Langkah Kalibrasi Colori Meter yang Perlu Anda Ketahui

kalibrasi colori meter

Apakah Anda pernah dengar tentang colori meter? Colorimeter dapat mengukur daya serap gelombang cahaya. Selama pengukuran warna, perubahan intensitas radiasi elektromagnetik di wilayah panjang gelombang yang terlihat dari spektrum setelah dipancarkan atau dipantulkan oleh objek atau larutan diukur. 

Pengukuran semacam itu dapat membantu menemukan konsentrasi zat, karena jumlah dan warna cahaya yang diserap atau diteruskan bergantung pada sifat larutan, termasuk konsentrasi partikel di dalamnya. Colorimeter adalah instrumen yang membandingkan jumlah cahaya yang melewati larutan dengan jumlah yang dapat melewati sampel pelarut murni.

Alat ukur ini sebenarnya bisa terjadi yang namanya ketidakpresisian dalam pengukuran spektrum. Bagaimana bisa terjadi deviasi? Dan bagaimana langkah untuk melakukan kalibrasinya?

Tujuan Kalibrasi Colori Meter

Arus yang dihasilkan oleh fotosel bergantung pada jumlah cahaya yang mengenainya setelah melewati larutan berwarna. Semakin tinggi konsentrasi pewarna dalam larutan, semakin tinggi penyerapan cahayanya; lebih sedikit cahaya yang melewati solusi berarti lebih sedikit arus yang dibuat oleh fotosel. Colorimeter mengambil tiga pembacaan pita lebar sepanjang spektrum yang terlihat untuk mendapatkan perkiraan kasar dari sampel warna.

Pembacaan ini yang terkadang terjadi adanya deviasi. Karenanya, tujuan dari kalibrasi untuk colori meter adalah untuk mendapatkan sampel warna yang sesuai agar tidak melenceng walaupun sampel ini masih dalam perkiraan kasar.

Manfaat Kalibrasi Colori Meter?

Seperti peralatan atau mesin apa pun, instrumen pengukuran warna atau colori meter ini memerlukan pemeliharaan untuk memastikan bahwa instrumen tersebut terus bekerja dengan benar dan dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Kalibrasi memungkinkan jasa kalibrasi colori meter mampu untuk menetapkan garis dasar untuk instrumen dan memastikan bahwa garis dasar dipertahankan dari waktu ke waktu.

Cara Kalibrasi Colori Meter

Lebih daripada itu, walaupun terdengar sangat sederhana, ternyata untuk kalibrasi colori meter sebenarnya tidak mudah. Ada beberapa langkah yang harus dilewati dan menjadi SOP yang tetap, yaitu adalah:

  1. Melakukan persiapan sebelum melakukan kalibrasi
    Langkah pertama untuk melakukan kalibrasi colori meter adalah melakukan persiapan. Persiapan ini melibatkan colori meter yang sudah tersedia dan juga alat-alat untuk kalibrasi.
  2. Pelaksana yang terpercaya dalam kalibrasi colori meter
    Selanjutnya harus ada pelaksana yang terpercaya. Pelaksana ini adalah orang yang sudah memiliki sertifikat untuk melakukan kalibrasi.
  3. Validasi situasi lingkungan saat kalibrasi colori meter
    Lakukan pengamatan. Tentukan situasi. Suhu dan juga kelembapan bisa menjadi salah satu yang mempengaruhi hasil dari kalibrasi colori meter. 
  4. Langkah – Langkah dalam melakukan kalibrasi dan rentang ukur colori meter
    Dalam kalibrasi colori meter, biasanya dilakukan setahun sekali yang melibatkan:
  5. Pemeliharaan rutin alat
    Menyelaraskan dan membersihkan optik
  6. Sertifikasi ulang standar kalibrasi
    Berbagai penyesuaian untuk membawa instrumen ke spesifikasi pabrik
  7. Perhitungan dari hasil kalibrasi
    Setelah pelaksanaan kalibrasi colori meter ini dilakukan, juga disertakan dengan perhitungan dari hasil kalibrasi.
  8. Pembuatan Hasil laporan kalibrasi
    Hasil kalibrasi selanjutnya akan disusun lagi untuk menjadi laporan kalibrasi colori meter yang merupakan sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Colori Meter

Ada kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi kinerja dan akurasi instrumen pengukuran warna dan menciptakan kebutuhan akan kalibrasi. Kotoran dan debu dapat menghalangi kinerja instrumen secara optimal. Noda dan goresan pada ubin kalibrasi putih juga dapat menyebabkan instrumen mengembalikan pembacaan yang tidak akurat.

Untuk menguji keakuratan instrumen, biasanya jasa kalibrasi colori meter menggunakan standar 14 warna. Setelah kita mengetahui pada tingkat kinerja instrumen, kalibrasi dapat mengembalikannya sehingga kinerjanya sesuai dengan standar pabrik.

Kesimpulan

Sudah paham tentang langkah-langkah kalibrasi colori meter? Jika memang Anda masih bingung dan ingin melakukan kalibrasi colori meter yang terpercaya, Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi colori meter pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi colori meter