengatur regional. Kalibrasi harus dilakukan secara berkala, dan dokumentasi dikelola untuk disajikan selama inspeksi rutin.

Akurasi yang tepat membuat alat laboratorium bisa bekerja dengan baik. Jika bekerja dengan baik, maka mengakibatkan alat laboratorium ini bisa bekerja yang menjamin keamanan setiap pasien.

Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja pada Laboratorium

Kalibrasi sangat penting dalam industri perangkat medis dan harus dilakukan sesuai dengan persyaratan peraturan. Alat laboratorium yang dibuat oleh produsen harus dikalibrasi. Jika tidak, maka instansi yang terkait bisa mencabut izin produksinya.

Karena ini sangat penting demi menghindari kecelakaan kerja pada laboratorium yang bisa sekali untuk mengancam jiwa seseorang.

Alat Alat Laboratorium yang Umumnya di Kalibrasi

Sangat penting bukan untuk melakukan kalibrasi laboratorium? Nah, berikut ini adalah beberapa contoh alat laboratorium yang sangat umum yang perlu untuk di kalibrasi secara rutin:

  • Spektrofotometer¬†
  • Oven Laboratorium
  • Timbangan Analitik
  • Mikropipet
  • Centrifuge

Selain itu, ada juga alat ukur yang lebih spesifik dan hanya ditemukan di laboratorium kimia, detailnya bisa klik saja di bawah ini!

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Kalibrasi Alat Laboratorium Kimia

Demikianlah penjelasan mengenai kalibrasi laboratorium, perlu dicatat bahwa pengkalibrasian ini harus sesuai aturan dan standar yang berlaku supaya tujuannya dapat terpenuhi.

konsultasi jasa kalibrasi