Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur, Penjelasan dan Urutannya

cara melakukan kalibrasi alat ukur

Untuk melakukan kalibrasi pada berbagai jenis instrumen alat ukur maupun alat uji tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan ada cukup banyak point penting dari proses kalibrasi itu sendiri. Kalibrasi ini sendiri memang wajib dilakukan guna untuk menjaga alat-alat ukur tetap memiliki fungsi dan memberikan keakuratan hasil pengukuran yang sesuai dengan standar.

Terus bagaimana dong cara melakukan kalibrasi alat ukur yang baik dan benar? Apakah bisa dilakukan sendiri dan juga bisa dilakukan kapan saja tanpa menjadwalkan kalibrasi terlebih dahulu? Berikut ini ada beberapa cara untuk melakukan kalibrasi terhadap instrumen alat ukur yang baik dan benar :

Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur : Persiapan

Untuk cara melakukan kalibrasi yang pertama jelas dibutuhkan adanya persiapan. Tahap persiapan ini sendiri meliputi pemilihan instrumen alat ukur yang akan dikalibrasi serta pemilihan standar yang akan digunakan dan pastinya juga persiapan peralatan untuk proses kalibrasi itu sendiri.

Melakukan Pengukuran Alat Ukur

Setelah tahap persiapan, pastinya dilakukan tahap pengukuran. Tahap ini sendiri meliputi pengukuran nilai yang dihasilkan oleh peralatan yang akan dikalibrasi dengan membandingkannya dengan standar yang telah ditentukan dan sesuai dengan instrumen alat ukur itu sendiri. Pengukuran ini pastinya dilakukan oleh instansi atau jasa kalibrasi yang sudah tersertifikasi oleh KAN.

Analisis Perhitungan Kalibrasi

Tahap persiapan dan pengukuran sudah dilewati, maka tahap berikutnya adalah analisis alat ukur. Tahap analisis sendiri memiliki tujuan untuk menentukan apakah peralatan instrumen alat ukur tersebut memenuhi standar persyaratan yang telah ditetapkan atau belum.

Laporan Hasil Kalibrasi

Tahap selanjutnya untuk melakukan kalibrasi yang baik dan benar ialah dengan melakukan penyusunan laporan hasil kalibrasi yang mencakup berbagai informasi tentang instrumen alat ukur yang dikalibrasi, standar yang digunakan dan hasil pengukuran.

Penindakan Lanjut Kalibrasi

Tahap penindakan ini merupakan tahapan terakhir untuk sebuah proses kalibrasi. Tahapan ini sendiri nantinya akan menghasilkan analisis dan rekomendasi yang tercantum dalam laporan kalibrasi. Tindak lanjut ini sendiri akan menghasilkan satu keputusan yaitu perbaikan atau penggantian peralatan alat ukur itu sendiri. 

Sudah paham kan langkah-langkah untuk kalibrasi yang tepat dan benar, selanjutnya kalian butuh contohnya nih cek saja langsung ya!

Baca Juga : Contoh Kalibrasi Alat Ukur Yang Wajib Diketahui

Dari semua cara melakukan kalibrasi yang baik dan benar, haruslah dilakukan oleh seorang teknisi kalibrasi yang terlatih dan memiliki keahlian dalam menggunakan peralatan kalibrasi yang tepat dan pastinya juga diawasi serta tersertifikasi KAN.

konsultasi jasa kalibrasi