Pahami Cara Kalibrasi Kalibrasi Ruler Atau Mistar Ukur Berikut Ini

Kalibrasi ruler atau mistar ukur

Sebelum membahas tentang Kalibrasi ruler atau mistar ukur hendaknya mari kita jelaskan dulu apa itu mistar ukur atau ruler. Mistar ukur ini sebenarnya jenis alat ukur yang paling sederhana dari alat ukur lainnya. Mistar ini biasanya dibuat dari bahan plat baja atau kuningan yang mana kedua sisinya memiliki skala yang metrik dan inchi.

Dalam prakteknya mistar ini paling sering digunakan oleh orang pada umumnya untuk aktivitas pengukuran benda. Mistar ini juga memiliki beberapa jenis yang berbeda sesuai dengan fungsinya loh misalnya ada mistar lipat, mistar gulung, hingga mistar laser yang paling canggih saat ini. Tahukah Anda bahwa setiap jenis mistar ini bisa saja mengalami kesalahan dalam pengukuran. Dimana kesalahan ini bisa mengakibatkan dampak yang fatal dalam praktek di dunia nyata. 

Nah maka dari itu dibutuhkanlah Kalibrasi ruler atau mistar ukur untuk memastikan bahwa mistar sudah sesuai dengan standar pengukuran yang berlaku. Nah bagaimana cara Kalibrasi ruler atau mistar ukur? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Ruler Atau Mistar Ukur

Tujuan dalam Kalibrasi ruler atau mistar ukur adalah :

  • Memastikan ketertelusuran pengukuran yang sudah sesuai dengan standar yang lebih tinggi.
  • Menemukan nilai penyimpangan atau kebenaran pada mistar ukur.
  • Untuk menjamin agar hasil pengukuran sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Ruler Atau Mistar Ukur

Adapun manfaat Kalibrasi ruler atau mistar ukur diantaranya:

  • Menjaga agar ruler dalam keadaan normal serta sesuai dengan spesifikasinya.
  • Menjaga hasil dari produksi yang menggunakan hasil pengukuran ruler atau mistar ukur.
  • Untuk mengetahui adanya penyimpangan antara nilai yang ditunjukan ruler dengan nilai yang ditunjukan dengan standar internasional.

Cara Kalibrasi Ruler Atau Mistar Ukur

Adapun cara Kalibrasi ruler atau mistar ukur terdiri dari beberapa prosedur yang harus dilakukan mulai dari persiapan alat hingga pembuatan laporan, berikut penjelasannya.

  1. Persiapan Alat
    Prosedur Kalibrasi ruler atau mistar ukur awal adalah mempersiapkan peralatan yang harus digunakan untuk kalibrasi, serta mempersiapkan ruler atau mistar ukur yang akan dikalibrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi
    Untuk melakukan proses kalibrasi, dibutuhkan orang yang ahli dalam melaksanakan kalibrasi tersebut dan pastikan ia sudah tersertifikasi dan berkompeten dalam melakukan kalibrasi.
  3. Pengecekan kondisi ruler atau mistar ukur
    Kondisi lingkungan seringkali menjadi penyebab kesalahan kalibrasi. Namun begitu tidak ada salahnya melakukan kalibrasi di tempat yang lebih pas sebelum melakukan kalibrasi walaupun hanya mengkalibrasi mistar ukur yang notabene tidak terlalu sensitif terhadap lingkungan sekitar.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur ruler atau mistar ukur
    Kalibrasi mistar ukur bisa dilakukan dengan beberapa metode, salah satunya : Metode Kalibrasi : JIS B 7516:2005 dengan Rentang Ukur: 0mm ~ 1000mm
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Kemudian dilaksanakanlah proses kalibrasi yang dimulai dari pengamatan awal apakah mistar ini berfungsi dengan normal atau tidak.  Kemudahan hasil ini akan dijadikan patokan untuk melakukan perhitungan.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi mistar ukur tadi akan menghasilkan beberapa nilai diantaranya nilai nilai rata-rata, standar deviasi, perhitungan hasil kalibrasi ini akan dijadikan acuan untuk mengisi laporan akhir.
  7. Pembuatan laporan
    Jika perhitungan nilai sudah ditentukan maka prosedur yang terakhir adalah pembuatan laporan kalibrasi yang berisikan sesuai dengan standar ISO tentang informasi seperti peralatan yang dikalibrasi, standar yang digunakan, hasil pengukuran, dan apa tindak lanjut yang akan dilakukan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter Dan Hasil Kalibrasi Ruler Atau Mistar Ukur

Parameter dan hasil pada Kalibrasi ruler atau mistar ukur ini berupa beberapa hal mulai dari hasil informasi kalibrasi yang akan dijadikan informasi lanjutan seperti nilai penyimpangan, standar metode yang digunakan, hingga sertifikasi kelayakan dari mistar ukur yang dilakukan kalibrasi.

Kesimpulan 

Demikian bahasan kita tentang bagaimana cara Kalibrasi ruler atau mistar ukur yang mana harus dilakukan ditempat memadai serta orang yang ahli dibidangnya. Maka bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi ini bisa langsung menggunakan jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi ruler atau mistar ukur