Apa Sih Pentingnya Melakukan Kalibrasi Resistance Meter?

kalibrasi resistance meter

Resistance Meter atau biasa disebut dengan Ohm meter ini adalah jenis alat ukur elektronika yang digunakan untuk mengukur suatu resistensi atau hambatan pada suatu objek. Alat ini terdiri dari 2 jenis yakni resistance meter digital dan resistance meter analog. Walaupun alat ini sering sekali digunakan sebagai alat yang penting dalam sektor industri elektronika harus melakukan yang namanya kalibrasi agar akurasi pengukurannya tetap terjaga. Maka dari itu di artikel ini mari kita bahas satu persatu tentang bagaimana pentingnya  Kalibrasi Resistance Meter ini.

Tujuan Kalibrasi Resistance Meter

Mengkalibrasi resistance meter adalah hal yang cukup mudah, tujuan dari Kalibrasi Resistance Meter sendiri adalah:

  • Untuk memastikan bahwa nilai pengukuran resistance meter ini sudah sesuai dengan nilai ketertelusuran dengan standar yang lebih tinggi.
  • Menentukan nilai penyimpangan dari hasil pengukuran dari alat Resistance Meter.
  • Dapat menjamin hasil pengukuran resistensi sudah sesuai dengan hasil pengukuran dari alat yang sudah terkalibrasi berstandar internasional.

Manfaat Kalibrasi Resistance Meter?

Adapun manfaat kalibrasi Resistance Meter diantaranya:

  • Dalam menjaga kalibrasi Resistance Meter harus dalam keadaan masih berfungsi dengan baik dan sesuai dengan spesifikasinya.
  • Menjaga agar produksi yang menggunakan Resistance Meter ini tetap berkualitas.
  • Memastikan bahwa nilai hasil pengukuran Resistance Meter sudah benar dan sesuai dengan standar internasional.

Cara Kalibrasi Resistance Meter

Adapun melakukan Proses kalibrasi perlu mengikuti langkah-langkah kalibrasi yang harus dilakukan seperti yang dimulai dari mempersiapkan peralatan, melakukan kalibrasi, hingga pelaporan kalibrasi seperti berikut.

  1. Menyiapkan Peralatan
    Adapun proses kalibrasi awal adalah memastikan setiap peralatan yang digunakan untuk melakukan kalibrasi sudah dipersiapkan termasuk dengan Resistance Meter yang akan dikalibrasi.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Pengkalibrasi atau operator yang mengkalibrasi resistance meter ini haruslah berkompeten dibidangnya. Hal ini dikarenakan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengukuran.
  3. Pemeriksaan kondisi Resistance Meter
    Sebelum melakukan kalibrasi haruslah melakukan pengecekan terhadap kondisi lingkungan yang ada pada ruangan kalibrasi. Biasanya lingkungan bisa mempengaruhi hasil pengukuran kalibrasi yang mana bisa saja membuat hasil pengukuran terjadi kesalahan misalnya cahaya, suhu, kelembaban, getaran, dan gravitasinya.
  4. Menentukan metode kalibrasi dan rentang ukur Resistance Meter
    Menentukan metode kalibrasi dan rentang ukur sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku, adapun metode kalibrasi yang mudah bisa meminimalisir kesalahan pengukuran.
  5. Melakukan Kalibrasi Resistance Meter
    Melakukan pengamatan awal terhadap bentuk fisik dan fungsi dari Resistance Meter masih normal atau tidak, kemudian dilakukan pengukuran sesuai dengan kapasitasnya yang mana menjadi sampel yang akan dicatat kemudian.
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Mendapatkan hasil pengukuran dari pengamatan yang dilakukan yang mana bisa dilakukan dengan mencari nilai deviasi, konversi satuan, penentuan persamaan regresi, dan nilai rata-rata.
  7. Laporan Kalibrasi
    Tahapan terakhir dalam kalibrasi adalah menentukan nilai ketidakpastian yang akan dituangkan dalam pelaporan. Pelaporan ini harus sesuai dengan isian yang tertuang pada standar ISO SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Resistance Meter

Parameter dan hasil kalibrasi Resistance Meter mendapatan hasil akhir berupa sertifikat yang dijadikan bukti bahwa alat ukur Resistance Meter yang dipernah dikalibrasi yang layak digunakan untuk mengukur.

Kesimpulan

Cukup sekian artikel kali ini tentang bagaimana cara kalibrasi Resistance Meter secara benar dan sesuai dengan standar internasional. Tahukah Anda bahwa ada perusahaan yang menyediakan jasa kalibrasi Resistance Meter yang terpercaya yakni Kalibrasi.com  jika Anda berminat Anda bisa langsung menjatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi resistance meter