Kenapa Harus Kalibrasi Flow Meter Gas? Berikut Penjelasannya!

Kalibrasi flow meter gas

liFlow meter gas adalah salah satu jenis flow meter yang digunakan untuk mengendalikan laju aliran gas dari sistem pusat atau dari tabung gas yang bertekanan. Biasanya flow meter gas ini digunakan untuk keperluan medis mengatur anestesi dan ambulan. Adapun rangkaian proses kalibrasi flow meter gas dilakukan untuk tetap memberikan tingkat akurasi aliran gas tetap akurat. Mengapa kalibrasi pada flow meter gas ini penting? Dan bagaimana caranya mengkalibrasi flow meter gas ini? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi flow meter gas

Setiap kalibrasi flow meter gas memiliki tujuan dari membandingkan nilai dari hasil pengukuran flow meter gas dengan hasil nilai ketertelusuran flow meter yang lebih tinggi standarnya.

Manfaat Kalibrasi Flow Meter Gas

Dalam melakukan kalibrasi flow meter gas akan mendapatkan manfaat diantaranya:

  • Menghitung nilai penyimpangan yang ada flow meter gas.
  • Mendeteksi adanya kerusakan pada flow meter gas yang akan ditindaklanjuti seperti perbaikan terlebih dahulu.
  • Memastikan flow meter gas memiliki nilai yang sesuai dengan standar internasional.
  • Mampu meningkatkan reputasi instansi yang berkaitan dengan penggunaan flow meter gas.

Cara Kalibrasi Flow Meter Gas

Melakukan kalibrasi flow meter gas memang harus sesuai prosedur yang berlaku seperti langkah cara kalibrasi flow meter dibawah ini.

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Persiapan kalibrasi adalah proses yang penting yakni mempersiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi yang sesuai dengan kondisinya yang paling baik.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Melakukan kalibrasi memang sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli dibidangnya. Tentu hal ini akan dapat meningkatkan peluang hasil pengukuran yang akurat dan proses kalibrasi.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi flow meter gas
    Dalam melakukan kalibrasi, kondisi lingkungan memang perlu diperhatikan. Kondisi lingkungan ini bisa saja mempengaruhi kalibrasi khususnya pada flow meter yang sensitif sekali terhadap suhu, dan kelembaban.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur flow meter gas
    Metode kalibrasi yang digunakan untuk mengkalibrasi flow meter gas memang harus sesuai dengan pedoman dan prosedur ISO yang berlaku dan memiliki rentang waktu yang tepat. Hendaknya menggunakan metode kalibrasi yang paling mudah untuk mengurangi kesalahan terhadap pengukuran.
  5. Pengaktualan flow meter gas dengan benar
    Melakukan kalibrasi flow meter gas yang benar adalah hal yang sangat penting. Adapun proses pelaksanaan ini bisa dimulai dari menghitung ketidakpastian pengukuran,  yang mana kalibrasi ini juga dibutuhkan untuk mengkalibrasi flow meter lainnya.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Setelah melakukan kalibrasi, maka perhitungan akan dilakukan dengan cermat. Proses perhitungan ini meliputi nilai minimum maksimum, konversi satuan, menghitung nilai rata-rata, nilai penyimpangan, hingga persamaan regresi. Penting sekali dalam proses kalibrasi ini mendapatkan hasil perhitungan yang akurat. Proses perhitungan hasil kalibrasi ini meliputi konversi satuan, menghitung nilai rata-rata, maksimum-minimum, standar deviasi, penentuan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan terakhir adalah pembuatan laporan yang mana berisikan informasi tentang kalibrasi flow meter gas yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil flow meter gas

Adapun parameter dari hasil kalibrasi flow meter gas adalah :

  • Nilai objek ukur.
  • Besarnya nilai penyimpangan.
  • Angka ketidakpastian pengukuran
  • Sifat metrologi lain seperti faktor kalibrasi, dan kurva kalibrasi.
  • Hasil kalibrasi ini disertai dengan pernyataan sesuai dengan nilai ketertelusuran dan meningkatkan tingkat kepercayaan dalam melakukan evaluasi.

Kesimpulan

Cukup sekian bahasan kita kali ini tentang bagaimana cara mengkalibrasi flow meter gas yang sesuai dengan prosedur. Adapun penyedia jasa kalibrasi flow meter yang terpercaya seperti Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi flow meter gas