Bagaimana Cara Kalibrasi Fluke 87V? Simak Artikel Berikut!

Kalibrasi Fluke 87V

Fluke 87V merupakan salah satu produk multimeter digital dari Fluke yang memiliki fungsi untuk mengukur besaran arus listrik, resistensi listrik, tegangan listrik.

Seperti multimeter pada umumnya Fluke 87V bahwa bisa saja mengalami kesalahan dalam melakukan pengukuran.

Sehingga dibutuhkanlah kalibrasi untuk menjaga agar Fluke 87V tetap akurat. Maka dari itu mari kita simak penjelasan tentang kalibrasi Fluke 87V hingga bagaimana cara mengkalibrasi Fluke 87V berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Fluke 87V

Melakukan kalibrasi Fluke 87V bertujuan untuk:

  • Memastikan bahwa nilai ketertelusuran pada Fluke 87V sesuai dengan standar lebih tinggi.
  • Menilai deviasi atau penyimpangan yang ada pada Fluke 87V.
  • Menjamin hasil pengukuran Fluke 87V sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Fluke 87V?

Berikut ini adalah beberapa manfaat kalibrasi Fluke 87V:

  • Menjaga kalibrasi Fluke 87V selalu dalam keadaan normal dan sesuai spesifikasi.
  • Menjaga kualitas dari hasil produksi yang berkaitan dengan penggunaan Fluke 87V.
  • Menemukan antara nilai hasil dari kalibrasi Fluke 87V yang diukur dengan nilai dari benar dari standar internasional

Cara Kalibrasi Fluke 87V

Melakukan kalibrasi Fluke 87V diperlukan beberapa langkah seperti persiapan peralatan, melakukan kalibrasi, hingga pelaporan kalibrasi dengan penjelasan sebagai berikut

  1. Persiapan Kalibrasi
    Prosedur kalibrasi yang pertama adalah mempersiapkan berbagai alat yang akan digunakan untuk melakukan kalibrasi, adapun alat Fluke 87V yang akan digunakan untuk kalibrasi dalam keadaan normal.
  2. Mempersiapkan Pelaksana Kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi atau kalibrator harusnya memiliki ilmu dan berkompeten dalam melakukan kalibrasi agar mendapatkan hasil pengukuran kalibrasi yang maksimal. 
  3. Cek kondisi lingkungan sekitar untuk kalibrasi
    Sebelum melakukan kalibrasi hendaknya dilakukan pengecekan kondisi lingkungan untuk memastikan bahwa tidak mempengaruhi proses kalibrasi. 
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Fluke 87V
    Adapun memilih metode kalibrasi dan rentang ukur Fluke 87V ini haruslah sesuai dengan standar internasional. Dan memilih metode kalibrasi hendaknya memilih yang paling mudah agar tidak minima terjadi kesalahan. 
  5. Melaksanakan Kalibrasi Fluke 87V
    Untuk melakukan kalibrasi Fluke 87V yang pertama yakni memastikan bahwa alat ukur yang akan dikalibrasi masih dalam keadaan normal dan masih bisa digunakan, bersihkan alat dari kotoran dan debu, melakukan pengukuran serta pastikan menghasilkan pengukuran yang masih wajar atau tidak. Melakukan pencatatan serta pengambilan data dari perhitungan yang sudah dilakukan.
  6. Perhitungan Kalibrasi
    Adapun perhitungan kalibrasi yang berdasarkan dari hasil kalibrasi sebelumnya, perhitungan kalibrasi ini akan menentukan nilai seperti nilai penyimpangan, koreksi, konversi satuan, rentang ukur, hingga persamaan regresi.
  7. Membuat Laporan Kalibrasi
    Untuk mengakhiri kalibrasi akan dibutuhkan yang namanya pelaporan untuk mengambil keputusan tindak lanjut dan kesimpulan dari hasil kalibrasi. Pelaporan ini berisikan tentang nilai ketidakpastian yang mana melakukan kelayakan dari ukur yang dikalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Fluke 87V

Parameter dan hasil kalibrasi Fluke 87V yang dihasilkan dari proses kalibrasi akan berbentuk sebuah sertifikat yang mana merupakan pengakuan bahwa alat ukur Fluke 87V ini sudah pernah dilakukan kalibrasi. Selain itu parameter lainnya adalah alat ukur Fluke 87V ini sudah bisa atau layak digunakan untuk mengukur.

Kesimpulan

Demikian bahasan kali ini tentang segala informasi yang digunakan untuk mengkalibrasi Fluke 87V yang sesuai dengan standar internasional. Adapun penyedia jasa kalibrasi Fluke 87V yang terpercaya yakni Kalibrasi.com. Jika Anda berminat mengkalibrasi Fluke 87V Anda bisa langsung menjatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Fluke 87V