Memahami Hal-hal Penting Saat Kalibrasi Thermometer Kontak

kalibrasi Thermometer Kontak

Seperti yang telah kita ketahui bersama fungsi dari thermometer adalah untuk mengukur suhu. pada berbagai bidang industri maupun kehidupan sehari-hari instrumen alat ini kerap digunakan untuk mengukur suhu kamar, suhu badan, atau pada saat memasak untuk mengetahui suhu oven dengan akurat.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai thermometer kontak yang memiliki dua lapisan logam yang apabila logam mengalami perubahan bentuk maka akan mendeteksi kenaikan suhu yang ditunjukkan oleh thermometer. 

Sebagai sebuah alat ukur termometer kontak ini harus mendapatkan prosedur kalibrasi untuk memastikan alat tersebut dapat memberikan hasil yang akurat. Untuk lebih lengkapnya mengenai kalibrasi thermometer kontak, pelajari selengkapnya  berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Thermometer Kontak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dari pengertian thermometer kontak, yang berkaitan dengan alat pengukuran tentunya membutuhkan sebuah prosedur kalibrasi. Sebagai pemilik alat ukur Anda harus memperhatikan berapa lama termometer kontak telah digunakan.

Hal ini karena semakin lama instrumen alat ukur digunakan, maka semakin besar pula kemungkinan ketidakakuratan dan sensitivitasnya berkurang. Oleh karena itu prosedur kalibrasi bertujuan untuk memastikan perangkat tersebut dapat berfungsi dengan baik dan hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi Thermometer Kontak

Prosedur kalibrasi bermanfaat untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. Lebih lanjut dengan melakukan kalibrasi thermometer kontak dapat membantu instrumen alat menjaga kualitas dan kelayakannya hasil pengukurannya. Prosedur kalibrasi termometer kontak dapat memberikan jaminan dan konfirmasi atas hasil pembacaan thermometer kontak. 

Cara Kalibrasi Thermometer Kontak

Beberapa cara-cara dilakukan ketika akan melakukan kalibrasi thermometer kontak secara runtut akan dijelaskan berikut ini : 

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Cara pertama adalah Mempersiapkan alat kalibrasi sebelum pelaksanaan kalibrasi. Tanpa adanya instrumen kalibrasi, prosedur kalibrasi tidak dapat dilakukan karena alat tersebut yang akan dilakukan pengujian. Persiapkanlah alat hendaknya pastikan instrumen alat tersebut dalam keadaan baik sebelum dilakukan kalibrasi. 
  2. Persiapan teknisi kalibrasi
    Teknisi atau pelaksana kalibrasi harus dapat dipercaya dan memiliki kompetensi dalam pengkalibrasian alat ukur. Setidaknya seorang pelaksana kalibrasi harus memiliki latar belakang pendidikan dibidang kalibrasi atau telah menyelesaikan kursus kalibrasi dan memenuhi persyaratan fisik pelaksana kalibrasi. 
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Cara selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pengkondisian lingkungan kalibrasi. Dalam hal ini pada beberapa kasus prosedur kalibrasi dapat mengalami kesalahan dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Akibatnya hasil pengujian tidak seperti apa yang diharapkan.  
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional atau internasional
    Metode kalibrasi yang diterapkan untuk kalibrasi thermometer kontak harus mengacu pada metode standar nasional atau internasional agar hasil uji kalibrasi dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dalam penyelenggaraan kalibrasi thermometer kontak metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah metode kalibrasi JIS Z 8710:1993 dengan rentang ukur sebagai berikut : -25°C  ~  0°C, 0°C ~ 100°C, 100°C ~ 200°C, 200°C ~ 260°C
  5. Pelaksanaan kalibrasi Thermometer Kontak
    Pada tahap pelaksana kalibrasi thermometer kontak terdiri dari beberapa langkah-langkah yang harus diikuti agar hasil dari proses kalibrasi tidak terjadi penyimpangan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :
    – Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pengamatan pada thermometer kontak untuk melihat hasil pengukuran awal sebelum alat disetel ulang.
    – Kemudian mulailah atur ulang alat yang akan dikalibrasi, atur skala thermometer kontak yang dikalibrasi.
    – Mulailah kembali pengamatan pada kewajaran hasil ukur yang dilakukan thermometer kontak
    – Catat dan ambil data hasil pengamatan thermometer kontak secara objektif  sebagaimana hasil pengukuran yang ditunjukkan alat tersebut.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya setelah hasil pengujian telah didapatkan lakukanlah pengamatan dengan seksama pada hasil pengujiannya. Setelah mendapatkan data hasil pengujian, lakukanlah perhitungan kalibrasi dengan teliti untuk hasil perhitungan yang sesuai. 
  7. Pembuatan laporan
    Jika cara -cara diatas telah sempurna dilakukan, tahap selanjutnya adalah pembuatan laporan, Laporan ditulis berdasarkan format pelaporan kalibrasi yang mengacu pada standar SNI ISO. Laporan yang telah selesai dibuat kemudian akan disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Thermometer Kontak

Parameter dan hasil kalibrasi thermometer kontak merupakan output yang didapatkan setelah melakukan kalibrasi. Tolak ukur keberhasilan kalibrasi thermometer kontak yaitu hasil pengukuran yang menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan. 

Hal tersebut ditunjukkan dari nilai objek yang diukur menunjukkan data yang diharapkan sesuai dengan standar.  Hasil kalibrasi dapat diketahui melalui sertifikat hasil kalibrasi 

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi thermometer kontak, bahwasannya sebagai sebuah alat pengukur suhu thermometer kontak harus dikalibrasi secara berkala menjaga keakuratan yang dapat diandalkan.

Untuk itu lakukanlah prosedur kalibrasi pada jasa kalibrasi terpercaya. Untuk urusan jasa kalibrasi pilihlah jasa kalibrasi yang terakreditasi dan terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Thermometer Kontak