Proses Melakukan Kalibrasi Centrifuge Dengan Cara yang Benar

kalibrasi centrifuge

Kalibrasi centrifuge, mungkin itulah yang telah menjadi pertanyaan banyak orang yang memilikinya. Selama ini, banyak pertanyaan yang sama, yaitu “seberapa sering harus mengkalibrasi centrifuge pada tahun tertentu?” Ini pertanyaan yang sulit dijawab karena bergantung pada sejumlah faktor.

Centrifuge merupakan alat yang menggunakan mesin untuk memutar sampel pada kecepatan tinggi. Biasanya ini digunakan pada sebuah laboratorium kesehatan.

Alat yang satu ini memang perlu dilakukan kalibrasi secara berkala karena ini terkait dengan motornya yang bisa jadi mengalami kecepatan yang tidak sesuai dengan displaynya. Bagaimana prosesnya untuk melakukan kalibrasi alat centrifuge? Mari kita bahas di sini.

Tujuan Kalibrasi Centrifuge

Seperti yang harus Anda ketahui, kalibrasi bisa didefinisikan sebagai ‘sarana untuk menentukan atau memeriksa kelulusan instrumen apa pun yang memberikan pengukuran kuantitatif’. Sederhananya, Anda ingin tahu bahwa nilai yang ditampilkan perangkat Anda benar-benar seperti itu. 

Jadi, jika kecepatan centrifuge Anda menunjukkan 3.000 rpm, tachometer digital yang dikalibrasi akan digunakan untuk menentukan apakah ini masalahnya. Bisa jadi tachometer menunjukkan 3.100 rpm dan dalam hal ini, pekerjaan perbaikan perlu dilakukan untuk membuat centrifuge menunjukkan kecepatan yang benar.

Dengan teknik yang benar untuk dilakukan kalibrasi, centrifuge yang dilakukan kalibrasi bisa mendapatkan manfaat yang sangat jelas.

Manfaat Kalibrasi Kalibrasi Centrifuge?

Jadi, untuk pertanyaan krusial yang semua orang ingin tahu jawabannya: seberapa sering harus mengkalibrasi centrifuge? Jawaban atas pertanyaan ini sangat bergantung pada jumlah penggunaan. Sentrifugal yang jarang digunakan sepertinya tidak memerlukan kalibrasi sebanyak sentrifugal yang lebih sering digunakan. 

Jika sentrifugal banyak digunakan, katakanlah selama 6-8 jam sehari, lima hari seminggu, maka varians perubahan kemungkinan akan lebih tinggi karena keausan berdampak pada komponen utama. Dalam hal ini, banyak yang merekomendasikan untuk dilakukan dua kali kalibrasi selama setahun, yang artinya kalibrasi centrifuge akan terasa manfaatnya dengan interval 6 bulan.

Cara Kalibrasi Centrifuge

Dengan tujuan yang jelas dan manfaat yang sangat terasa jika melakukan kalibrasi centrifuge secara rutin, ternyata cara kalibrasinya memang tidak semudah itu. Ada beberapa proses yang harus dilewati agar mendapatkan sertifikasi dari kalibrasi centrifuge.

Proses atau cara kalibrasi centrifuge adalah sebagai berikut:

  1. Proses persiapan 
    Langkah pertama adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini sangat penting agar Anda bisa menentukan metode mana yang benar untuk melakukan kalibrasi dan juga berbagai peralatan kalibrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi Centrifuge
    Selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi centrifuge. Kalibrasi ini harus sesuai dengan standar yang berlaku baik secara internasional dan juga secara nasional.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Centrifuge
    Sesaat sebelum kalibrasi dimulai, yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan kondisi lingkungan faktor seperti kelembaban dan juga suhu bisa mempengaruhi hasil dari kalibrasi.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Centrifuge E1
    Metode yang digunakan adalah dengan membandingkan antara centrifuge yang sudah dikalibrasi dan yang belum dikalibrasi dengan menggunakan beberapa percepatan agar tahu parameternya.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Centrifuge
    Pelaksanaan kalibrasi centrifuge dilakukan dengan metode yang ada. Dengan menggunakan metode yang paling tepat agar bisa mendapatkan hasil yang lebih efektif.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Setelah metode dilaksanakan selanjutnya adalah dengan melakukan penghitungan. Penghitungan ini didasarkan kepada pelaksanaan kalibrasi. Dengan adanya perhitungan ini, akhirnya bisa dilihat hasilnya.
  7. Pembuatan laporan
    Hasil dari kalibrasi centrifuge ini berupa laporan yang berupa sertifikat yang memuat berbagai informasi terkait dengan centrifuge ini ada deviasi atau tidak.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Centrifuge

Melakukan kalibrasi hanya akan memberitahu pengguna jika nilai yang ditetapkan salah. Yang lebih penting adalah pekerjaan perbaikan dilakukan untuk memastikan centrifuge diperbaiki.

Meninggalkannya hanya akan memperburuk keadaan. Centrifuge harus diservis dan diperbaiki dengan benar bila diperlukan. Ini akan memastikan bahwa bagian sentrifugal berada dalam kondisi optimal, sehingga meminimalkan variasi.

Parameter didapatkan dari dua centrifuge yang belum dikalibrasi dan sudah di kalibrasi sehingga mendapatkan parameter yang jelas dan tahu apakah hasilnya sama atau tidak.

Kesimpulan

Saat mengkalibrasi centrifuge Anda, pertama-tama ajukan pertanyaan: apakah memerlukan kalibrasi? Jika Anda yakin melakukannya, pertimbangkan berapa banyak centrifuge yang akan digunakan.

Untuk menentukan jasa kalibrasi mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya pahami lebih detail dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi centrifuge