Manfaat dan Cara Kalibrasi AC Power Supply

kalibrasi AC power supply

Bagi Anda seorang pekerja kelistrikan atau pelaku dalam kegiatan industri pastinya sudah tidak asing lagi mengenai komponen AC Power Supply. Kebutuhan akan listrik yang amat besar bahkan telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan manusia. Mengharuskan supply power harus sama besarnya.

Sebelum itu apa AC Power Supply itu? AC Power Supply adalah perangkat yang bekerja untuk menyuplai aliran arus listrik ke komponen-komponen berupa tegangan bolak balik (AC). Seperti pengertiannya instrumen ini berfungsi untuk menyuplai daya dengan sumber aliran listrik yang kemudian akan diubah menjadi daya listrik

Pasti Anda bertanya-tanya mengapa AC Power Supply perlu dilakukan kalibrasi. Untuk lebih jelasnya mengenai AC Power Supply simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Tujuan Kalibrasi AC Power Supply

Seperti yang Anda tahu bahwa prosedur kalibrasi bertujuan untuk menjaga alat ukur agar tetap akurat. Namun bagaimana dengan tujuan kalibrasi AC Power Supply? 

Sebagaimana yang telah Anda tahu fungsi dari AC Power Supply diatas oleh karenanya untuk menjaga fungsi tersebut tetap stabil dibutuhkan prosedur kalibrasi.

Atau dapat dikatakan kalibrasi ini bertujuan untuk memastikan AC Power Supply  dapat berfungsi dengan baik dan hasil menyuplai daya dapat diandalkan keakuratannya.

Manfaat Kalibrasi AC Power Supply

Pada intinya kalibrasi AC Power Supply bermanfaat untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. Kalibrasi AC supply power dapat membantu menjaga kualitas instrumen dan kelayakannya hasil penyuplaian daya.

Cara Kalibrasi  AC Power Supply

Kalibrasi AC Power supply terdiri dari beberapa cara-cara yang wajib dilakukan secara sistematis dan mengutamakan ketelitian, agar menghindari kesalahan dalam prosedur kalibrasi. Berikut cara kalibrasi AC Power supply antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Mempersiapkan instrumen alat yang hendak dikalibrasi adakah langkah awal yang patut dipersiapkan. Kalibrasilah instrumen yang belum rusak, karena pada intinya kalibrasi digunakan untuk menguji keakuratan alat. 
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Persiapkanlah pelaksana kalibrasi yang memiliki kompetensi dan pengalaman dibidang kalibrasi. Salah satu persyaratan pelaksana kalibrasi adalah memiliki latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi 
  3. Pengecekan dan Kondisi AC Power Supply
    Pengecekan kondisi AC power supply dilakukan sebelum melakukan kalibrasi. Hal ini untuk membandingkan kondisi sebelum dan sesudah instrumen dikalibrasi.  Apabila diperoleh hasil yang lebih baik sesuai dengan spesifikasi dan standar AC power supply maka prosedur kalibrasi dapat dinyatakan berhasil yang diketahui dari perbedaan nilai hasil kalibrasi.
  4. Gunakan metode standar nasional atau internasional
    Metode kalibrasi AC power supply harus mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. Metode yang digunakan harus yang paling mudah dilakukan dan dipahami untuk meminimalisir kesalahan dalam pengambilan data.
  5. Pelaksanaan kalibrasi AC Power Supply
    Pada tahap pelaksana kalibrasi  AC Power Supply terdapat beberapa langkah-langkah yang harus diikuti sebagai berikut :
    – Melakukan pengamatan pada objek ukur sebagaimana fungsi alat tersebut
    – Atur ulang alat yang akan dikalibrasi, pastikan pula kebersihan alat dari debu dan kotoran.
    – Lakukan pengamatan pada kewajaran hasil ukur
    – Catat dan ambil data hasil pengamatan secara objektif
  6. Perhitungan kalibrasi
    Setelah diperoleh data pengujian langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan. Menghitung data hasil kalibrasi AC Power Supply harus dilakukan dengan teliti agar hasil perhitungan tidak menyimpang 
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan terakhir adalah membuat laporan yang ditulis berdasarkan format penulisan laporan kalibrasi. Jika laporan yang dibuat telah dipastikan sesuai selanjutnya laporan kalibrasi akan disahkan oleh penanggung jawab kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi AC Power Supply 

Parameter dan hasil kalibrasi AC Power Supply adalah output yang didapatkan setelah melakukan kalibrasi. Parameter kalibrasi AC Power Supply dapat dilihat dari hasil pengukuran yang menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan. Melalui sertifikat kalibrasi data hasil kalibrasi ataupun dokumen kalibrasi dapat dinyatakan kelayakannya.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi AC Power Supply. Sebagai instrumen yang digunakan untuk menyuplai daya. Kalibrasi AC Power Supply perlu dikalibrasi secara berkala untuk menjaga keakuratannya. Untuk urusan kalibrasi percayakan pada jasa kalibrasi yang telah terakreditasi hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi AC power supply