Teknisi Kalibrasi : Penjelasan, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

teknisi kalibrasi

Kalibrasi alat ukur memang menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara berkala dan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Alat ukur yang digunakan secara terus menerus akan membuat akurasinya menurun.

Dengan itu, Anda harus membawanya ke laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi. Di dalam itu, terdapat pekerja yang sudah bersertifikat juga untuk melakukan kalibrasi.

Pekerja itu disebut dengan teknisi kalibrasi. Untuk bisa bekerja menjadi teknisi yang melakukan kalibrasi, harus mampu untuk mengerjakan berbagai macam tugas dan juga persyaratan yang harus dipenuhi. Bagaimana itu? Mari kita cari tahu tentang teknisi kalibrasi secara singkat dan juga jelas.

Apa Itu Teknisi Kalibrasi?

Seorang insinyur atau teknisi dalam kalibrasi berspesialisasi dalam membuat penyesuaian halus untuk berbagai komponen mesin menggunakan perangkat lunak diagnostik. Kualifikasi untuk berkarir sebagai teknisi kalibrasi memiliki gelar sarjana teknik mesin dan lisensi Insinyur Profesional.

Mereka inilah yang melakukan kalibrasi dengan seksama dan juga teliti di dalam laboratorium kalibrasi. Pasti Anda akan sudah tahu jika pernah melakukan kalibrasi alat ukur. Di dalam sertifikat kalibrasi, terdapat nama orang yang mengkalibrasi alat ukur Anda. Itulah yang dikerjakan mereka sebagai teknisi kalibrasi.

Tidak mudah untuk menjalankannya, walaupun memang secara penglihatan orang awam adalah hanya melakukan pembenaran untuk alat ukur yang tidak sesuai dengan standar, tapi mereka ini tahu standar yang berlaku dan itu tidaklah mudah. Tanggungjawab mereka sebagai teknisi kalibrasi pun juga terbilang besar.

Selain teknisi, dalam proses kalibrasi juga terutama untuk menjalankan laboratorium diperlukan staff. Apa itu staff kalibrasi, pekerjaan dan syarat untuk jadi staff bisa dicek berikut.

Baca Juga : Melihat Lebih Dekat Staff Kalibrasi, Syarat dan Pekerjaannya

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Kalibrasi

Tugas dan juga tanggung jawab dari seorang teknisi di dalam kalibrasi tidaklah mudah. Maka dari itu mereka ini harus mendapatkan sertifikat dan juga lulus sebagai sarjana teknik.

Untuk tugas dan juga tanggung jawab dari seorang teknisi kalibrasi adalah sebagai berikut:

Menguasai dan Memahami Kegiatan Kalibrasi

Sebagai seorang teknisi yang menjalankan kalibrasi, Anda memerlukan pengetahuan teknis tentang mesin dan keterampilan pemecahan masalah analitik yang sangat baik untuk menjalankan tugas sebagai teknisi kalibrasi. 

Pekerjaan sebagai teknisi kalibrasi mungkin berfokus pada pengembangan mesin bahan bakar diesel, pengujian dinamometer sasis, atau pengembangan mesin kendaraan. Anda memerlukan pengalaman dengan perangkat lunak ETAS – INCA untuk melakukan pekerjaan ini. Anda dapat menemukan teknisi kalibrasi di berbagai industri, tetapi mereka umumnya bekerja untuk produsen otomotif.

Mengontrol Pelaksanaan Operasional Kalibrasi

Dan tanggungjawab seorang teknisi dalam proses kalibrasi adalah untuk bisa dan mampu mengontrol pelaksanaan operasional kalibrasi. Dalam peran teknisi, mereka akan bertanggung jawab untuk memastikan instrumen dan perangkat pengujian dikalibrasi dengan benar dan memberikan pembacaan yang akurat sesuai dengan standar. 

Pekerjaan ini diharapkan untuk melakukan peran dengan cermat, karena kalibrasi yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah terkait keamanan, pemborosan, dan kualitas produk yang salah. Oleh karena itu, kemampuan untuk bekerja dengan baik dengan tangan dan memperhatikan detail sangat penting, serta kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan untuk bekerja dengan baik dan efektif dengan orang lain.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah paham tentang orang yang melakukan kalibrasi alat ukur Anda? Apakah mungkin Anda tertarik dengan pekerjaan ini? Pekerjaan yang sangat kompleks ini banyak diminati karena gaji yang didapatkan besar karena sebanding dengan tugas dan juga tanggung jawabnya yang besar.