Memahami Kalibrasi Elektrik, Tujuan dan Alat yang Digunakan

kalibrasi elektrik

Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur. Proses kalibrasi ini sendiri diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran setiap instrumen alat ukur akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya. Dengan dilakukannya kalibrasi pastinya akan berpengaruh dengan hasil pengukuran yang konsisten sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas produk itu sendiri. 

Ada cukup banyak jenis kalibrasi dan salah satunya ialah kalibrasi elektrik. Kalibrasi dalam elektrik ini sendiri dilakukan untuk instrumen-instrumen alat ukur elektrik yang banyak digunakan diberbagai kegiatan industri.

Apasih yang Dimaksud Kalibrasi Elektrik?

Terus sebenarnya apa sih yang dimaksud kalibrasi elektrik ini? Kalibrasi ini sendiri mengacu pada proses verifikasi kinerja instrumen apapun yang mengukur ataupun menguji parameter elektrik. Contoh parameter elektrik itu sendiri ialah tegangan, arus, resistansi, induktansi, kapasitansi, waktu dan juga frekuensi.

Kalibrasi dalam bidang elektrik ini sendiri memerlukan penggunaan perangkat yang mengevaluasi kinerja alat itu sendiri. Hal ini sangat diperlukan di dunia industri yang berhubungan dengan kelistrikan dan keelektrikan.

Tujuan Dilakukannya Kalibrasi Elektrik

Tujuan dari dilakukannya kalibrasi elektrik ini sendiri ialah untuk menjaga parameter listrik dan elektrik tetap sesuai. Dengan kata lain nantinya alat yang sudah dikalibrasi tetap akan menghasilkan kinerja yang maksimal dan memberikan hasil penilaian yang juga memiliki nilai keakuratan tinggi.

Dengan melakukan kalibrasi alat-alat elektrik secara rutin, hasil pengukuran yang dihasilkan juga akan tetap sama seperti aslinya dan sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Alat yang Digunakan

Proses kalibrasi ini sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan oleh orang yang belum terlatih dan ahli di bidang kalibrasi elektrik khususnya. Hal ini untuk mengurangi human error akibat kurangnya pengetahuan tentang cara prosedur kalibrasi yang baik dan benar. 

Terus apa saja sih alat yang umumnya digunakan untuk kalibrasi ini? Pada umumnya jasa penyedia kalibrasi ini menggunakan alat tes standar kalibrasi, alat pemancar tekanan bahkan hingga kalibrator lingkaran dan berbagai alat pengukur kelistrikan juga digunakan untuk melakukan proses kalibrasi elektrik.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Kalibrasi elektrik diperlukan dan banyak dibutuhkan terlebih untuk instrumen alat ukur dan juga alat uji. Kalibrasi ini sendiri dilakukan untuk menjaga parameter listrik dan elektrik tetap sesuai. Semoga penjelasan mengenai kalibrasi pada bidang elektrik diatas bermanfaat untuk Anda.