Seperti Apa Cara Kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas? Simak Disini!

kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas

Tahukah Anda termometer yang umum digunakan termasuk salah satu termometer cairan dalam gelas? termometer memiliki cairan? Yap termometer yang sering digunakan adalah termometer cairan dalam gelas yang berupa tabung kaca berongga yang tertutup berisi cairan tertentu. Cairan tersebut dapat berupa raksa maupun alkohol

Termometer cairan dalam gelas ada banyak macamnya seperti termometer klinis, termometer dinding dan termometer six-bellani. Sebagai peralatan yang digunakan dalam pengukuran suhu, instrumen alat ini membutuhkan prosedur kalibrasi secara berkala untuk memastikan hasil pengukurannya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas, simak penjelasan berikut!

Tujuan Kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas

Seperti penjelasan sebelumnya Termometer Cairan dalam Gelas berisi zat cair berupa raksa atau alkohol sebagai pengisi pipa kapilernya. Sebagai indikator pengukuran suhu instrumen alat ini mampu mengukur besaran suhu pada temperatur udara atau objek lain. 

Berdasarkan hal tersebut prosedur kalibrasi perlu dilakukan pada alat yang belum digunakan maupun telah digunakan terlampau sering sehingga menimbulkan ketidakpastian keakuratan. Oleh karenanya tujuan kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas untuk memastikan perangkat tersebut terjaga keakuratan dan layak digunakan dalam pengukuran sebagaimana standar yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas

Proses kalibrasi yang dilakukan tidak semata-mata untuk prosedur formal dalam memperoleh sertifikat kalibrasi, Namun memiliki manfaat besar bagi alat ukur yang dikalibrasi. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa kelayakan pengukuran Termometer Cairan dalam Gelas akan diuji dengan pengujian sesuai standar bidang alat.

Dari penjelasan tersebut proses kalibrasi bermanfaat untuk memberikan keamanan dan menjaga tingkat akurasi Termometer Cairan dalam Gelas. Dengan melakukan kalibrasi pada instrumen alat akan menjaga kualitas proses pengukuran dan hasil dari proses pengukuran tersebut

Cara Kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas

Seperti prosedur lainnya, kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas memiliki beberapa cara-cara yang dilakukan untuk mencapai keakuratan hasil pengujian. Berikut cara kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkan alat yang akan dikalibrasi adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Instrumen alat yang hendak dikalibrasi pastikan dalam kondisi baik, tidak rusak dan tidak kotor. Karena pada intinya alat yang dikalibrasi bukan dilakukan pada alat yang rusak melainkan alat yang masih layak pakai 
  2. Persiapan teknisi kalibrasi
    Persiapkan teknisi atau pelaksana kalibrasi yang telah memenuhi persyaratan pelaksana kalibrasi, seperti memiliki latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi atau telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi yang ditunjukkan dengan sertifikat uji pelaksana kalibrasi. Pastikanlah teknisi atau pelaksana kalibrasi berkompeten dalam kalibrasi agar hasil prosedur kalibrasi tidak terjadi kesalahan.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Cara selanjutnya adalah mengkondisikan lingkungan tempat kalibrasi. Hal ini karena Nilai suhu akan terukur nilainya  pada struktur termometer sesuai dengan lingkungannya. Oleh karenanya sebelum dilaksanakan prosedur kalibrasi lakukanlah pengecekan pada situasi dan kondisi lingkungan agar hal tersebut tidak mengacaukan jalannya kalibrasi. 
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Metode kalibrasi yang diterapkan untuk kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas harus berdasarkan pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. Standar kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas metode kalibrasi yang digunakan adalah TO-TH-1.01 dengan rentang ukur antara lain : -20°C ~ 0°C, 0°C  ~  25°C, 25°C  ~  200°C
  5. Pelaksanaan kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas
    Dalam pelaksanaan kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas sebenarnya tidak sulit. Jika Anda telah mengikuti cara diatas lakukanlah pengamatan dengan teliti agar didapatkan hasil yang akurat dan sesuai standar pengukuran termometer. Prosedur kalibrasi dapat Anda lakukan pada termometer yang belum diatur skalanya. Nah untuk mengaturnya Anda dapat menyiapkan termometer yang telah dipanaskan, es batu dan air secukupnya. Kemudian letakan ketiganya pada wadah, amatilah pergerakan termometer yang menunjukan nilai suhu bergerak turun secara perlahan sampai pada posisi berhenti bergerak. hal tersebut menandakan termometer dalam keadaan titik beku air. Selanjutnya untuk menentukan titik didih air, dapat Anda lakukan dengan memanaskan ketiganya dalam wadah menggunakan kompor. Amati lagi pergerakan pada termometer yang bergerak naik secara perlahan sampai pada termometer yang berhenti bergerak menandakan termometer telah mencapai titik didih air.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Seperti yang telah dijelaskan pada cara sebelumnya pengamatan pada titik beku dan titik didih yang ditunjukkan oleh termometer. Pengamatan tersebut dapat Anda lakukan dengan mengutamakan ketelitian agar hasil pengujian akurat. Selanjutnya data hasil pengujian kemudian dihitung besarannya. Penghitungan ini meliputi nilai maksimum-minimum standar, nilai penyimpangan , nilai rata-rata, mengkonversi satuan serta menentukan persamaan dua variabel.
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan terakhir dari prosedur kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas adalah membuat laporan.  Dalam penyusunan laporan harus berdasarkan dengan format pelaporan kalibrasi yang mengacu pada standar kalibrasi ISO. Laporan kalibrasi yang telah disetujui akan disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi. 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas

Parameter atau tolak ukur prosedur kalibrasi dapat dilihat ketika hasil pengukuran Termometer Cairan dalam Gelas menunjukan akurasi alat yang semakin baik, atau tidak ditemukan hasil penyimpangan yang besar maka kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas dapat dikatakan berhasil. Penunjukkan hasil ini kalibrasi ini melalui pemberian sertifikat kalibrasi 

Kesimpulan  

Demikianlah penjelasan mengenai kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas bahwasannya sebagai  peralatan pengukuran Termometer Cairan dalam Gelas harus dikalibrasi secara berkala, agar kualitas keakuratan pengukuran dapat terjamin. Jika anda kesulitan dalam melakukan kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas, anda bisa menggunakan jasa kalibrasi. 

Kalibrasi lah alat Anda pada jasa kalibrasi terpercaya dan telah terakreditasi. Untuk urusan jasa kalibrasi pilihlah yang telah terakreditasi dan terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Termometer Cairan dalam Gelas