Langkah Langkah Kalibrasi Tang Ampere Yang Perlu Diketahui

kalibrasi tang ampere

Salah satu alat yang biasa digunakan untuk mengukur arus listrik dan juga sering kali ditemukan di berbagai rumah adalah tang ampere. Tang ampere ini berguna untuk mendeteksi magnetic field yang dipancarkan oleh arus yang mengalir dalam kabel untuk mengevaluasi poin arus. Tidak seperti instrumen seperti multimeter, desain ini mempunyai keuntungan karena dapat mengevaluasi arus tanpa semestinya memotong rangkaian yang sedang dievaluasi.

Walaupun memang seringkali ditemukan, alat yang satu ini memang sangat penting untuk dilakukan kalibrasi. Semua instrumen memang menjadi kewajiban untuk di kalibrasi. Lantas bagaimana langkah-langkah kalibrasi tang ampere yang perlu untuk diketahui?

Tujuan Kalibrasi Tang Ampere

Tang ampere atau clamp meter adalah alat ukur yang dibuat untuk mengukur besar arus suatu penghantar listrik, seperti kabel penghantar dengan menggunakan dua bagian penjepit tanpa bersentuhan langsung dengan penghantar listrik tersebut.

Oleh karena itu dengan menggunakan plier ini Anda tidak perlu mematikan atau memutuskan arus listrik yang mengalir terlebih dahulu, cukup dengan menjepit kedua gagang plier ampere maka besaran arus akan terbaca dengan cepat dan mudah.

Jika dilihat, penggunaan ini memang sangat penting untuk bisa membuat pengukuran besaran arus pada suatu penghantar listrik. Itu bisa terjadi deviasi dalam perhitungannya. Maka dari itu, perlu adanya kalibrasi untuk tang ampere.

Manfaat Kalibrasi Tang Ampere?

Jadi, kalibrasi tang ampere sebenarnya adalah demi mendapatkan keamanan dalam bekerja. Biasanya memang arus listrik yang diukur dengan menggunakan tang ampere ini memang sangat tinggi tegangannya.

Bayangkan saja jika ada kesalahan dalam penghitungan arus listrik, ini akan membuat keselamatan kerja menjadi lebih terjaga dan juga terpercaya.

Cara Kalibrasi Tang Ampere

Lantas, bagaimana cara yang paling tepat untuk bisa melakukan kalibrasi tang ampere? Kalibrasi untuk tang ampere ini dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi. Secara garis besar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan Peralatan Kalibrasi
    Yang pertama adalah dengan mempersiapkan berbagai macam alat kalibrasi untuk mengkalibrasi tang ampere yang sudah disiapkan.
  2. Mempunyai Pelaksana Kalibrasi Berpengalaman
    Selanjutnya proses kalibrasi tang ampere memerlukan pelaksana yang berpengalaman dan juga sudah bersertifikat.
  3. Mengecek lingkungan pelaksanaan kalibrasi
    Setelah itu, pengecekan lingkungan harus dilakukan sebelum melaksanakan kalibrasi. Cek lingkungan ini bisa ada pada lingkup suhu dan juga kelembapan ruangan kalibrasi.
  4. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur Tang Ampere
    Setelah itu, tentukan metode untuk kalibrasi tang ampere dan juga rentang ukurnya. Yang pasti, usahakan metode yang digunakan adalah metode yang internasional dan juga dengan rentang ukur yang sesuai dengan metode.
  5. Menjalankan Proses Kalibrasi Tang Ampere
    Menjalankan proses kalibrasi adalah yang paling panjang pada proses kalibrasi. Metode yang sudah ada tadi harus dilaksanakan dengan seksama.
  6. Melakukan Perhitungan Hasil
    Selanjutnya, lakukan perhitungan hasil dari pelaksanaan kalibrasi tang ampere. Hasil ini bisa berupa deviasi dan juga pembenaran dari perhitungan tang ampere.
  7. Evaluasi Kalibrasi dan Membuat Laporan
    Dan terakhir pengevaluasian. Evaluasi ini dilakukan sebelum muncul laporan hasil dari kalibrasi tang ampere.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Tang Ampere

Sebagai alat ukur tegangan listrik, alat ini dapat digunakan untuk mengukur besarnya arus AC 1 fasa dan 3 fasa. 1 fasa umumnya sama dengan 220 volt – 230 volt dan 3 fasa sama dengan 380 volt – 400 volt. 

Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur arus listrik DC atau arus searah yang memiliki tegangan kecil mulai dari 1,5 volt hingga 50 volt DC. Pastikan fasa itu memiliki rentang ukur yang sesuai sehingga itu adalah parameter untuk menentukan tang ampere ini sudah benar atau belum.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham tentang beberapa langkah yang harus dilalui dalam melaksanakan kalibrasi tang ampere? Jika Anda masih bingung dan ingin melakukan kalibrasi tang ampere yang aman dan juga terpercaya. Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi tang ampere pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi tang ampere