Ini Dia Proses Kalibrasi Impedance Meter Dengan Benar!

kalibrasi impedance meter

Banyak sekali instrument-instrument alat ukur yang digunakan dalam bidang kegiatan industri maupun bidang lainnya. Salah satu instrument alat ukur yang cukup banyak digunakan karena memang memiliki fungsi serta kegunaan penting ialah impedance meter.

Lantas apa sih sebenarnya impedance meter? Impedance meter sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur impedansi atau resistansi terhadap arus bolak-balik (AC). 

Dengan adanya impedance meter ini, mengukur impedansi atau resistansi arus AC dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Akan tetapi perlu untuk diperhatikan juga agar selalu merawat impedance meter ini dengan cara yang baik dan benar.

Kalibrasi, ya benar kalibrasi merupakan cara terbaik untuk perawatan impedance meter. Tujuan dilakukannya kalibrasi pada impedance meter ini ialah untuk menjaga fungsi dan juga hasil pengukuran yang tetap akurat serta sesuai dengan standar.

Tujuan Kalibrasi Impedance Meter

Proses kalibrasi pada impedance meter ini sendiri memang perlu untuk dilakukan. Sebenarnya tujuan utama kalibrasi impedance meter sendiri untuk apa? Tujuan dilakukannya kalibrasi pada impedance meter tidak lain ialah untuk mengembalikan fungsi awal dan juga menjaga keakuratan hasil ukur.

Dengan kata lain, kalibrasi ini merupakan maintenance/perawatan yang tepat. Tujuan lainnya ialah untuk mengetahui apabila terjadinya penyimpangan fungsi maupun hasil ukur dari impedance meter itu sendiri. Selain itu, nantinya juga akan didapat banyak manfaat dari proses kalibrasi impedance meter.

Manfaat Kalibrasi Impedance Meter?

Proses kalibrasi yang dilakukan dengan cara yang baik dan benar, pastinya akan memberikan manfaat yang banyak. Impedance meter sendiri yang digunakan terus menerus jika tidak dilakukan kalibrasi sudah tentu akan mengalami malfungsi, untuk itulah dilakukan kalibrasi.

Terus apa saja dong manfaat yang akan didapat dari proses kalibrasi impedance meter yang dilakukan secara tepat dan benar? Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat dari pengkalibrasian impedance meter :

  • Menjamin nilai ukur impedance meter
  • Menjamin kondisi impedance meter sesuai dengan spesifikasinya
  • Mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja
  • Mengetahui besarnya nilai penyimpangan hasil ukur

Cara Kalibrasi Impedance Meter

Mendapatkan hasil kalibrasi yang maksimal jelas merupakan tujuan utama dilakukannya proses kalibrasi itu sendiri. Untuk itulah mengapa penting untuk mengikuti cara kalibrasi impedance meter yang benar seperti berikut :

  • Persiapan Kalibrasi
    Persiapkan impedance meter mana yang akan dikalibrasi terlebih dahulu. Persiapkan alat untuk kalibrasi juga wajib dan jangan dilupakan.
  • Mempersiapkan Pelaksana Kalibrasi
    Menggunakan jasa kalibrasi terpercaya seperti kalibrasi.com atau anda juga bisa menunjuk orang yang memang ahli dalam bidang kalibrasi khususnya kalibrasi impedance meter.
  • Cek kondisi lingkungan sekitar untuk kalibrasi
    Lakukan pengecekan kondisi lingkungan yang meliputi suhu dan juga kelembaban. Ada baiknya proses kalibrasi ini dilakukan pada pagi, siang hingga sore hari dengan kondisi ruang kalibrasi memiliki suhu dan kelembaban normal.
  • Metode kalibrasi dan rentang ukur Impedance Meter
    Pemilihan metode kalibrasi dan rentang ukur impedance meter tidak boleh salah untuk hasil kalibrasi maksimal. Untuk impedance meter, bisa menggunakan metode kalibrasi yang sesuai standar nasional/internasional.
  • Melaksanakan Kalibrasi Impedance Meter
    Sebelum melakukan kalibrasi impedance meter, anda bisa mereset atau melakukan penyetelan awal dengan menyetel dalam titik nol.
  • Perhitungan Kalibrasi
    Melakukan perhitungan kalibrasi ini bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan menentukan persamaan regresi.
  • Membuat Laporan Kalibrasi
    Pembuatan laporan ini wajib sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Serta nantinya hasil laporan kalibrasi itu sendiri wajib disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Impedance Meter

Setelah dilakukannya kalibrasi pada impedance meter, tentunya akan memperoleh beberapa hasil dengan berbagai parameternya. Berikut ini hasil dengan parameter kalibrasi impedance meter :

  • Nilai objek yang dilakukan pengukuran
  • Besarnya nilai penyimpangan
  • Besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Tingkat kepercayaan dievaluasi

Kesimpulan 

Proses kalibrasi merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan perawatan terhadap impedance meter. Dengan dilakukannya kalibrasi, pastinya fungsi dari impedance meter akan tetap terjaga dan juga selalu memberikan hasil pengukuran yang akurat. Selalu pilih orang yang memang ahli untuk melakukan kalibrasi. Pastikan juga menggunakan metode kalibrasi yang sesuai. Lakukan kalibrasi minimal 1 hingga 2 tahun sekali. 

Untuk anda yang memang mencari jasa kalibrasi untuk impedance meter, anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi.com. Dengan menerapkan mutu ISO dan sudah terakreditasi KAN, jelas kalibrasi.com sudah tidak perlu diragukan lagi dalam jasanya melakukan kalibrasi.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi impedance meter