Manfaat Kalibrasi Alat Ukur dan Risiko Tidak Melakukan Kalibrasi

manfaat kalibrasi alat ukur

Kalibrasi adalah proses verifikasi, pengecekan, serta pengukuran alat atau instrumen sesuai standar yang telah ditentukan, dengan cara membandingkan alat ukur yang akan kita kalibrasi dengan alat atau instrumen yang sudah distandarisasi berdasarkan standar nasional maupun standar internasional(SI). Tapi kenapa sih harus melakukan kalibrasi, apakah ada manfaat kalibrasi alat ukur yang penting?

Mengapa harus dilakukan kalibrasi? Manfaat kalibrasi alat ukur tergolong banyak dan menguntungkan terutama dalam bidang industri. Bidang industri merupakan lingkup yang mengharuskan semua hal harus dilakukan berdasarkan standar, sedangkan kalibrasi sendiri merupakan bagian dari pemenuhan standar. Sebab ketika alat atau instrumen yang kita gunakan dalam menghasilkan suatu produk sesuai standar yang telah ditetapkan, ada jaminan keoptimalan dalam penggunaan alat atau instrumen, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.

Pasti kalian tidak ingin kan alat ukur yang dipakai menjadi tidak akurat dan berisiko untuk mengurangi kualitas produk dan berbagai risiko lainnya. Selain itu proses kalibrasi ini tidak bisa sembarangan dilakukan, ada tahapan dan urutannya sesuai dengan jenis alat ukurnya. Lebih detailnya bisa dicek langsung ya untuk prosesnya, untuk lanjut ke manfaat kalibrasi langsung saja di bawahnya.

Baca Juga : Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur, Penjelasan dan Urutannya

Melakukan kalibrasi juga merupakan salah satu cara menghindarkan risiko-risiko fatal yang dapat terjadi pada suatu industri, misalnya pada industri farmasi kesalahan dalam mengatur komposisi suatu bisa menyebabkan obat diproduksi dengan dosis yang berbeda, hal tersebut tentunya akan berdampak pada masyarakat yang menggunakan obat tersebut, mulai dari risiko alergi hingga risiko kematian yang bisa terjadi, dampak yang ditimbulkan tentunya sangat besar bukan?

Selain hal-hal tersebut manfaat kalibrasi alat ukur yang lain juga cukup banyak, hal ini bisa kita jelaskan pada pembahasan dibawah.

Manfaat Kalibrasi Alat Ukur

Kalibrasi dilakukan bukan tanpa alasan, sebab hal tersebut memiliki banyak manfaat yang akan didapat misalnya mendukung sistem manajemen mutu ISO yang berlaku di berbagai jenis industri terutama pada peralatan laboratorium, dengan adanya kalibrasi Anda dapat mengetahui perbedaan perhitungan alat ukur yang Anda miliki dengan standar yang ditetapkan, kalibrasi juga dapat menentukan apakah alat ukur yang Anda gunakan masih layak dijadikan tolak ukur atau sudah mengalami penyusutan kualitas, menjamin hasil produk sesuai dengan standar yang dimiliki baik skala nasional maupun internasional, mengendalikan produk yang beredar di pasaran agar tidak merusak citra perusahaan, meningkatkan kepercayaan konsumen maupun lembaga pengawas terhadap perusahaan Anda, dan juga dapat menghemat biaya audit perusahaan karena alat-alat ukur Anda telah tersertifikasi sesuai standar.

Dengan banyaknya manfaat kalibrasi alat ukur yang didapat tentunya sangat worth it untuk melakukan kalibrasi, sebaliknya jika kita tidak melakukan kalibrasi risiko yang ditimbulkan cukup besar seperti berisiko pada keselamatan operator alat atau instrumen, kehilangan reputasi, kualitas yang dihasilkan, bahkan sampai risiko kehilangan bisnis.

Risiko Tidak Melakukan Kalibrasi

Selain ada manfaat kalibrasi alat ukur, tentunya juga ada risiko jika kalian tidak mengkalibrasi alat ukur secara rutin. Dikarenakan kalibrasi merupakan standar dan parameter dalam standar sebuah industri, banyak hal yang dapat terjadi jika tidak melakukan proses kalibrasi pada alat atau instrumen, risiko tersebut timbul dengan sendirinya sebab kesalahan yang terjadi dalam pengukuran mempunyai dampak besar.

Keselamatan

Risiko pertama yang dapat terjadi menyangkut keselamatan seperti yang kita jelaskan diatas, mengenai bahayanya ketika terjadi kesalahan pengukuran dalam komposisi obat pada industri farmasi

Kehilangan Reputasi

Trend buruk dalam suatu perusahaan atau lab pengujian bisa saja terjadi ketika alat atau instrumen yang digunakan untuk mengerjakan suatu proyek tidak dikalibrasi, hal ini bisa terjadi karena kesalahan pengukuran dan hasil tidak sesuai yang diharapkan customer yang dapat menghilangkan kepercayaan yang sudah dibangun bertahun tahun

Kualitas

Misalnya pada industri makanan cepat saji dalam pengaturan suhu tentunya sangat diperlukan untuk keawetan suatu produk, kesalahan dalam menentukan suhu yang tepat akibat tidak tepatnya pengukuran suatu alat bisa menyebabkan kegagalan pada produksi.

Kehilangan Bisnis

Risiko diatas semuanya berdampak pada performa perusahaan, jika suatu perusahaan performanya menurun terus-menerus selama periode tertentu tentunya akan kehilangan kepercayaan dari client maupun customer, hal tersebut berdampak pada revenue pada suatu perusahaan yang menyebabkan suatu perusahaan bisa bangkrut karena tidak bisa memproduksi barang yang berkualitas.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Pembahasan tersebut menerangkan bahwa betapa pentingnya melakukan kalibrasi dengan pertimbangan manfaat dan risiko yang dapat terjadi, mendorong kita untuk melakukan kalibrasi secara berkala. Dikarenakan banyaknya manfaat kalibrasi alat ukur dan risiko yang bisa terjadi apabila tidak melakukannya secara rutin, jadi lebih baik untuk mengagendakan kalibrasi alat ukur secara rutin dalam industri.