Persiapan dan Proses Pelaksanaan Kalibrasi Sound Level

kalibrasi sound level

Dalam sebuah konstruksi entah itu pembangunan jalan, atau pembangunan apapun itu, biasanya kita pasti tahu jika di tengah perkotaan suaranya tidak terlalu berisik.

Bandingkan saja dengan pengerjaan rumah yang ada di sebelah rumah Anda, walaupun di renovasi sedikit, suaranya bisa sampai terdengar di kampung sebelah. Ini karena mereka yang melakukan pengerjaan proyek di tengah kota menggunakan sound level.

Sound level adalah instrumen (umumnya dipegang dengan tangan) yang dirancang untuk mengukur tingkat suara dengan cara standar. Ini merespons suara dengan cara yang kira-kira sama seperti telinga manusia dan memberikan pengukuran tingkat tekanan suara yang objektif dan dapat direproduksi. Jadi, dengan adanya alat ini, kebisingan bisa diketahui dan ini sesuai dengan standar yang berlaku.

Sound level ini terkadang jika digunakan secara terus menerus, biasa terjadi adanya penyimpangan hasil. Maka dari itu, perlu dilakukan kalibrasi. Bagaimana caranya? Dan persiapan apa yang dilakukan dalam pengkalibrasian alat ukur ini?

Tujuan Kalibrasi Sound Level

Sound level atau pengukur tingkat suara digunakan untuk mengukur dan mengelola kebisingan dari berbagai sumber, termasuk pabrik industri, lalu lintas jalan raya dan kereta api, serta pekerjaan konstruksi.

Dengan penambahan situasi perkotaan yang khas, seperti konser, taman rekreasi, dan tetangga perumahan dan komersial, banyaknya sumber suara dan karakteristik yang berbeda, menimbulkan berbagai tantangan bagi para profesional yang menilainya.

Pengukur tingkat suara terdiri dari mikrofon, preamplifier, pemrosesan sinyal, dan tampilan. Mikrofon mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik yang setara. Pemrosesan sinyal inilah yang terkadang menjadi masalah. Bagaimana caranya? Ya tentu saja adalah dengan dilakukan kalibrasi untuk memperbaikinya.

Manfaat Kalibrasi Sound Level

Jika sudah dilakukan kalibrasi, maka penghitungan yang pasti dan juga sesuai dengan standar yang berlaku akan mudah. Pasalnya, jika tingkat kebisingan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diukur dengan sound level, ini bisa berakibat fatal. Akibatnya bisa ditegur oleh pihak yang terkait karena pengerjaan proyek bisa terlalu berisik.

Jika tidak ingin menjadi masalah kedepannya lagi yang terkait dengan analisis suara yang error, maka menggunakan jasa kalibrasi sound level adalah jalan keluar yang terbaik untuk mendapatkan sound level yang berkualitas.

Cara Kalibrasi Sound Level

Sangat mudah memang berbicara tentang kalibrasi sound level bisa menghilangkan segala permasalahan yang timbul akibat sound level yang mengalami deviasi atau ketidakakuratan pengukuran intensitas suara.

Akan tetapi, ternyata proses dari kalibrasi ini memakan banyak waktu dan dilakukan dengan standar yang berlaku. Cara untuk kalibrasi sound level adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Langkah pertama adalah persiapan kalibrasi sound level. Persiapan ini tentu saja adalah mempersiapkan sound levelnya dan juga peralatan yang digunakan untuk pengkalibrasian alat ini.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Selanjutnya harus ada pelaksana kalibrasi yang sudah memiliki sertifikat untuk melakukan kalibrasi.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi sound level
    Jika sudah, pelaksana nanti akan melakukan pengecekan situasi dan kondisi pada sound level. Pengecekan ini meliputi tentang apakah masih bisa bekerja dengan baik sound level ini. Seberapa parah kerusakan atau penyimpangan hasilnya.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur sound level
    Selanjutnya adalah menentukan metode yang harus digunakan untuk kalibrasi sound level. Metode ini juga akan mengikuti juga rentang ukur dari sound level ini untuk pendataan.
  5. Pelaksanaan sound level dengan benar
    Jika sudah ada metode dan juga alat ukur, selanjutnya adalah melakukan pelaksanaan kalibrasi sound level dengan benar.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Perhitungan kalibrasi harus dicatat untuk setiap rentang ukur yang sudah ditentukan tersebut dengan menggunakan metode yang sudah ditentukan juga.
  7. Pembuatan laporan
    Jika sudah, hasilnya adalah berupa laporan dan juga evaluasi atau perbaikan untuk membuat sound level ini bekerja sesuai dengan standar.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Sound Level

Hasil dari proses kalibrasi sound level ini adalah dengan menentukan pada pemrosesan sinyalnya.

Jadi, pemrosesan sinyal mencakup penerapan bobot frekuensi dan waktu pada sinyal sebagaimana ditentukan oleh standar internasional seperti IEC 61672 – 1, yang sesuai dengan pengukur tingkat suara.

Kesimpulan

Bagaimana? Anda sudah paham tentang persiapan dan juga pemrosesan pelaksanaan kalibrasi sound level? Jika Anda penasaran dengan sound level Anda apakah perlu di kalibrasi atau tidak, sebaiknya segera periksakan ke pihak yang sudah ahlinya yaitu Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi sound level