Kalibrasi Sensor RTD : Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasinya

kalibrasi sensor rtd

Pernah dengan tentang RTD sensor? RTD (Resistance Temperature Detector) adalah sensor yang resistansinya berubah ketika suhunya berubah. Resistansi meningkat saat suhu sensor meningkat. Hubungan resistensi vs suhu terkenal dan dapat diulang dari waktu ke waktu. RTD adalah perangkat yang cenderung ke arah pasif. Yang namanya juga sensor, biasanya pada sensor tersebut mengalami perubahan cara baca suhu.

Untuk itu, biasanya pada sensor RTD ini perlu sekali adanya kalibrasi. Kalibrasi bisa sekali untuk membuat sensor RTD tadi berjalan dengan baik lagi dan juga bisa tahu apakah ada kesalahan dalam perhitungannya. Yang jadi pertanyaan, memangnya bagaimana parameter dari RTD sensor yang sudah benar? Mari kita bahas masalah tersebut!

Tujuan Kalibrasi Sensor RTD

RTD sensor sebenarnya tidak menghasilkan output sendiri. Perangkat elektronik eksternal digunakan untuk mengukur resistansi sensor dengan melewatkan arus listrik kecil melalui sensor untuk menghasilkan tegangan. Biasanya arus pengukuran 1 mA atau kurang, maksimum 5 mA tanpa risiko pemanasan sendiri.

Akan tetapi, pada kenyataannya sensor RTD inilah yang terkadang memiliki masalah daripada perangkat elektronik eksternalnya. Maka daripada itu, pengkalibrasian sangat penting untuk dilakukan setidaknya sekali dalam setahun untuk sensor RTD demi mendapatkan manfaat dari penggunaan sensor ini.

Manfaat Kalibrasi Sensor RTD

Sensor RTD mungkin yang paling Anda tahu adalah sensor yang resistansinya berubah ketika suhunya berubah. Resistensi ini adalah yang paling penting untuk di ukur untuk keselamatan kerja. Asalkan Anda tahu, sensor ini memiliki ketelitian 0,03 0C dibawah 5000C dan 0,1 0C diatas 10000C.

Manfaat dari pengkalibrasian dari sensor RTD yang jelas, bukan berarti Anda bisa melakukannya sendiri dan secara sembarangan. Tapi Anda harus tahu bagaimana caranya.

Cara Kalibrasi Sensor RTD

Daripada itu, biasanya sensor RTD ini dikalibrasi dengan membawanya ke laboratorium kalibrasi. Kalibrasi sensor RTD memiliki worksheet atau prosesnya yang sudah sesuai dengan standar, yaitu sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Yang pertama tentu saja adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk mengkalibrasi sensor RTD.
  2. Persiapan operator pelaksana kalibrasi terbaik
    Setelah itu, operator entah itu orang, software atau alat harus merupakan yang terbaik karena kalibrasi adalah proses yang sangat rumit.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi sensor rtd
    Setelah itu, sensor RTD yang akan dilakukan kalibrasi harus dilakukan pengecekan situasi dan juga kondisinya. 
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Selanjutnya adalah menentukan metode. Metode yang digunakan adalah yang berstandar internasional atau nasional. Metode ini adalah TO-TH-3.02 dengan rentang ukur sebagai berikut: -20°C ~ 0°C, 0°C ~ 25°C, 25°C ~ 200°C, 200°C ~ 400°C
  5. Pelaksanaan kalibrasi sensor rtd
    Metode yang sudah dibuat tadi langsung di eksekusi dengan menggunakan setiap rentang ukur yang sudah ditetapkan.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Perhitungan kalibrasi selanjutnya bisa dilakukan dengan catatan sesuai dengan standar dan juga metode penghitungan yang sama.
  7. Pembuatan Hasil laporan
    Yang paling terakhir adalah membuat laporan untuk kalibrasi sensor RTD. Dengan ini, sensor RTD sudah mendapatkan sertifikat kalibrasi yang dijamin sudah bisa berjalan dengan normal.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Sensor RTD

RTD dibangun untuk beberapa kurva dan toleransi standar. Kurva standar yang paling umum adalah kurva DIN. Kurva menggambarkan resistansi vs karakteristik suhu Platinum, sensor 100 ohm, toleransi standar, dan rentang suhu terukur.

Standar DIN menetapkan resistansi dasar 100 ohm pada 0°C, dan koefisien suhu 0,00385 Ohm/Ohm/°C. Output nominal sensor DIN RTD ditunjukkan di bawah ini:

Ada tiga kelas toleransi standar untuk DIN RTD. Toleransi ini didefinisikan sebagai berikut:

  • DIN Kelas A: ±(0,15 + ,002 |T|°C)
  • DIN Kelas B: ±(0,3 + 0,005 |T|°C)
  • DIN Kelas C: ±(1.2 + .005 |T|°C)

Kesimpulan

Itulah tadi cara dan juga parameter dari hasil kalibrasi sensor RTD yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan Anda mengetahui adanya parameter dan hasil dari RTD sensor ini, maka Anda bisa tahu jika sensor RTD berjalan dengan baik. Langsung saja jatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi sensor RTD yang terpercaya dan juga terakreditasi! 

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi sensor rtd