Memahami Manfaat dan Cara Kalibrasi THD Meter

kalibrasi THD Meter

Kebutuhan dan penggunaan alat ukur memang sudah tidak ada habisnya. Beberapa alat ukur  seperti THD meter memiliki fungsi yang pengukuran kelistrikan yang secara tidak langsung dapat memberikan rasa aman bagi penggunanya. Lalu apa sebenarnya THD meter itu?

THD atau distorsi harmonik total adalah salah satu pengukuran dari kualitas catu daya. THD menunjukkan banyaknya komponen harmonik yang terkandung dalam bentuk gelombang tegangan dan arus.

Sebagai peralatan yang digunakan dalam pengukuran kalibrasi harus dilakukan pada alat ini.  Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai kalibrasi THD meter, simak penjelasan berikut!

Tujuan Kalibrasi THD Meter

Seperti yang telah Anda ketahui dari penjelasan tersebut THD meter digunakan sebagai indikator penyimpangan bentuk gelombang yang disebabkannya sebagai hasil pengukurannya. Oleh karenanya sangat mungkin alat ini mengalami penurunan kualitas dan performa.

Oleh karena itulah tujuan kalibrasi THD meter dilakukan untuk memastikan perangkat alat ukur tersebut terjaga keakuratan dan layak digunakan dalam pengukuran sebagaimana standar yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi THD Meter

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam tujuan. Proses kalibrasi yang dilakukan tidak semata-mata untuk prosedur formal dalam memperoleh sertifikat kalibrasi, Namun memiliki manfaat besar bagi alat ukur.

Prosedur kalibrasi secara berkala dapat memberikan keamanan dan menjaga tingkat akurasi THD meter. Selain itu proses ini turut menjaga kualitas proses pengukuran dan hasil dari proses pengukuran tersebut

Cara Kalibrasi THD Meter

Seperti yang telah Anda ketahui bahwasannya sebuah prosedur memiliki beberapa cara-cara yang wajib dilakukan secara runtut dan mengutamakan ketelitian. Berikut cara kalibrasi THD meter antara lain :

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat yang akan dikalibrasi pastikan alat yang akan dikalibrasi dalam kondisi baik, tidak rusak dan tidak kotor. Karena pada intinya alat yang dikalibrasi bukan dilakukan pada alat yang rusak melainkan alat yang masih layak pakai 
  2. Persiapan pelaksana Kalibrasi
    Umumnya seorang pelaksana kalibrasi harus memenuhi persyaratan pelaksana kalibrasi, seperti memiliki latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi atau telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi yang ditunjukkan dengan sertifikat uji pelaksana kalibrasi. Dalam memilih seorang pelaksana kalibrasi harus memenuhi kriteria tersebut agar hasil prosedur kalibrasi tetap akurat.
  3. Pengecekan dan Kondisi Thd Meter
    Pada tahap pengecekan  sebelum dilakukan kalibrasi harus diketahui terlebih dahulu untuk nantinya dibandingkan dengan kondisi sesudah prosedur kalibrasi dilakukan. Hal ini agar diketahui perbedaan nilai hasil kalibrasi.
  4. Gunakan metode standar nasional/internasional
    Metode kalibrasi yang diterapkan untuk kalibrasi THD meter harus berdasarkan pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. Standar kalibrasi THD meter seperti IEC 61000-3-2, EN50160, dan IEEE 519 standar ini yang digunakan untuk menentukan batasan untuk kapasitas harmonik atau THD dari setiap pengukuran.
  5. Pelaksanaan kalibrasi THD Meter
    Dalam tahap pelaksanaan kalibrasi THD meter terdiri dari beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan agar hasil dari proses kalibrasi tidak terjadi kesalahan Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :
    – Melakukan pengamatan awal pada objek ukur apakah masih eleven dengan fungsinya.
    – Melakukan atur ulang alat yang akan dikalibrasi, pengaturan ini pun bisa disertai dengan membersihkan alat dari debu dan kotoran.
    – Pengamatan diawali dengan melihat kewajaran pada hasil ukur.
    – Catat dan ambil data hasil pengamatan secara objektif  bukan subjektif 
  6. Perhitungan kalibrasi
    Data hasil pengujian kemudian dihitung besarannya. Dalam perhitungan ini diperlukan ketelitian dan fokus agar hasil pengukuran tidak salah dan terjamin keakuratannya. Penghitungan ini meliputi nilai maksimum-minimum standar, nilai penyimpangan , nilai rata-rata, mengkonversi satuan serta menentukan persamaan dua variabel.
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan terakhir dari prosedur kalibrasi THD meter adalah membuat laporan terkait dengan data hasil kalibrasi. Pembuatan laporan harus berdasarkan dengan format pelaporan kalibrasi. Laporan kalibrasi yang telah disetujui akan disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi. 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Thd Meter

Umumnya parameter atau tolak ukur prosedur kalibrasi apabila hasil pengukuran THD meter menunjukan akurasi alat yang semakin baik, atau tidak ditemukan hasil penyimpangan yang besar maka kalibrasi THD meter dapat dikatakan berhasil. Kemudian untuk output dari hasil kalibrasi adalah sertifikat kalibrasi atau berupa dokumen kalibrasi.

Kesimpulan  

Demikianlah penjelasan mengenai kalibrasi THD meter bahwasannya sebagai  pengukuran THD meter yang penggunaannya sangat penting dalam pengukuran kualitas catu daya harus dilakukan kalibrasi secara berkala, agar kualitas keakuratan pengukuran dapat terjamin. 

Kalibrasi lah alat Anda pada jasa kalibrasi terpercaya dan telah terakreditasi. Untuk urusan jasa kalibrasi pilihlah terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi THD Meter