Pentingnya Kalibrasi Flow Meter Liquid, Begini Caranya!

Kalibrasi flow meter liquid

Flow meter liquid merupakan jenis alat ukur yang memiliki fungsi untuk mengetahui besarnya aliran pada zat fluida baik cair maupun gas. Dalam jenisnya flow meter ini memiliki banyak sekali model dan jenis yang mana setiap jenis memiliki kegunaan dan tujuannya masing-masing.

Untuk flow meter liquid ini memang memiliki fungsi yang cukup penting dalam melakukan pengukuran zat fluida khususnya cairan. Maka dari itu dibutuhkanlah kalibrasi flow meter liquid yang penting. Seberapa pentingnya kalibrasi? Dan bagaimana cara mengkalibrasi flow meter liquid? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Flow Meter Liquid

Kalibrasi flow meter liquid merupakan sebuah tindakan yang bertujuan untuk menjaga dan memastikan kualitas dari hasil pengukuran flow meter. Ketika dilakukan pembacaan diketahui flow meter ini sudah benar atau tidak.

Manfaat Kalibrasi Flow Meter Liquid

Dalam melakukan Kalibrasi flow meter liquid maka akan memberikan informasi performa sesuai proses yang berhubungan dengan aliran fluida. Yang mana pemakaian flow meter ini akan secara terus menerus menyebabkan penyimpangan pada hasil pengukuran.

Selain itu mengkalibrasi flow meter juga dapat ikut serta dalam penerapan hasil pengukuran yang sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Cara Kalibrasi Flow Meter Liquid

Dalam melakukan Kalibrasi flow meter liquid tentu ada tata cara dan prosedur yang jelas, adapun berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan Kalibrasi flow meter liquid yang benar.

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Sebelum melakukan kalibrasi, maka hal yang pertama harus dilakukan adalah melakukan persiapan alat kalibrasi yang akan digunakan, serta flow meter liquid yang akan dikalibrasi sesuai dengan pedoman.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Setidaknya ada satu orang yang mampu melakukan dan memiliki ilmu pengetahuan terhadap kalibrasi alat ukur flow meter  liquid ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi flow meter liquid
    Flow meter liquid adalah alat ukur yang sensitif sekali terhadap cairan yang mana hasil pengukuran kalibrasi bisa saja terganggu akibat kelembaban dan juga suhu disekitar. Maka dari itu hendaknya dilakukan pengecekan kondisi lingkungan sekitar.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur flow meter liquid
    Untuk melakukan Kalibrasi flow meter liquid tentu diperlukan metode kalibrasi yang tepat serta rentang waktu yang sesuai dengan standar internasional. Hendaknya memilih metode kalibrasi yang lebih mudah agar dapat mempersingkat waktu dan juga meminimalisir kesalahan dalam pengukuran.
  5. Pengaktualan flow meter liquid dengan benar
    Dalam melakukan proses kalibrasi bisa dimulai dari melakukan pengamatan awal pada flow meter liquid dari bentuk fisik dan fungsinya yang masih normal, jika normal maka dilakukan pengujian hasil pengukuran apakah masih menunjukan nilai yang wajar dan melakukan pembersihan alat. Yang terakhir adalah melakukan pencatatan dan mengambil data dari hasil pengukuran yang sudah ditentukan formatnya.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi bisa dilakukan sesuai dengan standar dalam menemukan nilai maksimum minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan, serta dan menghitung persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Dari semua proses kalibrasi sebelumnya, maka langkah kalibrasi yang terakhir adalah menentukan ketidakpastian pada kalibrasi dan pelaporan. Pelaporan juga harus berisikan informasi yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter Dan Hasil Kalibrasi Flow Meter Liquid

Adapun parameter yang didapat dari hasil kalibrasi flow meter liquid seperti :

  • Nilai objek ukur.
  • Besarnya nilai penyimpangan.
  • Angka ketidakpastian pengukuran
  • Sifat metrologi lain seperti faktor kalibrasi, dan kurva kalibrasi.
  • Hasil kalibrasi ini disertai dengan pernyataan sesuai dengan nilai ketertelusuran dan meningkatkan tingkat kepercayaan dalam melakukan evaluasi.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang bagaimana cara melakukan kalibrasi flow meter liquid. Bagi Anda yang tidak ingin repot dan takut salah dalam melakukan kalibrasi flow meter, bisa langsung hubungi Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi flow meter liquid