Memahami Cara Kalibrasi Megaohm Meter atau Insulation Tester dengan Benar

kalibrasi Megaohm Meter

Kegiatan industri seperti saat ini jelas membutuhkan berbagai jenis instrument alat yang dapat membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan. Salah satu instrument yang banyak digunakan saat ini ialah megaohm meter dan juga insulation tester. Kedua jenis instrument ini memang memiliki peran penting dalam dunia industri terlebih para teknisi kelistrikan.

Megaohm meter sendiri merupakan alat yang memiliki fungsi untuk mengukur atau menguji ketahanan isolasi suatu kabel generator, motor dan juga trafo. Tentunya dengan adanya alat ini akan membantu pekerjaan yang berkaitan dengan kelistrikan. Sedangkan untuk insulation tester sendiri adalah alat untuk mengukur besarnya nilai tahanan isolasi. 

Bagi Anda yang sering menggunakan kedua jenis instrument ukur ini, jangan lupa untuk rutin melakukan kalibrasi. Kalibrasi pada megaohm meter dan insulation tester ini sangatlah diperlukan. Dilakukannya kalibrasi ini sendiri jelas memiliki tujuan dan akan memberikan banyak manfaat menguntungkan pastinya.

Tujuan Kalibrasi Megaohm Meter atau Insulation Tester

Instrument alat ukur listrik memang perlu rutin untuk dilakukan kalibrasi. Terlebih lagi instrument tersebut digunakan setiap hari yang mana berkaitan dengan kelistrikan. Jelas tujuan dilakukannya kalibrasi pada kedua instrument ini untuk menjaga fungsi dan kualitas hasil ukur. Dengan berfungsinya instrument ini secara baik dan benar, resiko terjadinya kecelakaan kerja dapat dihindari terlebih berkaitan dengan kelistrikan.

Selain tujuan dilakukannya kalibrasi pada kedua jenis instrument ukur listrik ini, ada banyak manfaat yang juga didapat. Proses kalibrasi yang dilakukan dengan cara yang baik dan benar akan memberikan beberapa manfaat untuk instrument itu sendiri dan pastinya juga operator instrument ini.

Manfaat Kalibrasi Megaohm Meter atau Insulation Tester

Proses kalibrasi megaohm meter dan insulation tester memanglah sebaiknya dilakukan secara rutin oleh ahli di bidangnya. Ada cukup banyak manfaat yang didapat dari berjalannya proses kalibrasi ini. Berikut ini beberapa manfaat kalibrasi megaohm meter dan insulation tester :

  • Dapat mengetahui terjadinya penyimpangan
  • Mampu menjaga kualitas proses dan hasil ukur
  • Memberikan jaminan dan konfirmasi hasil pengukuran
  • Mendukung penerapan mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan megaohm meter dan insulation tester

Cara Kalibrasi Megaohm Meter atau Insulation Tester

Untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang maksimal tentunya juga diperlukan cara kalibrasi yang baik dan benar. Berikut ini beberapa cara kalibrasi megaohm meter dan insulation tester yang baik dan benar :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Siapkan berbagai peralatan untuk proses kalibrasi megaohm meter dan insulation tester.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Pilih atau gunakan orang maupun jasa yang memang ahli dalam bidang kalibrasi megaohm meter dan insulation tester.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Kondisikan suhu dan juga kelembaban ruangan yang nantinya akan digunakan untuk proses kalibrasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Untuk metode kalibrasi megaohm meter dan insulation tester, bisa menggunakan metode TO-EM-3.02 dengan rentang ukur 0.1GΩ ~ 1GΩ, 1GΩ ~ 10GΩ, 10GΩ ~ 90GΩ.
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Lakukan proses kalibrasi pada pagi, siang maupun sore hari. Sebelum proses kalibrasi berjalan, catat hasil pengamatan fungsi dan juga bentuk dari insulation tester.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Untuk melakukan perhitungan kalibrasi insulation tester bisa dilakukan dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi hingga nilai rata-rata.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan ini harus sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Hasil akhir laporan ini nantinya juga wajib untuk disahkan oleh kelapa laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Megaohm Meter, Insulation Tester

Proses kalibrasi insulation tester yang dilakukan dengan baik dan benar, jelas akan akan mendapatkan hasil dengan beragam parameter. Berikut ini hasil dengan berbagai parameter kalibrasi insulation tester :

  • Mengetahui besarnya nilai angka ketidakpastian hasil ukur
  • Mengetahui nilai obyek yang diukur
  • Mengetahui besarnya nilai koreksi
  • Faktor dan kurva kalibrasi sebagai bagian dari sifat metrologi
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi

Kesimpulan 

Kalibrasi pada insulation tester sangatlah penting untuk rutin dilakukan minimal 1 hingga 2 tahun sekali. Selain itu juga proses kalibrasi insulation tester tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Untuk itulah selalu gunakan jasa kalibrasi insulation tester terbaik dan terpercaya hanya di kalibrasi.com yang sudah terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Megaohm Meter