Tujuan Kalibrasi Alat Laboratorium, Begini Pentingnya!

tujuan kalibrasi alat laboratorium

Ketika kita berbicara tentang kalibrasi, mungkin yang akan sangat melekat adalah dengan adanya kalibrasi alat laboratorium. Hal ini menjadi perhatian yang sangat khusus mengingat alat kesehatan atau alat laboratorium sangat bergantung kepada keakuratan yang bisa sekali untuk mengancam keselamatan jika ada kesalahan perhitungan dari alat laboratorium tersebut.

Ini bisa terjadi karena seiring berjalannya waktu, ada kemungkinan bagi peralatan untuk menunjukkan hasil yang diubah yang mungkin tidak akurat dan karenanya selalu penting untuk mempertahankan kalibrasi sepanjang masa pakai peralatan tersebut untuk pengukuran yang andal, akurat dan berulang. 

Khusus untuk produsen, kalibrasi adalah cara terbaik untuk mengendalikan semua variabel proses, untuk menjamin kualitas produk mereka, untuk melindungi kredibilitas merek mereka dan juga untuk menawarkan semua keamanan yang dituntut oleh pasar saat ini.

Tujuan Kalibrasi Alat Laboratorium

Tujuan kalibrasi adalah untuk mengukur dan mengendalikan kesalahan atau ketidakpastian dalam proses pengukuran ke tingkat yang dapat diterima. Data yang akurat dan dapat diandalkan adalah apa yang dapat membantu kami membuat analisis yang diperlukan yang menghasilkan keputusan penting. Keunggulan kompetitif perusahaan dipertaruhkan jika proses produksi tidak meningkat tepat waktu dengan menghindari biaya berlebih.

Kalibrasi alat laboratorium sangatlah penting, bahkan sampai di atur di dalam Permenkes Nomor 54 Tahun 2015 yang menjelaskan tentang berbagai macam hal tentang alat kesehatan dan alat laboratorium, dan salah satunya membahas tentang kalibrasi.

Sementara itu tujuan kalibrasi alat laboratorium, antara lain adalah:

Menjaga Fungsi Alat Alat Laboratorium

Setiap laboratorium harus memiliki peralatan yang dikalibrasi dengan benar untuk mendapatkan berbagai sertifikasi, persetujuan atau untuk meneruskan banyak audit yang di beberapa sektor sangat penting untuk melanjutkan aktivitas mereka. Mempertahankan sertifikasi melalui kalibrasi akan memastikan bahwa laboratorium dapat secara konsisten melakukan analisis yang diminta. 

Beberapa alasan utama untuk perubahan fungsi peralatan lab adalah keausan, kelembaban, perubahan suhu dan tekanan mekanik karena penggunaan yang dilakukan secara terus menerus yang bisa mengakibatkan fungsi dari alat laboratorium menjadi berkurang.

Mendeteksi Adanya Gangguan Pada Alat Laboratorium

Alat laboratorium bisa terjadi adanya gangguan, dan kalibrasi bisa mengatasi semua itu. Beberapa manfaat utama dari mengkalibrasi peralatan termasuk menghemat uang karena ini dapat mengurangi kesalahan yang bisa menjadi mahal dalam jangka panjang, kalibrasi meningkatkan keselamatan terutama di laboratorium tertentu di mana peralatan bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan hati-hati.

Kalibrasi membantu mendapatkan sertifikasi di dalam beberapa industri dan kalibrasi dapat membuat instrumen bekerja lebih lama karena akurasi perangkat pengukur apa pun dapat turun.

Kalibrasi peralatan menjadi perlu setelah peristiwa seperti pemotongan daya, atau jika ada beberapa kecelakaan atau jika dipukul, dipindahkan atau ditabrak, atau ketika pengukuran tidak terasa benar dalam beberapa analisis atau penelitian atau ketika diinstruksikan oleh produsen.

Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja pada Laboratorium

Karena kalibrasi ini sangat berguna dalam hal keselamatan kerja, maka tujuan kalibrasi alat laboratorium ini bisa diartikan sebagai pengurangan resiko kecelakaan kerja yang ada pada laboratorium.

Perlu Anda ketahui, kalibrasi adalah tindakan yang menentukan hubungan fungsional antara nilai yang diukur dan jumlah analitik. Dua cara utama mengkalibrasi instrumen adalah metode kurva kerja dan metode penambahan standar. Untuk mengkalibrasi peralatan apa pun, itu adalah keakuratan dan ketepatan yang perlu disesuaikan. 

Presisi adalah seberapa dekat pengukuran satu sama lain sedangkan akurasi adalah seberapa dekat pengukuran dengan nilai sebenarnya. Dengan memastikan bahwa keakuratan dan presisi disesuaikan dengan benar, bias dalam pembacaan instrumen dapat sepenuhnya dikurangi atau dihilangkan yang dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Menjaga Akurasi dari Hasil Ukur Laboratorium

Dan yang terakhir adalah untuk menjaga akurasi dari alat ukur di berbagai alat laboratorium. Kalibrasi yang dilakukan secara rutin akan membuat alat laboratorium diketahui apakah ada deviasi atau penyimpangan hasil atau tidak.

Dengan adanya akurasi yang tepat, sesuai dengan standar, maka keselamatan kerja dan berbagai resiko yang timbul karena tidak dilakukan kalibrasi berbagai alat laboratorium bisa diminimalisir atau bahkan bisa dihilangkan.

konsultasi jasa kalibrasi