Kenapa Melakukan Kalibrasi Multimeter Analog? Simak Penjelasannya!

kalibrasi multimeter analog

Multimeter Analog adalah salah satu jenis alat pengukur multimeter yang masih menggunakan teknologi analog. Multimeter ini adalah untuk mengukur tegangan listirk pada suatu rangkaian elektronika dengan menampilkan hasil pengukuran dengan bentuk pergerakan jarum yang ditunjuk dalam angka tertentu.

Selain tegangan listrik (volt), multimeter ini digunakan untuk mengukur besaran arus listrik (ampere) dan juga nilai tahanan ohm (ohm) pada suatu rangkaian.

Seperti alat ukur pada umumnya bahwa Multimeter Analog ini bisa saja mengalami penurunan terhadap pengukurannya sehingga dibutuhkan kalibrasi agar bisa terus akurat. Diartikel kali ini kita akan fokus membahas bagaimana cara kalibrasi Multimeter Analog sesuai dengan standar internasional.

Tujuan Kalibrasi Multimeter Analog

Melakukan kalibrasi Multimeter Analog bertujuan untuk:

  • Memastikan bahwa nilai ketertelusuran pada Multimeter Analog sesuai dengan standar lebih tinggi.
  • Menilai deviasi atau penyimpangan yang ada pada Multimeter Analog.
  • Menjamin hasil pengukuran Multimeter Analog sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Multimeter Analog?

Berikut ini adalah beberapa manfaat kalibrasi Multimeter Analog:

  • Menjaga kalibrasi Multimeter Analog selalu dalam keadaan normal dan sesuai spesifikasi.
  • Menjaga kualitas dari hasil produksi yang berkaitan dengan penggunaan Multimeter Analog.
  • Menemukan antara nilai hasil dari kalibrasi Multimeter Analog yang diukur dengan nilai dari benar dari standar internasional

Cara Kalibrasi Multimeter Analog

Melakukan kalibrasi Multimeter Analog diperlukan beberapa langkah seperti persiapan peralatan, melakukan kalibrasi, hingga pelaporan kalibrasia dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Melakukan Persiapan
    Langkah awal sebelum melakukan kalibrasi adalah mempersiapkan multimeter analog yang akan dikalibrasi, mempersiapkan juga alat yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Siapkan penguji kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi harusnya memiliki kompetensi dalam melakukan kalibrasi sehingga mampu menghasilkan pengukuran kalibrasi yang maksimal.
  3. Memeriksa Kondisi Lingkungan Untuk Kalibrasi
    Sebelum melakukan kalibrasi sebaiknya dilakukan pengecekan kondisi lingkungan untuk memastikan bahwa tidak mempengaruhi proses kalibrasi.
  4. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur
    Dalam memilih metode kalibrasi dan rentang ukur Multimeter Analog ini haruslah sesuai dengan standar internasional. Dan memilih metode kalibrasi hendaknya memilih yang paling mudah agar tidak terjadi kesalahan.
  5. Melakukan Proses Kalibrasi
    Proses kalibrasi Multimeter Analog dapat dimulai dari pengamatan bentuk alat ukur yang akan dikalibrasi masih normal atau tidak, yang membersihkan alat dari kotoran dan debu, melakukan pengukuran yang sesuai dengan kapasitasnya, jika wajar maka dilakukan pengambilan data dan pencatatan.
  6. Menghitung Hasil Kalibrasi
    Melakukan perhitungan kalibrasi yang berdasarkan dari hasil kalibrasi sebelumnya, perhitungan kalibrasi ini akan menentukan nilai seperti nilai penyimpangan, koreksi, konversi satuan, rentang ukur, hingga persamaan regresi.
  7. Evaluasi dan Pembuatan Laporan
    Setelah melakukan perhitungan kalibrasi  maka akan di catat dalam sebuah perlaporan yang berisi sesuai dengan standar internasional.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Multimeter Analog

Parameter dan hasil kalibrasi multimeter analog menghasilkan sertifikasi yang dijadikan sebagai bukti bahwa alat multimeter analog ini sudah pernah dikalibrasi dan sudah memiliki nilai ketertelusuran dengan standar yang lebih tinggi.

Kesimpulan 

Dari bahasan diatas kita sudah membahas tentang segala informasi yang digunakan untuk mengkalibrasi multimeter analog yang sesuai dengan standar internasional.

Adapun penyedia jasa kalibrasi multimeter analog yang terakreditasi yakni Kalibrasi.com. Jika Anda berminat mengkalibrasi multimeter analog Anda bisa langsung jatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi multimeter analog