Definisi Pengujian Kalibrasi, Pentingnya dan Acuan Penilaian

pengujian kalibrasi

Banyak sekali kegiatan industri yang menggunakan instrumen alat ukur maupun alat uji saat ini. Terlebih lagi dalam bidang kesehatan, hasil dari penggunaan instrumen alat ukur maupun alat uji itu sendiri harus selalu memberikan hasil pengukuran yang akurat dan benar sesuai nyatanya. 

Untuk itulah kesalahan-kesalahan akibat pengujian menggunakan instrumen alat ukur dan uji ini sangatlah tidak diperbolehkan karena akan memberikan dampak fatal. Inilah mengapa uji kalibrasi sangat diperlukan terhadap berbagai instrumen alat ukur maupun alat uji.

Apasih Pengujian Kalibrasi Itu?

Nah apa sih sebenarnya uji kalibrasi itu? Dan seberapa penting pengujian kalibrasi ini dilakukan? Uji kalibrasi sendiri merupakan uji fungsi yang dilakukan pada berbagai alat ukur masihkah sesuai seperti fungsinya dan juga hasil pengukurannya masih akurat ataupun tidak. 

Pengujian kalibrasi ini sendiri sangat penting dan wajib rutin untuk dilakukan guna untuk tetap menjaga fungsionalitas dari instrumen alat-alat industri serta tetap menjaga keakuratan hasil pengukuran alat ukur dan alat uji itu sendiri. Salah satu contoh uji kalibrasi yang dilakukan pada alat kesehatan meliputi uji fungsi, uji keselamatan dan juga uji kinerja alat kesehatan itu sendiri.

Pengujian kalibrasi ini sendiri harus dilaksanakan oleh badan pengujian atau institusi pengujian yang sudah tersertifikasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Mengapa Alat Ukur Harus Lulus Uji Kalibrasi?

Berbagai jenis instrumen alat ukur maupun alat uji yang akan digunakan atau pasca perawatan memanglah wajib untuk lulus uji kalibrasi. Berikut ini mengapa alat ukur wajib untuk lulus uji kalibrasi :

  • Untuk membandingkan skala pengukuran alat ukur terhadap standarnya yang tertelusur sesuai standar nasional dan internasional
  • Untuk memastikan kesesuaian spesifikasi dengan bahan ukur instrumen
  • Untuk menentukan penyimpangan kebenaran
  • Untuk menjaga keakuratan skala yang dihasilkan guna menjaga kualitas alat ukur itu sendiri
  • Alat ukur yang lulus uji kalibrasi akan memberikan kepercayaan kepada konsumen

Apa Saja Acuan Penilaian Uji Kalibrasi?

Jelas sangat penting sekali untuk melakukan uji kalibrasi dan juga lulus uji kalibrasi untuk berbagai instrumen alat ukur dan alat uji. Namun pastinya juga diperlukan adanya acuan penilaian dari uji kalibrasi itu sendiri. Apa saja acuan penilaian uji kalibrasi yang wajib adanya, berikut ini beberapa acuan penilaiannya :

  • Pengukuran kondisi lingkungan
  • Pengukuran keselamatan kerja
  • Pengukuran kinerja sebelum dan setelah dilakukan kalibrasi
  • Pemeriksaan kondisi fisik dan fungsi dari instrumen alat ukur
  • Pengecekan tentang penyimpangan hasil pengukuran dari instrumen alat ukur

Baca Juga : Pahami juga mengenai parameter kalibrasi yang merupakan tolak ukur/acuan standar ukuran yang digunakan dalam kalibrasi. Cek juga caranya untuk atur ulang parameter!

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kita menemukan bahwasannya pengujian kalibrasi itu penting dilakukan dan lulus uji kalibrasi karena akan memberikan banyak manfaat dan dampak positif terhadap kita. Instrumen alat ukur dan alat uji yang lulus uji kalibrasi ini jelas untuk menjaga kualitas dari instrumen alat ukur serta memberikan penilaian dan kepercayaan konsumen.

konsultasi jasa kalibrasi