Langkah-langkah Kalibrasi Sound Meter yang Penting Anda Ketahui!

kalibrasi Sound meter

Apakah Anda pernah mendengar sound meter? Mungkin memang alat ini Anda tidak semuanya tahu, tapi jika Anda ingin yang lebih gampang, biasanya sound meter ini juga biasa disebut dengan decibel meter.

Sound meter atau decibel meter ini adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai kebisingan atau tingkat suara dengan mengukur tekanan suara. Sering disebut sebagai pengukur tingkat tekanan suara (SPL), pengukur desibel (dB), pengukur kebisingan atau dosimeter kebisingan, pengukur tingkat suara menggunakan mikrofon untuk menangkap suara. Suara kemudian dievaluasi dalam perangkat dan nilai pengukuran akustik ditampilkan.

Sound meter ini biasa digunakan untuk mengecek kebisingan sebuah mesin dan juga knalpot. Apakah alat ukur ini juga perlu di kalibrasi? Jawabannya adalah iya!

Tujuan Kalibrasi Sound Meter

Satuan pengukuran yang paling umum untuk suara adalah desibel (dB); namun, beberapa perangkat pengukur tingkat suara juga menentukan tingkat suara berkelanjutan yang setara (Leq) dan parameter akustik lainnya.

Dengan pengukur desibel portable, profesional kebersihan industri dan keselamatan tempat kerja dapat mengukur tingkat kebisingan di beberapa lokasi untuk memastikan kondisi lingkungan berada dalam batas paparan yang direkomendasikan (REL). 

Beberapa perangkat pengukur tingkat suara dapat dipasang secara permanen untuk memantau tingkat suara secara terus-menerus di tempat kerja atau lokasi kerja.

Tujuan dari dilakukan kalibrasi sound meter adalah karena penggunaan yang terus menerus ini akan mengakibatkan deviasi. Untuk menghindarinya, maka dilakukan kalibrasi sound meter.

Manfaat Kalibrasi Sound Meter

Sebagai alat yang sangat penting untuk bisa mengukur tingkat kebisingan, manfaat dari sound meter ini tentu saja sangat inti di berbagai bidang perindustrian, kontruksi, dan juga lalu lintas. 

Karena dilakukan kalibrasi secara terus menerus, maka yang menjadi benefit adalah Anda bisa mendapatkan sound meter yang selalu bisa digunakan untuk secara akurat. Akurasi adalah yang paling penting dan mendasari adanya kalibrasi sound meter.

Cara Kalibrasi Sound Meter

Untuk Anda bisa mendapatkan sound meter yang berfungsi dengan baik, Anda harus melakukan kalibrasi. Kalibrasi sound meter ini ternyata tidak semudah itu. Anda perlu menyiapkan worksheet yang sesuai dengan prosedur.

Untuk langkah-langkah kalibrasi sound meter adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Langkah pertama yang pasti adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Jika Anda sudah menyediakan alat-alat untuk kalibrasi, selanjutnya adalah menyediakan operator kalibrasi. Operator kalibrasi adalah orang yang bersertifikat untuk bisa melakukan kalibrasi
  3. Pemeriksaan kondisi Sound Meter
    Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kondisi sound meter tersebih dahulu apakah ada kerusakan atau hal yang mengotori sound meter tersebut.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur Sound meter
    Selanjutnya adalah untuk melakukan kalibrasi. Cara untuk kalibrasi sound meter ini bisa dibagi menjadi dua. Cara pertama adalah dengan secara internal dengan sinyal-sinyal listrik. Dan untuk cara yang kedua adalah secara akustik dengan kalibrator suara atau pistonphon.
  5. Pelaksanaan Sound meter dengan benar
    Selanjutnya tentu saja adalah pelaksanaan kalibrasi sound meter tersebut. tentukan mana cara yang menurutnya efektif dan paling sesuai dengan sound meter yang ada.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Setelah itu, perhitungan kalibrasi bisa dilakukan untuk menentukan apakah ada penyimpangan hasil atau tidak. Jika ada maka akan dicatat dan dibenarkan.
  7. Pembuatan laporan
    Dan yang terakhir adalah membuat laporan. Laporan ini adalah sertifikat kalibrasi sound meter.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Sound Meter

Parameter dari sound meter yang sudah benar adalah menurut jenis atau kelas pengukur desibel menentukan keakuratan perangkat sesuai pedoman SNI atau International Electrotechnical Commission (IEC). Biasanya, jenis adalah grade menurut standar yang berlaku secara nasional, sedangkan kelas adalah grade menurut standar IEC 61672. 

Hasil dari sound meter ini tergantung kelasnya. Jadi untuk parameternya dan juga hasilnya memang tidak bisa sama untuk setiap sound meter.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang langkah-langkah kalibrasi sound meter yang penting untuk Anda ketahui jika Anda memiliki sound meter. Jika Anda memiliki sound meter dan ingin melakukan kalibrasi, Anda bisa mempercayakan pada jasa kalibrasi sound meter yang akurat dan terakreditasi seperti Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Sound meter