Kalibrasi LCR Meter : Manfaat dan Langkah Kalibrasinya

kalibrasi LCR Meter

Pernahkah Anda pernah mendengar tentang LCR meter? LCR meter adalah alat ukur yang mengukur properti fisik yang dikenal sebagai impedansi yang menunjukkan resistensi terhadap aliran arus AC. 

LCR meter ini berguna sekali untuk menghitung arus listrik yang mengalir ke target pengukuran dan yang tegangan melintasi terminal target. Karena impedansi dinyatakan sebagai vektor pada bidang yang kompleks, LCR meter tidak hanya mengukur rasio nilai RMS arus dan tegangan, tetapi juga perbedaan fasa antara bentuk gelombang arus dan tegangan.

Memang alat ini sangat jarang sekali, tapi tidak ada salahnya jika ada di antara Anda yang memilikinya, Anda bisa mencari tahu tentang kalibrasi LCR meter. Manfaat dan langkah untuk melakukan kalibrasinya seperti apa?

Tujuan Kalibrasi LCR Meter

LCR meter yang menggunakan metode jembatan keseimbangan otomatis menggunakan konektor BNC untuk keempat terminalnya. Konektor ini menggunakan desain koaksial berpelindung yang melindungi sinyal pengukuran dan sinyal deteksi dari derau eksternal. Secara umum, sebagian besar rangkaian deteksi menggunakan metode lima terminal atau metode pasangan empat terminal. Desain ini mengatasi kekurangan metode dua terminal, yang memiliki desain paling sederhana.

Konektor ini biasanya mengalami gangguan sehingga pengukuran dan sinyal deteksi bisa mendapati ada kesalahan hitung. Untuk itu, kalibrasi LCR meter harus dilakukan.

Manfaat Kalibrasi LCR Meter?

Sebagai alat ukur yang biasanya sangat penting, manfaat dari kalibrasi LCR meter adalah yang sangat penting ini adalah demi mendapatkan hasil yang presisi dan juga akurat. Mungkin ini adalah cara yang paling tepat jika melakukan kalibrasi.

Pasalnya, kalibrasi yang dilakukan untuk LCR meter bisa menjamin keselamatan kerja dan juga keberlangsungan industri.

Cara Kalibrasi LCR Meter

Bagaimana untuk Anda mengkalibrasi LCR meter? Cara yang paling tepat adalah dengan Anda bisa membawanya kepada laboratorium kalibrasi. Langkah kalibrasinya harus runtut dan sesuai dengan prosedur:

  1. Persiapan Kalibrasi
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beragam macam alat yang digunakan untuk kalibrasi.
  2. Mempersiapkan Pelaksana Kalibrasi
    Setelah itu adalah dengan mempersiapkan pelaksana kalibrasi. Pelaksana kalibrasi ini harus yang bersertifikat.
  3. Cek kondisi lingkungan sekitar untuk kalibrasi
    Setelah itu cek kondisi lingkungan kalibrasi yang bisa menyebabkan hasil kalibrasi berbeda. Dan lakukan cek kondisi LCR meter terlebih dahulu.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur LCR Meter
    Setelah itu, gunakan metode kalibrasi LCR meter yang sesuai dengan standar internasional dan juga dengan menggunakan rentang ukur yang sesuai dengan prosedur juga.
  5. Melaksanakan Kalibrasi LCR Meter
    Setelah itu, laksanakan kalibrasi LCR meter dengan menggunakan metode yang sudah ada.
  6. Perhitungan Kalibrasi
    Setelahnya, perhitungkan metode kalibrasi ini dengan membandingkan hasil kalibrasi LCR meter dan juga dengan LCR meter yang sudah di kalibrasikan sebelumnya.
  7. Membuat Laporan Kalibrasi
    Dan yang terakhir adalah membuat laporan kalibrasi. Laporan kalibrasi LCR meter ini adalah bersifat sertifikat kalibrasi yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi LCR Meter

Perlu Anda ketahui jika LCR meter ini jika sudah dikalibrasi parameternya adalah bisa dengan mudah dan presisi untuk mengumpulkan perbedaan dan menggunakan perbedaan antara arus tegangan dan fasa untuk menghitung resistansi induktansi dan kapasitansi komponen. 

Perangkat beroperasi dengan menerapkan tegangan AC pada perangkat yang diuji.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah paham tentang manfaat dan juga langkah dari kalibrasi LCR meter? Kalibrasi ini memang sangat penting untuk kelangsungan LCR meter yang presisi. Untuk itu, jika Anda mencari jasa kalibrasi LCR meter, Anda bisa mempercayakannya pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi LCR Meter