Penjelasan Lengkap Mengenai Kalibrasi Battery Analyzer

kalibrasi battery analyzer

Apakah Anda pernah mendengar tentang battery analyzer? Mungkin memang sudah pasti banyak yang tahu jika memang pernah melakukan pengecekan pada akhir kendaraannya. Ya, itu memang menjadi salah satu pengaplikasian dari sebuah battery analyzer. 

Battery analyzer ini bekerja dengan cara menyambungkannya ke aki kendaraan untuk memberikan indikasi yang jelas tentang kesehatan, kondisi, dan output tegangan aki. Penguji baterai untuk aplikasi otomotif itu penting. Sangat penting untuk menentukan kondisi aki mobil karena arus tinggi ditarik selama start-up.

Terkadang, battery analyzer yang sudah berusia lama atau mungkin sudah satu tahun dengan jangka waktu penggunaan yang terus menerus, akan mengakibatkan penghitungannya menyimpang. Jadi, adalah kalibrasi yang harus dilakukan. Bagaimana cara kalibrasi battery analyzer?

Tujuan Kalibrasi Battery Analyzer

Battery analyzer digunakan untuk aplikasi otomotif itu penting. Sangat penting untuk menentukan kondisi aki mobil karena arus tinggi ditarik selama start-up. Anda harus memastikan bahwa penguji Anda kompatibel dengan baterai timbal-asam sebelum digunakan, untuk memastikan kondisi pengujian yang aman.

Dengan itu, biasanya tujuan dari dilakukannya kalibrasi battery analyzer tak lain tak bukan adalah untuk membuat penghitungannya menjadi lebih akurat dan juga bisa memenuhi syarat atau standar yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Battery Analyzer?

Battery analyzer yang dilakukan kalibrasi bisa membuatnya menjadi lebih akurat dan juga lebih presisi. Dengan hal tersebut, sangat mungkin untuk menunjang berbagai macam pekerjaan yang menuntut untuk menghitung besaran dari sebuah arus pada aki kendaraan.

Biasanya, yang menggunakan alat ini adalah yang memiliki bengkel otomotif. Tak ingin bukan Anda mengalami penurunan kepercayaan oleh customer Anda karena hal yang sangat simpel yaitu penghitungan arus atau kapasitas baterai aki yang salah?

Cara Kalibrasi Battery Analyzer

Setelah Anda tahu tentang manfaat dan juga tujuan dari dilakukannya kalibrasi battery analyzer, mari kita cari tahu juga bagaimana cara yang akan dilakukan laboratorium kalibrasi untuk bisa mengkalibrasi alat ukur yang satu ini.

  1. Menyiapkan Peralatan
    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk kalibrasi battery analyzer adalah mempersiapkan berbagai macam peralatan kalibrasinya.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Selanjutnya, operator kalibrasi juga harus ada. Operator ini adalah orang yang sudah bersertifikat dan bisa bertanggungjawab dalam melakukan kalibrasi battery analyzer.
  3. Pemeriksaan kondisi Battery Analyzer
    Pemeriksaan kondisi battery analyzer akan dilakukan, apakah kondisinya masih layak dan bisa dilakukan kalibrasi atau tidak.
  4. Menentukan metode kalibrasi dan rentang ukur Battery Analyzer
    Setelah sudah di validasi dan juga bisa dilakukan kalibrasi, metode kalibrasi harus ditentukan selanjutnya. Metode ini adalah metode yang diakui secara internasional dan juga nasional. Selain itu, rentang ukur juga akan berfungsi untuk pelaksanaan kalibrasi.
  5. Melakukan Kalibrasi Battery Analyzer
    Metode yang tadi akan dilakukan pelaksanaan kalibrasi battery analyzer. Pelaksanaan ini juga dengan menentukannya dari rentang ukur yang sesuai dengan metode dan juga standar dari battery analyzer.
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi bisa akan diperoleh jika sudah melaksanakan kalibrasi. Ini menentukan apakah memang ada deviasi atau tidak. Dan jika memang ada deviasi, akan dilakukan pembenaran.
  7. Laporan Kalibrasi
    Akhirnya yang terakhir adalah keluarnya laporan dari hasil kalibrasi battery analyzer.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Battery Analyzer

Parameter dari kalibrasi battery analyzer sebenarnya sudah diatur oleh standar. Standar yang digunakan adalah standar IEC 62391. Standar ini mengatur battery analyzer dan panggilan untuk pengisian kapasitor sebelum menguji kapasitas dan kemudian pemakaian sesuai dengan kurva yang ditentukan. Kapasitas EDLC (electric double-layer capacitor) dihitung dari energi pelepasan dan waktu jarak pada titik yang ditentukan. 

Selain itu, kondisi pengujian bergantung pada apakah aplikasi EDLC yang dimaksud adalah untuk penyimpanan energi, cadangan memori, daya transien, atau aplikasi daya. Demikian pula, uji resistansi internal DC.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai kalibrasi battery analyzer. Apakah Anda juga memiliki alat ini dan ingin melakukan kalibrasi karena Anda tidak yakin apakah battery analyzer yang Anda miliki sudah benar hitungannya atau tidak?

Mencari jasa kalibrasi battery analyzer yang terbaik dan juga terakreditasi adalah yang paling penting! Dan sebisa mungkin jatuhkan pilihan Anda pada Kalibrasi.com karena sudah terkareditasi dan memiliki banyak pilihan ruang lingkup.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi battery analyzer