Langkah Penting Dalam Melakukan Kalibrasi Capasitance Meter

kalibrasi capasitance meter

Capasitance Meter atau alat ukur kapasitor. Kapasitor sendiri adalah komponen elektronik yang mampu menyimpan muatan listrik pada satuan waktu tertentu. Fungsi kapasitor sendiri dalam menyimpan muatan yang mana disebut dengan kapasitansi yang satuannya adalah Farad (F). 

Tujuannya alat ukur ini menampilkan kapasitansi yang dapat mengukur parameter lainnya seperti misalnya kebocoran, induktansi, dan resistansi seri. Dalam penggunaannya capasitance meter ini tentu akan menurunkan keakuratannya yang sesuai dengan masa pakainya sehingga dibutuhkan yang namanya kalibrasi. Maka dari itu mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Capasitance Meter

Adapun tujuan kalibrasi Capasitance Meter:

  • Mencapai nilai ketertelusuran terhadap hasil pengukuran Capasitance Meter dengan standar yang lebih tinggi.
  • Nilai penyimpangan pada alat ukur Capasitance Meter.
  • Menjamin hasil ukur pengukuran kapasitor dengan Capasitance Meter yang sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Capasitance Meter?

Adapun manfaat kalibrasi beban diantaranya:

  • Menjaga kalibrasi Capasitance Meter tetap dalam keadaan normal yang sesuai dengan spesifikasinya.
  • Untuk menjaga hasil dari produksi yang menggunakan alat ukur elektronika Capasitance Meter.
  • Menemukan antara nilai hasil dari kalibrasi Capasitance Meter yang diukur dengan nilai dari benar dari standar internasional.

Cara Kalibrasi Capasitance Meter

Adapun cara untuk mengkalibrasi Capasitance Meter yang sesuai dengan standar internasional bisa dimulai dari mempersiapkan peralatan, melakukan kalibrasi, hingga pelaporan kalibrasi seperti berikut.

  1. Mempersiapkan Peralatan Kalibrasi
    Adapun proses awal kalibrasi adalah mempersiapkan Capasitance Meter yang akan dikalibrasi dan pastikan bisa digunakan secara normal. Dan mempersiapkan berbagai peralatan yang digunakan untuk kalibrasi.
  2. Mempunyai Pelaksana Kalibrasi Berpengalaman
    Dalam melakukan proses kalibrasi hendaknya memang dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dibidang kalibrasi. Karena untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perhitungan.
  3. Mengecek lingkungan pelaksanaan kalibrasi
    Setiap ruangan kalibrasi memiliki kondisi masing-masing yang mana setiap kondisi ruangan bisa saja mempengaruhi perhitungan kalibrasi terutama bagi alat ukur Capasitance Meter yang sensitif terhadap adanya elektromagnetik. 
  4. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur Capasitance Meter
    Untuk Metode Kalibrasi yang digunakan sesuai standar adalah: IK-KL-LS29
    Dengan rentang ukur: 0.1nF ~ 1 nF, 1.1nF ~ 10nF, 10nF ~ 100nF, 100nF ~ 1000nF
  5. Menjalankan Proses Kalibrasi Capasitance Meter
    Dalam melakukan kalibrasi Capasitance Meter perlu dipastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi dari alatnya yang masih berjalan normal atau rusak, jika masih berfungsi maka dilakukan pengukuran sesuai dengan kapasitasnya dan diambil datanya serta dicatat.
  6. Melakukan Perhitungan Hasil
    Perhitungan hasil dari kalibrasi Capasitance Meter adalah menemukan berapa nilai dari deviasi atau penyimpangan, nilai koreksi, konversi satuan, rentang ukur, hingga persamaan regresi.
  7. Evaluasi Kalibrasi dan Membuat Laporan
    Setelah itu dilakukanlah pelaporan dan evaluasi kalibrasi yang ada sehingga didapatkan informasi yang dihasilkan dari kalibrasi sebelumnya baik itu nilai ketidakpastian yang sesuai dengan pedoman ISO yang dirancang sebelumnya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Capasitance Meter

Parameter dan hasil dari kalibrasi Capasitance Meter ini dihasilkan dari proses kalibrasi yang akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa Capasitance Meter ini sudah mengalami kalibrasi dengan status layak pakai.

Kesimpulan

Mengkalibrasi Capasitance Meter adalah hal yang sangat mudah namun harus sesuai dengan pedoman standar yang berlaku dan harus sesuai dengan nilai ketertelusuran sesuai dengan standar yang lebih tinggi. Maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan jasa kalibrasi Capasitance Meter yang terpercaya yakni Kalibrasi.com 

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi capasitance meter