Bagaimana Cara Kalibrasi Compound Gauge? Simak Disini

kalibrasi Compound Gauge

Peralatan pengukuran yang sangat banyak jenisnya dengan bermacam-macam fungsi dan manfaatnya. Namun kali ini kita akan membahas mengenai compound gauge. Sudah pernahkah mendengar instrumen alat compound gauge?

Compound gauge merupakan instrumen alat ukur berupa penunjuk besaran meter yang memiliki tekanan rendah yang fungsinya untuk mengukur tekanan positif dan negatif. Compound gauge ini adalah salah satu bagian dari rangkaian manifold gauge yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara disuatu ruangan.

Sebagai sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran, compound gauge memerlukan prosedur kalibrasi untuk menjaga hasil pengukurannya tetap akurat. Untuk lebih lengkapnya mengenai kalibrasi compound gauge, simak pembahasan berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Compound Gauge

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya compound gauge berfungsi untuk mengukur tekanan positif dan negatif. Apapun alatnya jika berkaitan dengan pengukuran harus melakukan kalibrasi. 

Pengaruh penggunaan yang terlampau sering dan perawatan pada instrumen alat dapat menyebabkan penurunan kualitas pengukuran. Oleh karenanya prosedur kalibrasi compound gauge bertujuan untuk memastikan perangkat tersebut dalam akurasi yang baik sehingga hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi Compound Gauge

Seperti pada prosedur kalibrasi umumnya, kalibrasi compound gauge bermanfaat untuk menjaga akurasi dan performa dari instrumen alat tersebut. Dengan dilakukannya kalibrasi compound gauge tersebut dapat mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. 

Manfaat lainnya dari prosedur kalibrasi compound gauge dapat memberikan jaminan dan konfirmasi atas hasil pengukuran yang lebih presisi.

Cara Kalibrasi Compound Gauge

Seperti umumnya sebuah prosedur yang memilih caranya tersendiri. Kalibrasi compound gauge juga demikian. Cara-cara berikut ini wajib dilakukan sebagaimana aturan yang telah ditetapkan. Berikut cara kalibrasi compound gauge antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkan instrumen alat yang akan kalibrasi, pastikan juga alat yang digunakan  kalibrasi tidak rusak dalam keadaan baik dan bersih sebelum dilakukan kalibrasi. Karena pada dasarnya prosedur kalibrasi ini bukan untuk memperbaiki alat yang rusak melainkan menguji sejauh mana alat tersebut berfungsi dengan baik setelah pemakaian sekian lama.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Persiapkanlah pelaksana kalibrasi yang memiliki kompetensi di bidang kalibrasi alat ukur, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi pelaksana kalibrasi. Setidaknya seorang pelaksana kalibrasi harus memenuhi persyaratan latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi serta berpengalaman dalam melakukan kalibrasi. 
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Kondisikan lingkungan tempat kalibrasi dalam keadaan baik, tidak akan mempengaruhi hasil pengujian kalibrasi compound gauge. Hal ini karena salah satu faktor kesalahan dalam kalibrasi adalah kondisi lingkungan yang kurang baik untuk melakukan pengujian. Maka dari itu kondisikan lingkungan sekitar sebagaimana mestinya dalam melakukan pengujian agar tidak terjadi kesalahan.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakanlah Metode kalibrasi compound gauge yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. Untuk metodenya kalibrasi yang diterapkan Anda dapat menggunakan metode EURAMET/cg.17/V.4.0(2019), 1 cmHg = 0.133322 Pa yang memiliki rentang ukur compound gauge yang digunakan yaitu -70cmHg ~ 76cmHg.
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Pada tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kalibrasi yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh data yang valid. Seperti yang kita tahu kalibrasi adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi maka dari itu lakukanlah pengujian kalibrasi dengan hati-hati. Dalam pelaksanaan kalibrasi lakukanlah pengamatan awal terhadap objek ukur untuk melihat kondisi fungsi alat tersebut sebelum dikalibrasi. Selanjutnya mulailah amati pada kewajaran hasil ukur yang dilakukan instrumen alat. Ambillah data dari kedua pengamatan tersebut kemudian bandingkan. Adakah perbedaan antara hasil pengujian sebelum dan sesudah dikalibrasi. Selanjutnya catat hasil pengujian tersebut dengan baik
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Seperti yang telah disinggung sebelumnya pada pelaksanaan kalibrasi dilakukan pengamatan pada hasil pengujian alat. Setelah diperoleh data hasil ukur lakukanlah perhitungan pada data tersebut. Caranya dengan menghitung besaran nilai maksimum dan minimum, nilai rata-rata dan konversi satuan dari hasil pengukuran compound gauge Pastikan perhitungan telah benar untuk hasil kalibrasi yang benar benar akurat.
  7. Pembuatan laporan
    Setelah semua cara-cara diatas telah selesai dilakukan tahap akhir adalah membuat laporan kalibrasi. Laporan tersebut ditulis berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia. Laporan yang telah dinyatakan sesuai dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi biasanya kepala laboratorium atau kepala lembaga yg melakukan kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Compound Gauge

Parameter atau tolak ukur hasil kalibrasi compound gauge dapat Anda dilihat apabila instrumen alat telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah melakukan prosedur kalibrasi. Hasil kalibrasi compound gauge berupa sertifikat  kalibrasi yang didalamnya memuat informasi data hasil kalibrasi.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi compound gauge, setelah mengetahui tujuan dan manfaat kalibrasi sudah seharusnya instrumen ukur dikalibrasi secara rutin untuk menjaga keakuratan dan kualitas hasil pengukurannya. Lakukanlah prosedur kalibrasi pada laboratorium yang terakreditasi. 

Anda dapat percayakan pilihan laboratorium terpercaya pada jasa kalibrasi hanya di Kalibrasi.com. Segera pelajari lebih lanjut dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Compound Gauge