Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Kalibrasi Air Speed Indicator

kalibrasi Air Speed Indicator

Air Speed Indicator adalah sebuah instrumen alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan udara pesawat terbang melalui massa udara. Air speed indicator merupakan salah satu instrumen penting dalam penerbangan pesawat terbang. oleh karenanya setiap pembacaan alat in harus dipastikan keakuratannya. 

sebagai sebuah peralatan pengukuran yang rentang mengalami penurunan performa, akibat banyak faktor, namun salah satunya faktor terbesarnya adalah penggunaan dalam waktu lama yang dapat menyebabkan akurasi alat menurun.

Oleh karenanya dibutuhkan prosedur kalibrasi secara berkala pada instrumen alat tersebut. untuk penjelasan lebih lanjut mengenai kalibrasi airspeed indicator sebagai berikut 

Tujuan Kalibrasi Air Speed Indicator

Berdasarkan penjelasan diatas bahwasannya air speed indicator berfungsi untuk mengukur tekanan tinggi.  Pada intinya tujuan dilakukannya prosedur kalibrasi alat ukur untuk menjamin dan menjaga kualitas sehingga hasil pengukuran dapat sesuai dengan standar.

Prosedur kalibrasi airspeed indicator dapat membantu menentukan penyimpangan kebenaran nilai pada instrumen ukur yang diuji. Selain itu prosedur kalibrasi airspeed indicator yang digunakan dalam industri penerbangan untuk mencegah agar tidak terjadi kecelakaan pada pesawat.

Manfaat Kalibrasi Airspeed Indicator

Seperti yang telah disampaikan diatas, bahwa airspeed indicator membantu mengukur kecepatan udara pesawat terbang. Seiring penggunaan alat yang sering dalam intensitas tinggi, maka dibutuhkan proses kalibrasi. Beberapa manfaat yang didapatkan dari prosedur kalibrasi seperti :  

  1. Membantu menjaga performa instrumen alat.
  2. Menjaga akurasi instrumen alat agar tetap baik digunakan
  3. Jaminan atas hasil pengukuran yang dilakukan oleh instrumen alat
  4. Membantu menjaga kualitas hasil pembacaan instrumen alat.

Cara Kalibrasi Air Speed Indicator

Beberapa cara dalam melakukan prosedur kalibrasi agar pengujian yang dilakukan dapat mencapai keakuratan yang diinginkan. Simaklah penjelasan cara-cara kalibrasi airspeed indicator berikut ini: 

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Siapkan instrumen alat yang akan dikalibrasi. pastikan alat tersebut dalam keadaan baik dan yang paling penting tidak rusak. Karena pada dasarnya prosedur kalibrasi bukanlah memperbaiki instrumen yang rusak, melainkan melakukan pengujian pada performa alat. 
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Tahap berikutnya persiapan pelaksana kalibrasi yang berkompeten. Seorang pelaksana kalibrasi minimal harus memenuhi persyaratan pelaksana kalibrasi seperti latar belakang pendidikan. pengalaman di bidang kalibrasi, dan beberapa persyaratan lain. 
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Kondisi lingkungan tempat penyelenggaraan kalibrasi harus dipastikan dalam kondisi baik. Hal ini karena Situasi dan kondisi yang kurang baik untuk menyelenggarakan prosedur kalibrasi menjadi salah satu faktor kesalahan prosedur kalibrasi.  
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakan metode kalibrasi air speed indicator yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi.
    Untuk metodenya kalibrasi airspeed indicator yang diterapkan yaitu menggunakan metode IK-KM-TK13, “1 ft/sec = 0,3048 m/s”, “1 mph = 0,44704 m/s”, “1 knots = 0,514444m/s. Penggunaan metode ini memiliki rentang ukur yaitu :
    0ft/sec ~ 1115ft/sec
    0mph ~ 760 mph
    0 knots ~ 660 knots
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Pada tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kalibrasi yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh data yang valid. Dalam pelaksanaan kalibrasi dimulai dengan melakukan pengamatan terhadap objek ukur untuk melihat kondisi fungsi alat tersebut sebelum dikalibrasi. Kemudian atur ulang instrumen alat, mulailah dari awal seperti menyetel titik nol dan menyetel kedataran instrumen alat. Pada tahap selanjutnya mulailah mengkalibrasi dengan mengamati kewajaran hasil ukur yang dilakukan instrumen alat. Ambilah data dari pengamatan yang telah dilakukan baik sebelum dan sesudah dikalibrasi. Data tersebut nantinya akan bandingkan. Adakah perbedaan antara hasil pengujian sebelum dan sesudah dikalibrasi. Selanjutnya catat hasil pengujian tersebut dengan baik
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Berdasarkan tahapan yang telah dilakukan sebelumnya pada pelaksanaan kalibrasi, pengamatan yang dilakukan untuk mengetahui besaran nilai pada hasil pengujian alat. Setelah diperoleh data hasil ukur lakukanlah perhitungan pada data tersebut. Pastikan perhitungan telah benar untuk hasil kalibrasi yang benar benar akurat.
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan terakhir adalah membuat laporan kalibrasi. Laporan kalibrasi yang dibuat harus ditulis berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi. Laporan telah selesai dibuat kemudian disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Air Speed Indicator

Parameter atau tolak ukur kalibrasi ditentukan melalui banyak pertimbangan salah satunya dari nilai objek yang diukur, besarnya nilai penyimpangan atau nilai toleransi dari instrumen alat. Namun disamping itu tolak ukur yang valid adalah apabila alat ukur telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik menandakan prosedur kalibrasi telah berhasil. 

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi air speed indicator, sebagai salah satu  instrumen ukur yang penting dalam penerbangan sudah seharusnya melakukan kalibrasi secara rutin untuk menjaga keakuratan hasil pengukurannya. Lakukanlah prosedur kalibrasi pada laboratorium yang terakreditasi. 

Anda dapat percayakan pilihan laboratorium terpercaya pada jasa kalibrasi hanya di Kalibrasi.com. Di Kalibrasi.com Anda dapat menemukan berbagai pilihan jenis kalibrasi sesuai bidang ukur alat Anda, pelajari lebih detailnya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Air Speed Indicator