Apa Saja Proses Kalibrasi Temperature Enclosure? Simak Disini!

kalibrasi Temperature Enclosure

Banyak sekali macam dan juga jenis instrument alat ukur maupun alat uji saat ini dan salah satunya ialah temperature enclosure. Temperature enclosure merupakan instrument alat ukur yang paling sering digunakan di laboratorium pengujian. Namun dalam kehidupan sehari-hari juga banyak peralatan yang memang memiliki temperature enclosure diantaranya oven, furnace, water bath, inkubator hingga refrigerator. 

Penggunaan temperature enclosure yang terus menerus jelas nantinya juga dapat mempengaruhi fungsi dan juga hasil pengukurannya. Untuk itulah diperlukan adanya kalibrasi pada temperature enclosure. Kalibrasi temperature enclosure sendiri tentunya memiliki tujuan untuk menjaga fungsi dan juga akurasi dalam hasil pengukuran. Tentunya nantinya dengan dilakukan kalibrasi pada temperature enclosure, akan meningkatkan kinerja dari instrument ini sendiri. 

Tujuan Kalibrasi Temperature Enclosure

Melakukan kalibrasi temperature enclosure secara tepat dengan benar jelas merupakan pilihan yang bijak dan memang sebaiknya dilakukan. Dengan dilakukannya kalibrasi pada temperature enclosure tentunya akan tetap membuat kinerja instrument ukur ini tetap pada spesifikasinya dan juga kualitas hasil ukur selalu akurat. 

Selain tujuan dilakukannya kalibrasi temperature enclosure untuk tetap menjaga fungsinya agar tetap sesuai spesifikasi, banyak juga manfaat yang akan didapat. Proses kalibrasi yang dilakukan dengan baik dan benar jelas akan memberikan manfaat yang juga banyak.

Manfaat Kalibrasi Temperature Enclosure

Manfaat dari proses kalibrasi temperature enclosure yang dilakukan dengan baik dan benar mutlak adanya. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dari proses kalibrasi temperature enclosure :

  • Memberikan jaminan dan konfirmasi terhadap hasil ukur
  • Menjaga kualitas hasil ukur
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan pengukuran
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan penggunaan temperature enclosure

Cara Kalibrasi Temperature Enclosure

Cara yang tepat dan benar untuk proses kalibrasi tentunya perlu dilakukan guna memperoleh hasil pengukuran yang maksimal. Berikut ini beberapa cara kalibrasi temperature enclosure yang baik dan benar :

  • Mempersiapkan alat kalibrasi
    Lakukan persiapan alat yang akan digunakan untuk proses kalibrasi. Jangan lupa siapkan temperature enclosure yang akan dilakukan kalibrasi.
  • Persiapkan teknisi kalibrasi
    Pilih atau tunjuk teknisi yang memang ahli dalam melakukan proses kalibrasi temperature enclosure. Bisa juga menggunakan jasa kalibrasi dari penyedia kalibrasi terpercaya seperti kalibrasi.com.
  • Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Kondisikan suhu dan juga kelembaban lingkungan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi temperature enclosure.
  • Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakan metode kalibrasi temperature enclosure yang memang sesuai standar nasional maupun internasional. Untuk kalibrasi temperature enclosure menggunakan metode kalibrasi TO-TH-2.01, TLAS G-20-1/02-08, AS 2853-1986 dengan rentang ukur 30°C ~ 230°C, ambient ~ 100°C, 100°C ~ 250°C, 0°C ~ 70°C, 100°C ~ 240°C.
  • Pelaksanaan kalibrasi Temperature Enclosure
    Sebelum berjalannya proses kalibrasi, selalu lakukan pengamatan dan pencatatan mengenai fungsi serta bentuk awal temperature enclosure. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan penyetelan ulang di titik nol atau awal.
  • Pengamatan dan perhitungan
    Untuk melakukan perhitungan hasil kalibrasi temperature enclosure bisa dilakukan dengan menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, mengkonversi satuan dan menentukan persamaan regresi.
  • Pembuatan laporan
    Proses pembuatan laporan dapat dilakukan dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Setelah itu hasil laporan juga wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi
Parameter dan Hasil Kalibrasi Temperature Enclosure

Setelah dilakukannya kalibrasi pada temperature enclosure dengan cara yang baik dan benar maka akan didapat beberapa hasil dengan parameter sebagai berikut :

  • Nilai objek yang diukur
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi
  • Besarnya nilai penyimpangan
  • Besarnya angka ketidakpastian pengukuran

Kesimpulan 

Kalibrasi temperature enclosure yang dilakukan dengan baik dan benar tentunya akan menghasilkan hasil yang juga maksimal. Lakukanlah kalibrasi temperature enclosure minimal 1 hingga 2 tahun sekali.

Bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi terpercaya Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi.com. Kalibrasi.com ini sendiri merupakan penyedia jasa kalibrasi yang sudah mendukung mutu ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Temperature Enclosure