Manfaat Melaksanakan Kalibrasi Co2 Monitor

kalibrasi pada CO2 Monitor

CO2 monitor ini merupakan alat yang memiliki fungsi untuk memantau kualitas udara dengan menampilkan, mengontrol dan memantau tingkat CO2 secara waktu nyata. Dengan adanya alat ini jelas mampu mengontrol dan mengetahui kandungan senyawa udara yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Pastinya CO2 monitor ini membutuhkan perawatan agar tetap memberikan informasi mengenai kualitas udara secara baik dan benar. Kalibrasi CO2 monitor merupakan salah satu cara yang ampuh dan tepat untuk melakukan perawatan dan juga menjaga fungsionalitas dari CO2 monitor itu sendiri. Selain untuk menjaga kualitas pengukuran udara agar tetap baik, tujuan lain dari dilakukannya kalibrasi CO2 monitor apa dong?

Tujuan Kalibrasi Co2 monitor

Untuk mengatasi terjadinya penyimpangan tentang pengukuran kualitas udara, jelas dibutuhkan adanya proses kalibrasi. Namun selain itu, tujuan dilakukannya kalibrasi CO2 monitor ialah untuk tetap menjaga alat tersebut bekerja secara baik dan benar dengan memberikan hasil pengukuran kualitas secara akurat. Tidak hanya itu saja, kalibrasi ini juga memiliki tujuan sebagai perawatan rutin sehingga nantinya dapat diketahui kerusakan apa saja yang terjadi pada CO2 monitor.

Selain tujuan untuk tetap menjaga keakuratan dalam pengukuran kualitas udara, ada banyak manfaat dari kalibrasi CO2 monitor yang perlu untuk diketahui.

Manfaat Kalibrasi Co2 monitor?

Tujuan dan manfaat dilakukannya CO2 monitor jelas berbeda. Manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan kalibrasi CO2 monitor secara baik dan benar diantaranya :

  • Mengetahui terjadinya penyimpangan pengukuran kualitas udara
  • Menjaga kualitas dan hasil akurasi dari CO2 monitor
  • Mendukung sistem ISO
  • Memutuskan kelayakan CO2 monitor apakah masih bisa digunakan atau sebaliknya.

Cara Kalibrasi Co2 monitor

Agar memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal, tentunya perlu untuk melakukan kalibrasi CO2 monitor dengan cara yang baik dan benar. Berikut ini beberapa rangkaian cara kalibrasi CO2 monitor yang benar :

  1. Proses persiapan
    Persiapkan CO2 monitor mana yang akan dilakukan kalibrasi terlebih dahulu. Selain menyiapkan CO2 monitor, anda juga perlu untuk menyiapkan alat yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Operator kalibrasi CO2 monitor
    Selalu gunakan atau pilih orang yang memang ahli dan sudah bersertifikasi untuk melakukan kalibrasi CO2 monitor.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat melakukan kalibrasi CO2 monitor
    Lakukan pengecekan suhu dan juga kelembaban lingkungan yang akan digunakan untuk kalibrasi. Kedua faktor tersebut terkadang mempengaruhi alat kalibrasi. Alangkah baiknya lakukan proses kalibrasi pada pagi hingga siang hari.
  4. Langkah – Langkah melakukan kalibrasi dan rentang ukur CO2 monitor
    Untuk metode dan juga rentang ukur untk CO2 monitor, bisa disesuaikan sesuai dengan standar ISO. 
  5. Pelaksanaan kalibrasi CO2 monitor
    Lakukanlah pengamatan terhadap objek apakah masih memiliki bentuk dan berfungsi secara normal. Selain itu anda juga perlu untuk menyetel CO2 monitor pada titik awal atau nol terlebih dahulu. Selalu catat dan ambil data dari hasil pengukuran.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi CO2 monitor ini bisa dilakukan dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan ini sendiri tentunya mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Selain itu juga hasil pembuatan laporan ini perlu disahkan oleh kepala laboratorium maupun pihak yang ditunjuk.

konsultasi jasa kalibrasi
Parameter dan Hasil Kalibrasi Co2 monitor

Setelah dilakukan kalibrasi CO2 monitor, pastinya akan mendapatkan hasil yang berbeda dari sebelumnya salah satunya ialah kinerja yang lebih optimal, keakuratan dalam pengukuran kualitas CO2.

Kesimpulan 

Melakukan kalibrasi pada CO2 monitor sangatlah penting dilakukan terlebih CO2 monitor memiliki fungsi penting dalam kehidupan dan juga di lingkungan industri.

Dengan dilakukannya kalibrasi tentunya dapat mengontrol dan mengetahui kandungan senyawa udara yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, pastinya dapat menjaga CO2 monitor berfungsi secara baik dan sesuai standar.

Bagi anda yang saat ini sedang mencari jasa kalibrasi untuk CO2 monitor, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com yang sudah terakreditasi KAN dan menerapkan standar ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi pada CO2 Monitor