Pengertian dan Cara Atur Ulang Parameter Kalibrasi

parameter kalibrasi

Tercapainya ketertelusuran dari sebuah alat ukur merupakan salah satu tujuan dari kalibrasi.. Namun tahukah Anda bahwa setiap sistematika pengukuran membutuhkan prosedur yang tepat dalam penanganannya supaya dapat terarah dan bersifat konstan. 

Oleh karenanya kalibrasi memiliki prosedur yang diterapkan baik dari segi prinsip dasar maupun persyaratannya. Untuk itu dibutuhkan parameter kalibrasi terhadap suatu nilai yang menjadi salah syarat dalam mencapai tujuan tersebut.

Seperti dapat kita ketahui bersama bahwa kalibrasi adalah kegiatan yang menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu tertelusur.

Dalam prakteknya kalibrasi juga mencakup pengukuran dan pengujian perangkat yang kalibrasi. oleh karenanya dibutuhkan sebuah parameter, lalu apa yang disebut dengan parameter kalibrasi itu? Lebih lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Parameter Kalibrasi?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, istilah parameter ini berkaitan dengan ukuran ataupun tolak ukur terhadap suatu nilai dengan kondisi yang diharapkan dapat tercapai dan dapat menjadi salah satu syarat dalam mencapai tujuan.

Dapat dikatakan bahwa parameter kalibrasi menunjukkan ukuran-ukuran yang berlaku pada standar yang berlaku atau sekumpulan angka-angka yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan suatu alat ukur.

Parameter ini membantu dalam menentukan atau mengklasifikan hasil pengukuran tertentu. Jadi parameter berguna dalam identifikasi suatu sistem. Hal ini berarti parameter merupakan elemen sistem yang berguna saat mengidentifikasi instrumen alat ukur, atau saat mengevaluasi kinerja, kondisi alat, dan lain sebagainya.

Tentu saja parameter ini juga akan membantu proses kalibrasi untuk mendapatkan nilai dari alat ukur yang nantinya akan menentukan hasil dari kalibrasi. Selengkapnya bisa kalian baca untuk nilai di artikel nilai kalibrasi.

Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan, lalu bagaimanakah cara menentukan parameter yang baik itu? Simak penjelasan berikut ini!

Cara Menentukan Parameter Kalibrasi

Untuk menentukan kebenaran hasil uji kalibrasi, alat ukur yang akan dikalibrasi membutuhkan parameter terhadap suatu nilai dengan kondisi yang diharapkan pada alat ukur yang dikalibrasi. Dengan adanya parameter kalibrasi, data pengukuran dari serangkaian proses yang telah dilakukan dapat ditemukan penyimpangan atau kesalahan pada alat ukur yang dikalibrasi.

Karena dalam kenyataannya seorang ahli kalibrasi menyatakan bahwa terjadi kesalahan yang ditunjukkan dari pengukuran dengan alat ukur sebelum dan sesudah kalibrasi. Oleh karenanya di sini, keakuratan skala adalah parameter utama untuk kalibrasi. Selain kesalahan juga harus menentukan nilai ketidakpastian dalam mengkalibrasi alat, bisa kalian pelajari di artikel kami di ketidakpastian kalibrasi. Adanya nilai ketidakpastian dan kesalahan inilah yang membuat prosedur harus urut dan disiapkan dengan baik.

Dalam prosedur kalibrasi untuk menentukkan parameter kalibrasi dapat dilakukan dengan membandingkan alat ukur yang akan dikalibrasi dengan alat ukur pada bidang alat ukur tersebut sebagai standar acuan yang tertelusur. Dengan adanya parameter kalibrasi, maka dapat diketahui sejauh mana perbedaan yang sedang terjadi menggunakan alat ukur yang sudah ditentukan.

Cara Mengatur Ulang Parameter Kalibrasi

Dari penjelaskan diatas bagaimana menentukkan parameter kalibrasi, bahwasannya parameter alat yang dikalibrasi tidak semuanya memiliki tolak ukur yang sama. Jadi berbeda instrument alat ukur tentunya akan berbeda parameternya. 

Dan seperti yang telah Anda tahu, alat ukur yang digunakan tidak selamanya memiliki performa yang sama. Oleh karena itu prosedur kalibrasi perlu dilakukan secara berkala. Terlebih jika alat ukur Anda cukup lama digunakan.

Untuk itu mengatur ulang parameter kalibrasi dapat dilakukan dengan cara, terlebih mengidentifikasi permasalahan pada alat ukur sebelum melakukan kalibrasi. Cara tersebut dapat dilakukan untuk mengevaluasi kinerja alat ukur sejauh mana sehingga didapat hasil yang sesuai standar

Baca Juga : Interval untuk kalibrasi tiap-tiap alat ukur berbeda dikarenakan faktor-faktor tertentu. Apa saja yang mempengaruhi? Cek penjelasan interval kalibrasi di sini!

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai parameter kalibrasi, bahwasanya keakuratan semua alat ukur dapat menurun dari waktu ke waktu. Namun, perubahan akurasi juga dapat disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itu diperlukan parameter kalibrasi yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan suatu alat ukur. Parameter yang baik dapat meningkatkan keakuratan alat ukur dan alat ukur yang akurat akan meningkatkan kualitas produk.