Simak dan Pahami Bagaimana Cara Kalibrasi Watt Source

kalibrasi Watt Source

Dalam dunia industri terlebih industri kelistrikan, sudah tidak asing lagi dengan watt source. Watt source ini banyak digunakan dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kelistrikan. Dengan adanya instrument ini, jelas banyak kegiatan atau pekerjaan yang terbantu. Watt source yang digunakan terus menerus tentunya membutuhkan perawatan guna menjaga fungsi dan juga kualitas pengukurannya.

Salah satu cara yang tepat untuk perawatan watt source ini sendiri ialah dengan dilakukannya kalibrasi. Proses kalibrasi sendiri mampu menjaga fungsi dan kualitas keakuratan hasil ukur. Selain itu juga terdapat banyak tujuan dilakukannya kalibrasi pada watt source yang memang perlu serta sebaiknya dilakukan secara rutin.

Tujuan Kalibrasi Watt Source

Ada cukup banyak jenis perawatan yang memang bisa dilakukan untuk tetap menjaga fungsi dan kualitas hasil ukur. Namun yang terbaik untuk perawatan saat ini dan menjadi pilihan tepat ialah kalibrasi. Kalibrasi watt source ini sendiri selain untuk menjaga fungsi watt source tetap seperti spesifikasinya tentunya juga untuk menjaga keakuratan hasil pengukurannya. 

Selain tujuan tersebut, dilakukannya kalibrasi pada instrument ini tentunya juga akan memberikan banyak manfaat. Manfaat dilakukannya kalibrasi ini sendiri jelas akan didapat hanya setelah dilakukan kalibrasi dengan cara yang baik dan benar.

Manfaat Kalibrasi Watt Source

Cukup banyak manfaat yang didapat dari proses pengkalibrasian watt surce dengan cara yang baik dan benar. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat dari proses kalibrasi watt source dengan benar :

  • Memberikan jaminan dan konformasi terhadap hasil pengukuran
  • Menjaga kualitas proses dan hasil pengukuran¬†
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan watt source
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan watt source yang dikalibrasi

Cara Kalibrasi Watt Source

Agar hasil kalibrasi watt source maksimal, tentunya diperlukan cara kalibrasi yang baik dan benar. Berikut ini cara kalibrasi watt source yang baik dan benar serta sesuai dengan standar :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Lakukan persiapan alat yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi. Jangan lupa juga siapkan watt source yang akan dilakukan kalibrasi.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Pilih atau tunjuk orang yang memang ahli dalam bidang kalibrasi watt source. Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi terpercaya seperti kalibrasi.com.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Pastikan kondisi lingkungan baik dari suhu dan kelembaban dalam batas normal atau wajar untuk melakukan kalibrasi. Lakukan kalibrasi pada pagi, siang maupun sore hari.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakan metode kalibrasi watt source yang memang sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Untuk metode kalibrasi watt source menggunakan metode IK-KL-LS32 dengan rentang ukur 0.01 W ~ 1000 W, 1001 W ~ 10000 W
  5. Pelaksanaan kalibrasi Watt Source
    Sebelum proses kalibrasi berjalan, lakukan pencatatan dengan mengamati fungsi dan juga bentuk watt source. Jangan lupa untuk melakukan setting ulang dengan mereset atau melakukan penyetelan pada titik awal / nol.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Melakukan perhitungan hasil kalibrasi dengan menghitung nilai maksimum-minimal, standar deviasi hingga nilai rata-rata.
  7. Pembuatan laporan
    Proses pembuatan laporan harus sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Hasil laporan ini nantinya juga harus disahkan oleh kepala laboratrium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Watt Source

Berjalannya proses kalibrasi dengan baik dan benar tentunya juga menghasilkan hasil dengan beberapa parameter. Berikut ini hasil dengan beberapa parameter tersebut :

  • Nilai obyek yang diukur
  • Besarnya nilai koreksi
  • Besar angka ketidakpastian
  • Faktor kalibrasi dan kurva sebagai sifat metrologi
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas proses kalibrasi jelas penting untuk dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Selain itu lakukan kalibrasi pada watt source minimal 1 hingga 2 tahun sekali. Gunakan jasa kalibrasi watt source yang terpercaya dan terbaik seperti kalibrasi.com karena sudah terakreditasi KAN dan sesuai dengan mutu ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Watt Source