Tujuan Kalibrasi Alat Secara Berkala

tujuan kalibrasi alat

Kalibrasi dilakukan untuk menentukan nilai dengan cara membandingkannya dengan standar tingkat yang diketahui keakuratan dan keandalannya. Tentunya proses kalibrasi ini memiliki tujuan tertentu terutama yang berhubungan dengan alat ukur. Beberapa tujuan kalibrasi alat akan kita bahas di artikel ini, sebelum itu mari kita cek dulu tujuan kalibrasi alat.

Tujuan Kalibrasi Alat 

Tujuan utama melakukan kalibrasi alat ukur adalah demi mencapai ketertelusuran pengukuran yaitu adanya sifat dari hasil pengukuran alat yang bisa dihubungkan dengan standar/acuan yang berlaku. Selain untuk mencapai ketertelusuran ada beberapa poin yang harus Anda tahu mengenai tujuan kalibrasi alat ukur ini, yaitu:

Memenuhi Standar Internasional

Alat ukur yang berstandar internasional tentunya diakui oleh seluruh dunia. Dengan melakukan kalibrasi, maka hasilnya pun akan mudah diterima

Meningkatkan Akurasi

Memastikan bahwa instrumen yang digunakan dapat bekerja secara akurat dan presisi, sehingga produk yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik dan aman tentunya. Karena pada jangka waktu tertentu alat ukur akan kehilangan keakuratannya secara perlahan sehingga butuh dikalibrasi agar tetap akurat maupun diambil keputusan lainnya. Masa berlaku kalibrasi alat ukur juga bermacam-macam karena ada faktor tertentu, selengkapnya bisa kalian baca di artikel masa berlaku kalibrasi alat ukur.

Menjaga dan meningkatkan kualitas produk

Dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produk maka konsumen menjadi percaya maupun pengawas terhadap perusahaan Anda

Menghemat biaya

Dengan melakukan kalibrasi secara berkala, artinya Anda menghemat biaya audit perusahaan karena alat-alat ukur Anda telah tersertifikasi sesuai standar. Karena apabila tidak melakukan kalibrasi, akan terjadi banyak penyimpangan yang akan merugikan perusahaan Anda. Jadi, selain memastikan kualitas produk, kalibrasi juga membantu perusahaan Anda dalam mengontrol biaya.

Sangat bermanfaat sekali bukan jika kita melakukan kalibrasi, dari tujuan nya saja sudah ada beberapa hal yang postif. Namun sebenarnya ada juga manfaat lain dari kalibrasi alat ukur yang bisa kalian cek di bawah ini.

Baca Juga : Manfaat Kalibrasi Alat Ukur dan Risiko Tidak Melakukan Kalibrasi

Kapan Harus Melakukan Kalibrasi

Kalibrasi alat ukur perlu dilakukan secara berkala. Untuk sebagian besar industri, standarnya adalah mengkalibrasi setiap tahun. Berapa lamanya tergantung dari seberapa sering alat tersebut digunakan. Paparan atau tekanan udara tertentu juga dapat mempengaruhi kualitas dari alat. Saat Anda memperoleh hasil dari tes kalibrasi, Anda akan berada dalam posisi untuk menyesuaikan frekuensi kalibrasi, atau meningkatkan ke instrumen pengukuran yang lebih akurat.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Pada dasarnya tujuan kalibrasi itu penting karena membantu memastikan pengukuran yang akurat dalam suatu lini produksi. Pengukuran yang akurat merupakan dasar dari kualitas, keamanan, dan inovasi sebagian besar produk dan layanan. Selain itu, kalibrasi meningkatkan jaminan pengukuran presisi yang diperlukan dalam penelitian, pengembangan, dan inovasi, serta produksi jutaan produk dan layanan di seluruh dunia. Kesalahan pengukuran akan mengakibatkan efek yang fatal, terlebih di industri seperti industri kimia, pangan, minyak dan gas, dan juga petrokimia.