Perhatikan Langkah Penting Ini Saat Kalibrasi Phase Detector

Kalibrasi Phase detector

Kebutuhan akan listrik sudah tidak dapat dipungkiri lagi, semua lini bidang kehidupan membutuhkan listrik untuk keberlangsungan dan kelancaran hidup mereka.

Oleh karenanya pemantauan listrik setiap hari dilakukan agar dapat selalu digunakan. Namun tahukah Anda ada alat ukur yang digunakan mengukur dan mengontrol kelistrikan bernama phase detector.

Phase detector adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan arus, daya dan juga hambatan pada listrik. Berdasarkan fungsinya alat tersebut dapat mengukur besaran listrik dengan cukup akurat. Masih kurang jelas mengenai kalibrasi phase detector? Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Phase Detector

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dari pengertian phase detector, yang berkaitan dengan alat pengukuran tentunya membutuhkan sebuah prosedur kalibrasi.

Prosedur kalibrasi hase detector bertujuan untuk memastikan perangkat tersebut dapat berfungsi dengan baik dan hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi Phase Detector

Pada intinya prosedur kalibrasi diperlukan untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. Prosedur ini akan membantu phase detector menemukan kembali performa terbaiknya dalam melakukan pengukuran. 

Terlebih lagi dengan melakukan kalibrasi ini dapat membantu menjaga kualitas dan kelayakannya alat tersebut. Prosedur kalibrasi phase detector dapat memberikan jaminan dan konfirmasi atas hasil pembacaan phase detector. 

Cara Kalibrasi Phase Detector

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat Anda ketahui bahwa sebuah prosedur yang dijalankan terdiri dari beberapa cara-cara yang wajib dilakukan secara runtut dan mengutamakan ketelitian. Berikut cara kalibrasi phase detector antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Mempersiapkan alat kalibrasi adalah langkah pertama yang dilakukan sebelum pelaksanaan kalibrasi. Persiapkanlah alat yang hendak dikalibrasi pastikan alat tersebut dalam keadaan baik sebelum dilakukan kalibrasi. 
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Seorang pelaksana kalibrasi harus dapat dipercaya dan memiliki kompetensi dalam pengkalibrasian alat ukur. Setidaknya seorang pelaksana kalibrasi harus memiliki latar belakang pendidikan dibidang kalibrasi atau minimal telah menyelesaikan kursus kalibrasi dan memenuhi persyaratan fisik pelaksana kalibrasi. 
  3. Pengecekan dan kondisi phase detector
    Kondisi phase detector sebelum dilakukan kalibrasi harus diketahui terlebih dahulu untuk nantinya dibandingkan dengan kondisi sesudah prosedur kalibrasi dilakukan. Hal ini agar diketahui perbedaan nilai hasil kalibrasi.
  4. Gunakan metode standar nasional atau internasional
    Metode kalibrasi yang diterapkan untuk kalibrasi phase detector harus mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. Gunakan metode yang paling mudah dilakukan dan dipahami untuk meminimalisir kesalahan dalam pengambilan data. Untuk phase detector gunakanlah metode kalibrasi IK-KL-LS44, dengan rentang ukur 0º ~ 60º
  5. Pelaksanaan kalibrasi phase detector
    Pada tahap pelaksana kalibrasi phase detector terdiri dari beberapa langkah-langkah yang harus diikuti agar hasil dari proses kalibrasi tidak terjadi penyimpangan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :
    – Pelaksanaan diawali dengan pengamatan pada objek ukur sebagaimana fungsi alat tersebut
    – Atur ulang alat yang akan dikalibrasi, jangan lupa membersihkan alat dari debu dan kotoran yang menempel.
    – Mulailah pengamatan pada kewajaran hasil ukur.
    – Catat dan ambil data hasil pengamatan secara objektif  bukan subjektif 
  6. Perhitungan kalibrasi
    Setelah mendapatkan data hasil pengujian, lakukanlah perhitungan kalibrasi dengan mengedepankan ketelitian untuk hasil perhitungan yang sesuai. Caranya dengan penghitungan besaran nilai maksimum-minimum standar deviasi, nilai rata—rata, mengkonversi satuan, dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Setelah semua tahapan diatas selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah pembuatan laporan, Laporan ditulis berdasarkan format penulisan laporan kalibrasi. Setelah laporan selesai dibuat dan telah melewati pengecekan selanjutnya laporan kalibrasi akan disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Phase detector

Parameter dan hasil kalibrasi phase detector merupakan output yang didapatkan setelah melakukan kalibrasi. Tolak ukur keberhasilan kalibrasi phase detector yaitu hasil pengukuran yang menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan. Hasil kalibrasi dapat diketahui melalui sertifikat hasil kalibrasi ataupun dokumen kalibrasi.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi phase detector, bahwasannya phase detector digunakan untuk mengukur besaran listrik dengan cukup akurat.

Oleh karenanya menjaga keakuratannya kalibrasi phase detector adalah hal yang penting, untuk menghindari hal-hal yang merugikan. Untuk urusan jasa kalibrasi pilihlah jasa kalibrasi yang terakreditasi dan terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi phase detector