Langkah Kalibrasi Dispenser yang Tepat dan Benar

kalibrasi Dispenser

Jika Anda mendengar dispenser apakah yang terlintas dalam bayangan Anda dispenser air galon? dispenser air galon butuh kalibrasi? Bukan dispenser itu yang dimaksud disini, melainkan dispenser yang digunakan dalam peralatan laboratorium. 

Seperti yang Anda ketahui bahwasanya peralatan laboratorium untuk mendukung analisis dan pengujian sangat banyak macamnya. Salah satunya dispenser yang satu ini.

Dispenser adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan, mengukur dan mengatur volume cairan yang dikeluarkan  dalam botol dengan cara menekan dan melepaskan tutup botol.

Sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak volume yang ingin dikeluarkan. Maka alat ini membutuhkan sebuah prosedur kalibrasi untuk mempertahankan keakuratan pengukurannya. Yuk simak pembahasan lebih lanjutnya mengenai kalibrasi dispenser berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Dispenser

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kalibrasi dispenser berfungsi untuk mengukur volume cairan yang diambil pada botol.  Sebagai sebuah alat yang dibutuhkan untuk mengukur seringkali alat mengalami ketidak tepatan dalam pengambilan hasil ukur, akibatnya hasil ukur tidak akurat. 

Apabila instrumen alat telah ditemukan kondisi demikian lakukanlah segera prosedur kalibrasi agar hasil pengukuran kembali akurat. Oleh karenanya tujuan dilakukan kalibrasi alat ukur untuk mengetahui penyimpangan kebenaran nilai pada instrumen ukur yang diuji. 

Manfaat Kalibrasi Dispenser

Berikut Manfaat yang didapat instrumen alat ukur setelah melakukan prosedur kalibrasi yaitu sebagai berikut : 

  1. Membantu mengembalikan performa awal instrumen alat ukur
  2. Mengetahui akurasi sebuah alat ukur setelah sekian lama digunakan
  3. Memberikan jaminan pengukuran  atas hasil pengukuran yang dilakukan oleh instrumen alat
  4. Membantu menjaga kualitas hasil pembacaan instrumen alat.

Cara Kalibrasi Dispenser

Berikut cara-cara dalam prosedur kalibrasi dispenser yang harus diperhatikan agar rangkaian pengujian tidak terjadi kesalahan. Untuk lebih lengkapnya dibawah ini:

  • Mempersiapkan alat kalibrasi

Pertama yang wajib dipersiapkan adalah menyiapkan instrumen alat yang akan dikalibrasi. Alat yang akan dikalibrasi hendaknya dalam keadaan baik, bersih dan tidak rusak. Karena pada dasarnya prosedur kalibrasi bukanlah memperbaiki instrumen yang rusak, melainkan melakukan pengujian performa alat.

  • Persiapan pelaksana kalibrasi

Selain alat, mempersiapan alat yang akan dikalibrasi, mempersiapkan pelaksana kalibrasi juga sama pentingnya. Seorang pelaksana kalibrasi minimal harus memenuhi persyaratan seperti memunyai latar belakang pendidikan dan pengalaman di bidang kalibrasi agar pelaksanaan kalibrasi didapatkan hasil yang akurat.

  • Pengkondisian lingkungan kalibrasi

Kondisi lingkungan tempat penyelenggaraan kalibrasi harus mendukung. Hal ini karena sering kali alat yang dikalibrasi mengalami kesalahan pengujian akibat kondisi lingkungan yang kurang baik. Oleh karenanya kondisikan lingkungan sekitar dengan baik untuk hasil pengujian yang akurat.

  • Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional

Gunakan metode kalibrasi dispenser yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. 

Untuk metodenya kalibrasi dispenser yang diterapkan Anda dapat menggunakan metode kalibrasi IK-KM-VL10, ISO 8655-5:2004 yang memiliki rentang ukur yang digunakan yaitu 0ml ~ 100ml

  • Pelaksanaan kalibrasi 

Dalam pelaksanaan kalibrasi pengambilan data dilakukan harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Karena sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwasannya hasil prosedur kalibrasi akan menentukan keakuratan instrumen alat.

Pelaksanaan kalibrasi dimulai dengan melakukan pengamatan awal terhadap objek ukur untuk melihat kondisi fungsi alat tersebut sebelum dikalibrasi. Kemudian  atur ulang instrumen alat dan mulailah melakukan kalibrasi dengan mengamati kewajaran hasil ukur yang dilakukan instrumen alat.

  • Pengamatan dan perhitungan

Hasil Pengujian yang telah diperoleh kemudian dilakukan pengamatan lebih lanjut atas kewajaran nilai dari kedua pengamatan yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya. Setelah diperoleh data hasil ukur yang dapat dipastikan kebenaranya lakukanlah perhitungan pada data tersebut. Pastikan perhitungan telah benar untuk hasil kalibrasi yang benar benar akurat.

  • Pembuatan laporan  

Pembuatan laporan kalibrasi adalah hal terakhir yang dilakukan dalam prosedur kalibrasi. laporan ditulis sebagai dokumen atas hasil pengujian yang telah dilakukan pada instrumen alat. Selain itu penulisan laporan pun harus berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia.  Laporan yang telah selesai disusun kemudian disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Dispenser

setelah menyimak pembahasan cara-cara kalibrasi diatas, Anda juga perlu memahami parameter atau tolak ukur keberhasilan kalibrasi dispenser. Alat ukur yang telah selesai dikalibrasi dapat ditemukan parameter seperti besarnya nilai penyimpangan atau nilai toleransi dari instrumen alat dapat diterima.

Atau apabila alat ukur telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik menandakan prosedur kalibrasi telah berhasil. Selain parameter yang telah disebutkan tersebut pemberian sertifikat kalibrasi  sebagai bukti alat  telah dikalibrasi menjadi parameter paling dipercaya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi dispenser, sudah seharusnya instrumen ukur melakukan prosedur kalibrasi secara rutin untuk menjaga keakuratan dan kualitas hasil pengukurannya. Anda dapat percayakan pilihan laboratorium terpercaya pada jasa kalibrasi hanya di Kalibrasi.com. cek selengkapnya klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Dispenser