Manfaat Melakukan Kalibrasi Treadmills Jika Sesuai Cara Berikut Ini

kalibrasi Treadmills

Melakukan olahraga saat ini tentunya tidak harus di luar ruangan. Kita juga bisa melakukan olahraga dari rumah dengan menggunakan alat olahraga treadmills.

Apa sih treadmills itu sendiri? Treadmills adalah alat yang dapat membantu kita berjalan, berlari bahkan juga berjalan menanjak tanpa harus berpindah tempat. Dengan menggunakan treadmills ini anda bisa melakukan olahraga lari hingga jalan tanpa harus keluar rumah.

Namun perlu diketahui juga, ternyata untuk tetap menjaga treadmills berfungsi secara baik dan semestinya, diperlukan adanya kalibrasi. Proses kalibrasi ini sendiri merupakan cara perawatan fungsi treadmill agar selalu memberikan fungsi dan kinerja terbaiknya. Terus apa dong tujuan dari dilakukannya kalibrasi treadmills selain untuk menjaga fungsi dan kinerjanya?

Tujuan Kalibrasi Treadmills

Treadmills sendiri merupakan alat olahraga yang sering sekali digunakan untuk kegiatan di rumah bahkan digunakan setiap hari. Nah tujuan dilakukannya proses kalibrasi pada treadmill ini tidak lain tidak bukan jelas untuk menjaganya agar tetap memiliki fungsi dan kegunaan yang semestinya. Treadmills yang sering dilakukan terkadang akan mengalami keausan pada komponen-komponennya. 

Untuk mengurangi resiko keausan pada komponen treadmill, kalibrasi inilah menjadi solusinya. Tidak hanya itu saja, kalibrasi pada treadmills ini juga untuk menjaga jarak yang dikeluarkan atau dihasilkan tetap akurat.

Manfaat Kalibrasi Treadmills?

Selain tujuan dilakukannya kalibrasi pada treadmills guna menjaga fungsionalitas dari alat itu sendiri, cukup banyak pula manfaat yang akan didapat dari melakukan kalibrasi treadmills. Berikut beberapa manfaat dari dilakukannya kalibrasi pada treadmills :

  • Menjaga treadmill tetap berfungsi secara baik dan semestinya
  • Menjaga jarak yang dikeluarkan atau ditampilkan oleh treadmill tetap akurat
  • Mengurangi resiko kecelakaan akibat alat treadmill tidak berfungsi secara maksimal
  • Menghindari keausan pada komponen treadmill yang mengakibatkan kerusakan.

Cara Kalibrasi Treadmills

Treadmills yang terjaga tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi kita sebagai penggunanya. Terus bagaimana langkah dan proses cara kalibrasi treadmill yang baik dan benar? Berikut ini cara mengkalibrasi treadmills :

  1. Proses melakukan persiapan
    Persiapkan treadmills yang akan dilakukan kalibrasi. Pilih treadmills yang memang sudah membutuhkan kalibrasi dengan mengetahui ada kekurangan atau malfungsi. 
  2. Operator kalibrasi Treadmills
    Memilih jasa atau orang yang memang ahli di bidang kalibrasi treadmills. Hal ini memiliki tujuan agar proses dan hasil dari kalibrasi treadmills sempurna.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Treadmills
    Pastikan lokasi proses kalibrasi suhu dan kelembabannya aman. Suhu dan kelembaban untuk proses kalibrasi sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini akan mempengaruhi proses kalibrasi karena ada beberapa alat kalibrasi yang mudah berpengaruh terhadap suhu dan kelembaban.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Treadmills
    Alat treadmills ini sendiri juga menampilkan waktu serta frekuensi hingga jarak yang dihasilkan, maka metode yang digunakan untuk proses kalibrasi ini menggunakan metode kalibrasi IK.KL-11 dengan rentang waktu 25 rpm hingga 900 rpm. Sedangkan untuk waktu menggunakan metode kalibrasi TO-EM-7.11 dengan rentang ukur 1 detik-24 jam
  5. Pelaksanaan kalibrasi Treadmills
    Lakukan proses kalibrasi ini sendiri pada pagi hingga siang hari. Selain itu sebelum memulai pelaksanaan kalibrasi, bisa terlebih dahulu melakukan pengamatan ulang terhadap treadmills yang akan dilakukan kalibrasi.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Melakukan penghitungan nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Dengan pedoman SNI 19-17025 pembuatan laporan harus melalui beberapa tahapan salah satunya yang penting ialah pemeriksaan konsep untuk pengambilan data hingga pengesahan laporan hasil kalibrasi itu sendiri.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Treadmills

Pasca dilakukannya kalibrasi, nantinya kita akan mendapatkan hasil nilai obyek yang diukur, besarnya nilai penyimpangan, besarnya angka ketidakpastian pengukuran.

Namun selain data-data tersebut, hasil dilakukan kalibrasi ini sendir akan meningkatkan performa treadmills itu sendiri dan tetap selalu menjaga nilai keakuratan.

Kesimpulan

Proses pengkalibrasian pada treadmills ini sendiri sangatlah penting dilakukan guna tetap menjaga treadmills memberikan kinerja yang semestinya dan menjaga keakuratan nilai yang dihasilkan dari penggunaan alat ini.

Bagi anda yang ingin atau sedang mencari jasa kalibrasi treadmills berkualitas dan terakreditasi KAN serta berstandar ISO, sebaiknya pahami secara detail dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Treadmills