Cek Dulu Hal Ini Ketika Melakukan Kalibrasi Total Station

kalibrasi Total Station

Dalam perencanaan pembangunan dibutuhkan ketepatan konstruksi dengan memperhitungkan segala aspeknya. Salah satunya pada pengukuran jarak dan sudut sebuah bangunan oleh karenanya terciptalah total station. Apa yang dimaksud dengan total station?

Jika berbicara dengan perencanaan konstruksi pasti tidak asing lagi dengan total station yaitu sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pemetaan secara modern dan perencanaan konstruksi bangunan. Total station berfungsi untuk mengukur jarak dan sudut (vertical dan horizontal) secara otomatis.

Sebagai peralatan yang digunakan dalam pengukuran, tentunya membutuhkan kalibrasi untuk membuktikan keakuratannya.  Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai kalibrasi Total Station, simak penjelasan berikut!

Tujuan Kalibrasi Total Station

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa Total Station berfungsi untuk mengukur jarak dan sudut. Sebagai sebuah alat ukur tentunya instrumen alat ini sangat mungkin mengalami penyimpangan atas hasil pengukuran.

Oleh karenanya kalibrasi Total Station bertujuan untuk memastikan perangkat alat ukur tersebut terjaga keakuratan dan layak digunakan dalam pengukuran sebagaimana standar yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Total Station

Seperti yang Anda tahu, total station sebagai salah satu peralatan yang digunakan untuk mengukur pastinya perlu dilakukan kalibrasi sebelum digunakan atau setelah pemakaian dalam rentang cukup lama. Kalibrasi bukan hanya semata-mata untuk prosedur formal saja, namun memiliki manfaat besar bagi alat ukur tersebut.

Prosedur kalibrasi mempunyai beragam manfaat, seperti dapat memberikan keamanan dan menjaga tingkat akurasi Total Station. Sehingga menjaga kualitas proses pengukuran dan hasil dari proses pengukuran tersebut. Berkaitan dengan kualitas pengukuran yang baik tentunya memberikan jaminan dan konfirmasi terhadap hasil pembacaan pengukuran yang akurat.

Cara Kalibrasi Total Station

Sebagai sebuah tindakan yang dilakukan untuk memberikan kepastian pengukuran maka terdapat cara-cara yang harus diperhatikan setiap penyelenggara kalibrasi. Berikut cara kalibrasi Total Station yang harus Anda ketahui :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Hal yang pertama dan utama  dilakukan salah satunya adalah mempersiapkan instrumen alat yang akan dikalibrasi. Tidak ada instrumen alat, tentunya tidak ada yg bisa dikalibrasi. Sebelum dikalibrasi pastikan alat dalam kondisi baik, tidak kotor, dan tidak rusak, pastikan alat  masih layak pakai.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi yang terlatih
    Persiapkanlah pelaksana kalibrasi yang telah memenuhi persyaratan seperti memiliki latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi atau telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi yang ditunjukkan dengan sertifikat uji pelaksana kalibrasi. Hal ini dilakukan agar hasil prosedur kalibrasi berjalan dengan baik dan hasil pengujian dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Kondisikan lingkungan tempat penyelenggaraan kalibrasi yang mendukung  prosedur kalibrasi. Dalam beberapa kasus kesalahan kalibrasi dapat disebabkan oleh faktor lingkungan karena alat mengalami pemuaian akibat suhu ruangan yang tidak cocok. Oleh karenanya untuk menghindari hal yang demikian, pengecekan pada lingkungan kalibrasi penting dilakukan.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Metode kalibrasi yang diterapkan untuk kalibrasi Total Station harus berdasarkan pada metode standar nasional atau internasional kalibrasi. Berikut metode dan rentang ukur yang digunakan dalam kalibrasi total station:
    – Total Station – Koordinat (Jarak Horizontal X-Y) : Metode kalibrasi : ISO 17123-5:2015 dengan Rentang ukur : 72m
    – Total Station – Sudut Horizontal : Metode kalibrasi : ISO 17123-5:2015 dengan Rentang ukur : 0° ~ 350°
    – Total Station – Sudut Vertical : Metode kalibrasi : ISO 17123-5:2015 denganRentang ukur : -30° ~ 30°
    – Total Station – Beda Ketinggian Z : Metode kalibrasi : ISO 17123-5:2015 dengan Rentang ukur : 150mm
    – Total Station – Panjang Jarak Horizontal : Metode kalibrasi : ISO 17123-5:2015  dengan Rentang ukur : 0m ~ 25m, 25m ~ 50m, 50m ~ 75m, 75m ~ 100m.
    – Total Station – Level neveau : Metode kalibrasi : ISO 17123-5:2015 dengan Rentang ukur : 0mm/m ~ 12mm/m
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Dalam tahap pelaksanaan kalibrasi Total Station terdiri dari beberapa langkah-langkah sebagai berikut :
    – Melakukan pengamatan awal pada objek ukur apakah masih relevan dengan fungsinya.
    – Mengatur ulang alat yang akan dikalibrasi.
    – Pengamatan diawali dengan melihat kewajaran pada hasil ukur.
    – Catat dan ambil data hasil pengamatan secara objektif  bukan subjektif 
  6. Pengamatan dan perhitungan kalibrasi
    Setelah data dari kedua pengujian baik sebelum dan sesudah instrumen alat diatur ulang yang telah dilakukan, selanjutnya lakukanlah pengamatan pada kedua data hasil pengujian tersebut. Terakhir hitung nilai besarannya agar dapat diketahui  keakuratannya. Penghitungan ini meliputi nilai maksimum-minimum standar, nilai penyimpangan , nilai rata-rata, mengkonversi satuan serta menentukan persamaan dua variabel.
  7. Pembuatan laporan
    Terakhir dari adalah membuat laporan dari data hasil kalibrasi. Pembuatan laporan kalibrasi total station harus berdasarkan dengan format pelaporan kalibrasi. Laporan kalibrasi yang telah disetujui akan disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi. 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Total Station

Jika hasil pengukuran Total Station menunjukan akurasi alat yang semakin baik dan tidak ditemukan lagi penyimpangan atau hasil yang tidak dapat ditoleransi itu menunjukkan parameter yang baik dari alat tersebut. Hasil kalibrasi yang telah dinyatakan kelayakan pengukurannya dibuktikan dengan adanya sertifikat kalibrasi.

Kesimpulan  

Demikianlah penjelasan mengenai kalibrasi Total Station yang berfungsi mengukur jarak dan sudut dalam sebuah konstruksi bangunan. Sebagai sebuah alat ukur total station membutuhkan kalibrasi secara berkala, agar kualitas keakuratan pengukuran dapat terjamin. Anda dapat menggunakan jasa kalibrasi yang terpercaya dan telah terakreditasi hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Total Station