Memahami Langkah-langkah Kalibrasi Source Ampere

kalibrasi Source Ampere

Apakah Anda pernah mendengar tentang source meter? Mungkin memang ini akan sangat jarang orang bisa mendengarnya karena sebenarnya ini adalah DC source ampere.

Jadi, source ampere ini bisa dikatakan sebagai instrumen yang digunakan untuk mengukur jumlah arus DC yang mengalir dalam suatu rangkaian. Ammeter DC memiliki skala yang mewakili arus dalam ampere. Instrumen ini mendapatkan namanya ammeter dari ampere source karena mengukur besarnya arus dalam ampere.

Apakah Anda pernah membayangkan jika sebuah instrumen yang mengukur arus lisrik mengalami sebuah kecelakaan karena ada salah satu pengukuran yang salah? Itu bisa terjadi dan salah satu instrumen yang bisa salah dalam pengukuran adalah source ampere. Jadi, alat ini memang perlu sekali untuk dilakukan kalibrasi.

Tujuan Kalibrasi Source Ampere

Untuk mengukur arus DC dalam jumlah besar, kita dapat menggunakan source ampere. Dalam kasus di mana arus yang mengalir di rangkaian sangat kecil, yaitu dalam kisaran miliampere atau mikroampere, maka kita harus menggunakan source ampere dalam kisaran tersebut. Pernahkah Anda membayangkan jika sebenarnya memang source meter ini bisa jadi mengalami kerusakan dan hasil pengukurannya jadi tidak presisi?

Kalibrasi memiliki tujuan untuk memperkecil adanya kemungkinan tersebut. Jadi, bisa dikatakan source ampere yang dikalibrasi akan mendapatkan perhatian yang lebih untuk pengukuran yang benar.

Manfaat Kalibrasi Source Ampere

Source ampere harus selalu dihubungkan secara seri dengan rangkaian untuk mengukur arus DC. Dalam sebuah rangkaian listrik yang seri ini, terkadang ada sebuah masalah yang membuat arusnya jadi tidak stabil. Sebagai source ampere yang berguna untuk mengukur tegangan DC ini, maka jika source ampere yang presisi akan mengurangi adanya kecelakaan kerja.

Sudah mengerti bukan betapa pentingnya kalibrasi untuk berbagai instrumen kelistrikan salah satunya adalah source ampere?

Cara Kalibrasi Source Ampere

Kita akan memasuki pembahasan yang paling inti, yaitu apa saja langkah-langkah kalibrasi untuk ampere source ini. Berikut ini adalah caranya:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Langkah yang paling awal adalah dengan mempersiapkan berbagai macam alat yang digunakan untuk kalibrasi source ampere.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Setelah itu, persiapkan teknisi untuk kalibrasi source meter. Teknisi ini adalah orang yang sudah memiliki sertifikat yang nantinya akan penting sekali dalam penulisan hasil kalibrasi.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Selanjutnya, lingkungan untuk kalibrasi juga harus dilakukan pengecekan. Seperti misalnya suhu, kelembapan juga harus diperhatikan. Selain untuk keselamatan dalam pengerjaan kalibrasi, juga berguna untuk mengetahui faktor yang bisa mempengaruhi hasil kalibrasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Metode yang digunakan adalah metode internasional untuk mengkalibrasi source meter, yaitu O-EM-2.11 sedangkan untuk rentang ukurnya adalah DC Source ampere, AC Source ampere – f = 45Hz ~ 10kHz.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Source Ampere
    Metode sudah ada, sekarang adalah melaksanakan proses kalibrasi source ampere. Proses ini bisa memakan waktu berhari-hari.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Pengamatan akan dilaksanakan apakah memang ada faktor yang mempengaruhi adanya deviasi. Pengamatan ini tentu saja berdasarkan perhitungan yang sesuai dengan standar dan metode yang berlaku.
  7. Pembuatan laporan
    Dan yang terakhir adalah membuat laporan kalibrasi ampere source yang sesuai dengan standar yang berlaku.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Source Ampere

Setelah dilakukan kalibrasi source ampere, hasilnya tentu saja adalah source ampere yang berjalan dengan normal.

Dan juga, Anda akan mendapatkan sertifikat kalibrasi yang menandakan bahwa ampere source Anda berjalan dengan normal dan juga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan karena sudah sesuai dengan standar.

Kesimpulan

Semua kalibrasi instrumen memang berpegang teguh pada standar yang berlaku secara internasional dan juga nasional. Maka dari itu, Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Perlu jasa kalibrasi source ampere agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan juga terpercaya! Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah jasa kalibrasi di kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Source Ampere