Pentingnya Kalibrasi Theodolit, Wajib Anda Ketahui!

kalibrasi theodolit

Theodolit merupakan salah satu jenis alat ukur tanah yang difungsikan untuk menentukan ketinggian tanah dengan sudut mendatar dan tegak. Mungkin perannya ini mirip seperti waterpass yang sama-sama mengukur sudut kemiringan tanah. Namun theodolite ini dapat dibaca hingga ke sudut vertikal dan hingga satuan sekon atau detik.

Melihat fungsinya yang cukup canggih sebagai alat survey saat ini. Theodolite ini memiliki beberapa bagian yang penting seperti bagian teleskop yang dapat memutar mengelilingi sumbu vertikal sehingga sudut horisontal yang akan membaca berapa sudut kemiringanya.

Dalam kegunaannya ini theodolite juga bisa mengalami yang namanya kesalahan dalam pengukuran yang mana harus dikalibrasi sesuai dengan waktunya. Naha maka dari itu mari kita simak penjelasan tentang Kalibrasi Theodolit berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Theodolit

Dalam prakteknya tujuan Kalibrasi Theodolit ini memang penting dilakukan untuk alat survey. Adapun beberapa tujuan kalibrasi diantaranya:

  • Mencapai pengukuran ketertelusuran yang sesuai dengan standar yang lebih tinggi.
  • Menemukan nilai deviasi atau penyimpangan kebenaran pada theodolite.
  • Untuk menjamin agar hasil pengukuran sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Theodolit

Adapun manfaat Kalibrasi Theodolit diantaranya:

  1. Untuk menjaga agar theodolite tetap dalam keadaan normal dan sesuai dengan spesifikasinya.
  2. Untuk menjaga kualitas produksi atau pengukuran yang dihasilkan dari perusahaan.
  3. Dapat mengetahui adanya penyimpangan antara nilai yang ditunjukan oleh theodolite dengan nilai yang sudah sesuai dengan standar internasional

Cara Kalibrasi Theodolit

Untuk melakukan kalibrasi theodolit diperlukan beberapa prosedur yang harus diikuti mulai dari persiapan alat hingga kalibrasi jarak yang akan diperjelas dibawah ini.

  1. Persiapan Alat
    Prosedur kalibrasi theodolit yang pertama adalah mempersiapkan alat yang dibutuhkan untuk kalibrasi diantaranya theodolit yang akan dikalibrasi, hingga peralatan yang digunakan untuk kalibrasi.
  2. Kalibrasi Sentering optic
    Dalam melakukan sentering optic langkah awal yang harus dilakukan adalah letakan instrumen yang diatas tripod lalu hubungkan dengan cara memutar baut instrumen yang dilubang dratnya yang mana ada pada plat dasar theodolite. Kemudian lihat apakah tanda silang sudah ada pada titik optik, jika belum tepat maka bisa digeser atau diputar yang dipastikan tanda silang tepat pada titik sentering optic.
  3. Kalibrasi Nivo
    Letakan theodolite pada kolimator dengan memerhatikan gelembung pada kotak. Kemudian putar sekrup setting hingga gelembung pada bagian titik tengah. Lalu putas instrumen hingga 90 derajat apabila gelembung nivo tidak pada posisi tengah.
  4. Kalibrasi bacaan sudut Horizontal
    Instrumen yang dibidikan teropong di posisi biasa searah dengan benang horizontal kolimator, kemudian tekan tombol 0 agar pembacaan horizontal menjadi 0 yang mana hasil dari penembakan pengukuran yang lebih akurat.
  5. Kalibrasi Jarak
    Dalm mengatur pengukuran jarak menggunakan gelombang elektromagnetik yang dipancar dair alat yang ditanggap dengan prisma. Yang mana prisma ini dipasangkan secara tegak pada sat penembakan dapat dengan lurus ke titik prisma.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Theodolit

Untuk hasil dari kalibrasi theodolit akan mendapatkan sebuah sertifikat kalibrasi yang menjadi laporan hasil nilai penyimpangan, nilai koreksi, dan nilai lain yang dijadikan patokan bahwa alat theodolite ini masih layak atau tidak. 

Kesimpulan 

Dari bahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kalibrasi theodolit adalah sebuah proses yang sangat rumit dan memerlukan bantuan orang yang ahli di bidang kalibrasi. Untuk Anda yang tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi di Kalibrasi.com 

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi theodolit